8 Manfaat Senam Pagi di Sekolah Untuk Meningkatkan Prestasi

Senam pagi adalah salah satu olahraga kebugaran jasmani yang sangat sehat untuk dilakukan dan bisa mencegah berbagai penyakit. Senam juga bisa dikatakan sebagai seni olahraga sebab gerakannya bervariasi dan unik yang disatukan menjadi gerakan senam. Senam pagi juga bisa dilakukan untuk membentuk tubuh agar lebih ideal yang bisa dilakukan secara bersama sama baik dengan teman, saudara atau keluarga. Untuk itulah senam pagi dijadikan salah satu aktivitas rutin sekolah setidaknya 1 kali dalam seminggu. Untuk informasi lebih lengkap tentang manfaat senam pagi di sekolah, berikut ini akan kami berikan untuk anda.

  1. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Gerakan senam yang ritmis dan dinamis tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Senam bisa memproduksi hormon adrenalin sehingga jantung anak bisa lebih cepat berdetak untuk menghindari mereka dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, senam juga bisa membuat otot tubuh bekerja sehingga bisa menurunkan risiko cedera otot dan persendian.

  1. Menyeimbangkan Osteoblast dan Osteoclast

Senam pagi yang dilakukan di sekolah juga bisa menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast seperti manfaat lari di tempat. Kedua istilah ini berhubungan dengan sel tulang yakni osteoclast yang merupakan sel untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan juga jaringan ikat membran. Sedangkan osteoblast adalah sel yang berguna untuk memecah matriks tulang yang sudah mati kemudian menyerap kalsium yang tersisa didalamnya dan akan diubah menjadi tulang yang baru. Banyak para ahli yang mengatakan jika senam pagi bisa menyeimbangkan jumlah osteoblast dan juga osteoclast sehingga pembentukan tulang dalam tubuh anak bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari osteoporosis serta beberapa penyakit tulang lainnya.

  1. Memberikan Rasa Bahagia

Seperti jenis olahraga lainnya, manfaat olahraga teratur yakni senam pagi di sekolah juga bisa merangsang otak anak agar bisa melepaskan hormon endorphin. Hormon tersebut berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar stres serta meningkatkan daya ingat serta konsentrasi anak.

  1. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Banyak para peneliti yang mengatakan jika anak anak yang berolahraga di sekolah seperti senam bisa tampil lebih baik dibandingkan dengan anak anak yang tidak berolahraga seperti manfaat berenang setiap hari. Ikut dalam kegiatan olahraga seperti senam bisa mengajarkan anak anak untuk tetap fokus dalam tugas mereka sekaligus mengelola waktu dengan lebih efektif sehingga akhirnya bisa meningkatkan kemampuan akademis anak anak.

  1. Meningkatkan Sportivitas

Anak anak yang secara teratur melakukan senam di sekolah juga bisa mengasah keterampilan sportivitas dengan lebih baik. Ketika senam pagi hari di sekolah dijadikan sebuah kompetisi bersama sekolah lain nantinya akan membuat mereka untuk selalu melakukan yang terbaik bagi diri sendiri sekaligus tim mereka sekaligus juga bisa meningkatkan rasa sportivitas ketika menghadapi kekalahan.

  1. Lebih Mudah Bersosialisasi

Senam pagi di sekolah sangat penting untuk membangun jaringan sosial secara instan pada anak anak selain banyak juga manfaat olahraga untuk psikis. Melakukan gerakan secara bersama sama tentunya membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik. Dengan begitu, maka pertemanan anak anak juga semakin luas yang memudahkan mereka untuk bersosialisasi.

  1. Mengajarkan Kerja Sama

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh, namun senam yang dilakukan di sekolah ketika pagi hari juga bisa membantu anak untuk mengenal pelajaran sosial. Menjadi bagian dari kelompok dan belajar untuk melakukan gerakan secara bersama akan meningkatkan kemampuan anak anak dalam bekerja sama.

  1. Melatih Ketekunan

Senam pagi, manfaat senam lantai dan beberapa jenis olahraga lainnya juga bisa mengajarkan anak agar tidak mudah menyerah meski menghadapi kekecewaan, cedera dan juga kekalahan. Dari senam pagi dan olahraga lain, anak anak nantinya akan belajar untuk mengatasi kekalahan mereka dengan tenang dan terus bekerja lebih giat agar bisa memperbaiki kesalahan dan melakukan yang terbaik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga