10 Manfaat Olahraga Bagi Wajah Cantik dan Sehat

Berolahraga tidak hanya sekedar untuk mengurangi beberapa kilo berat tubuh anda dan juga banyak manfaat olahraga untuk jantung, namun dengan berolahraga secara teratur juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, mencegah berbagai penyakit dan juga memberikan tampilan kulit yang lebih sehat, bercahaya dan indah yang tidak bisa anda dapatkan dengan cara lain selain berolahraga. Semua jenis olahraga dari mulai pergi ke pusat kebugaran, yoga atau hanya sekedar mendaki di hutan sudah bisa membuat seseorang tetap aktif secara fisik dan yang bisa anda dapatkan tidak hanya penurunan berat badan atau menambah tonus otot namun juga perubahan yang mulai terlihat di kulit anda Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa manfaat olahraga bagi wajah yang bisa anda peroleh dengan sangat mudah sekaligus tanpa efek samping sama sekali.

  1. Mengurangi Komedo

Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa menjaga kadar hormon kortisol yang berkaitan dengan stress. Jika kadar kortisol dalam tubuh meningkat, maka masalah yang sering terjadi adalah timbul lebih banyak komedo. Olahraga ini sangat penting dilakukan karena bisa menstabilkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang nantinya juga akan berdampak dengan berkurangnya komedo.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Selain banyak manfaat olahraga bagi kesehatan otak, olahraga juga bisa mempercantik tampilan kulit. Jika kadar kortisol dalam tubuh meningkat, hal ini juga berbahaya karena bisa menyebabkan kolagen di kulit mengalami kerusakan dan akhirnya menyebabkan kulit cepat keriput dan mengendur. Olahraga yang dilakukan secara teratur sebenarnya sangat penting untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga manfaat kolagen yang merupakan dorongan protein ini akan semakin kuat untuk menjaga kulit agar tetap kuat dan lentur.

  1. Meningkatkan Cahaya Wajah Dengan Instan

Pada saat jantung anda terpompa saat sedang melakukan berbagai jenis olahraga, maka ini artinya anda juga akan memasok kulit dengan darah yang penuh akan oksigen. Hal ini tentunya merupakan hal sangat baik karena bisa memberikan tampilan wajah jauh lebih bercahaya sesudah anda selesai atau pasca latihan.

  1. Membantu Mengurangi Jerawat

Manfaat olahraga setiap hari yang dilakukan dengan teratur sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah yang tidak hanya penting untuk penderita anemia namun juga penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Semakin banyak darah yang mengalir membawa oksigen, maka nantinya juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh lebih banyak dan membersihkan pori pori tersumbat sekaligus mengatasi ketidakseimbangan hormon penyebab jerawat.

  1. Mengurangi Lemak Visceral

Manfaat olahraga juga sangat membantu untuk mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan vitalitas dan juga penampilan secara menyeluruh termasuk bagian wajah. Dalam tubuh mengandung dua jenis lemak dan salah satunya adalah lemak visceral. Jika tubuh kelebihan lemak visceral, maka bisa memicu diabetes tipe 2, kanker usus besar, penyakit jantung, kanker payudara dan juga demensia. Pada akhirnya, gangguan hormon juga akan membuat kulit terlihat lebih kusam dan penampilan tubuh lainnya.

  1. Menghilangkan Lingkaran Hitam Mata

Selain banyak manfaat olahraga untuk psikis, untuk anda yang memiliki masalah lingkar hitam dibawah mata juga sebenarnya bisa diatasi dengan cara sehat yakni dengan berolahraga. Hal ini bisa terjadi karena olahraga bisa memperpanjang waktu tidur sekaligus lebih nyenyak. Latihan yang intens bisa membuat waktu pemulihan mata lelah semakin cepat sekaligus mempertajam tubuh terhadap hormon stress bernama kortisol. Dengan kualitas tidur lebih baik, maka nantinya anda akan bangun lebih segar dan akhirnya lingkar hitam mata tersebut juga berangsur angsur akan hilang.


  1. Meningkatkan Daya Tahan

Latihan atau olahraga dengan teratur nantinya juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya tubuh akan menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak termasuk neutrofil dan juga sel pembunuh penyakit alami. Jika kadar sel darah putih semakin meningkat, maka akan semakin sedikit bakteri dan virus yang bisa masuk ke dalam tubuh sehingga semua masalah pada wajah seperti gatal gatal atau infeksi bisa dihindari.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Dalam tubuh memiliki sekitar 500 kelenjar getah bening yakni nodul kecil jaringan yang akan membuang sisa metabolik. Akan tetapi nodus tersebut tidak bisa membuang racun  tanpa adanya bantuan otot yang ada disekitarnya. Saat otot berkontraksi selama olahraga, maka otot akan menekan kelenjar getah bening sehingga bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh atau dengan kata lain memberikan manfaat detoksifikasi dan hasilnya kulit anda terlihat lebih cerah.

  1. Mengurangi Tampilan Wajah Kusam

Olahraga juga sangat baik untuk menurunkan kecemasan dan juga stress berlebih yang bisa menyebabkan tampilan wajah terlihat semakin kusam dan pada akhirnya mengganggu mood anda. Olahraga terbukti ampuh bisa mengurangi sebagian besar kecemasan ringan hingga sedang sekaligus meningkatkan suasana hati sehingga tampilan wajah kusam juga bisa disingkirkan.

  1. Membersihkan Kulit

Manfaat terakhir yang bisa anda dapatkan dengan berolahraga secara teratur adalah untuk membersihkan kulit. Dengan keluarnya banyak keringat dari seluruh kulit, maka ini berarti juga bisa mengangkat sel sel kulit mati pada wajah sehingga tampilan kulit akan selalu terlihat bersih meski anda tidak menggunakan make up sama sekali.

Manfaat olahraga bagi wajah ternyata cukup banyak dan beberapa diantaranya seperti yang sudah kami bahas diatas. Untuk itulah, tidak ada alasan lagi untuk menunda atau malas berolahraga karena ternyata sangat banyak manfaat olahraga baik untuk tubuh, mencegah penyakit termasuk juga solusi kecantikan kulit.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga