10 Manfaat Kulit Durian untuk Kehidupan Sehari-hari

Durian merupakan salah satu buah yang sangat terkenal dan paling fenomenal yang pernah ada. Rasanya yang lezat dan aromanya yang sangat kuat membuat banyak orang berusaha mencari keberadaannya dimana pun buah ini berada. Buah durian merupakan buah yang tumbuh di iklim tropis termasuk di wilayah Indonesia dan sekitarnya. Pohon durian ini bisa mencapai puluhan meter. Buah durian sangat mudah dikenali karena kulitnya yang memiliki duri. Meskipun banyak orang yang menyukai buah durian ini namun tidak sedikit pula orang yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang kuat dan kadang membuat perut panas.

artikel terkait manfaat durian:

Manfaat buah durian

Bukan hanya rasanya saja yang enak namun kandungan nutrisi yang ada di dalam buah durian juga sangat baik untuk kesehatan. Di dalam buah durian terdapat kandungan protein, air, serat, lemak, dan energi sebanyak 520 kkal dalam 100 gram buahnya. Selain itu di dalam buah durian juga mengandung mineral dan vitamin. Vitamin C yang ada di dalam durian cukup tinggi serta mineral yang ada di dalamnya misalnya adalah fosfor, magnesium, asam folat, potassium, kalium, zat besi, mangan, tembaga dan kalsium. Menurut sebuah penelitian kandungan kalium yang ada di dalam buah durian 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam buah pisang.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk kesuburanmanfaat buah anggur merah

Manfaat daun durian

Bagian lainnya yang ada di dalam pohon durian juga mengandung banyak manfaat salah satunya adalah bagian daun. Bagian daun yang masih muda bersama dengan bunga durian bisa dijadikan sayuran yang memiliki rasa enak dan sedap. Jika anda mengalami infeksi atau luka yang terjadi di kuku juga bisa menggunakan daun durian muda yang diremas dan kemudian ditempelkan di area kuku. Lakukanlah sampai sembuh.

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk hipertensimanfaat daun sirsak untuk diabetes

Manfaat biji durian

Jika anda pernah mendengar bahwa biji durian itu beracun dan tidak boleh dimakan maka itu memang benar adanya. Namun itu hanya jika keadaannya biji durian masih mentah. Ketika biji durian di rebus atau dibakar maka kandungan dalam biji durian yang menjadi racun akan hilang. Anda bisa mengolah biji durian ini yang sudah direbus atau dibakar menjadi berbagai jenis makanan atau anda bisa menggunakannya sebagai pengganti kolang-kaling dalam kolak.

artikel terkait: manfaat biji kelormanfaat biji labu

Manfaat akar durian

Akar pohon durian pun tidak luput dari manfaat. Manfaat akar durian adalah untuk pengobatan sakit demam dan flu. Akar durian ini cukup diambil sedikit saja dari pohonnya jangan banyak-banyak nanti akarnya habis dan pohonnya mati.

artikel terkait: manfaat akar kuningmanfaat buah akar dewa

Manfaat kulit durian

Daging buah durian memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan namun bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat, kulit durian juga mengandung manfaat yang baik. tahukah anda bahwa di dalam kulit buah durian memiliki kandungan lignin sebanyak 5%, selulose sebanayk 50 hingga 60% serta kandungan patinya sebesar 5%.

artikel terkait: mafaat biji salakmanfaat kulit buah naga

Manfaat kulit durian ada banyak yang bisa di dapatkan oleh manusia baik untuk segi kesehatan maupun untuk hal lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini:

  1. Menghilangkan bau durian

Seperti yang diketahui bahwa durian memiliki aroma yang sangat menyengat dan kadang menganggu apalagi jika ada orang yang tidak suka dengan bau durian. Beberapa orang yang tidak suka dengan bau buah durian ini bisa mengalami mual dan muntah. Oleh karena itu sangat baik untuk menghilangkan bau durian di tangan maupun di mulut. Cara menghilangkan bau durian yang menyengat setelah makan durian ini adalah dengan menaruh air di dalam kulit durian kemudian digunakan untuk cuci tangan dan berkumur. Cara ini sederhana namun cukup ampuh untuk mengusir bau durian.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manis

  1. Obat pengusir nyamuk

Abu dan aroma yang dihasilkan dari pembakaran kulit durian ini tidak disukai oleh berbagai jenis serangga seperti nyamuk dan lalat. Jadi jika anda sedang makan durian di taman bersama teman-teman untuk merayakan sesuatu maka anda bisa sambil membuat api unggun yang terbuat dari kulit durian ini karena bisa membantu mengusir nyamuk dan serangga lainnya di taman. Jadi, lebih praktis namun tetap menyenangkan bukan?

artikel terkait: manfaat jeruk sunkist

  1. Mengatasi sembelit

Jika anda sedang makan durian dan juga mengalami susah buang air besar maka jangan buang kulit duriannya. Hal ini dikarenakan kulit durian juga dapat mengatasi sembelit. Caranya adalah dengan melumat kulit durian bagian dalam. Lakukanlah cara ini dengan hati-hati ya dan jangan sampai terkena duri duriannya nanti malah tambah sakit.

artikel terkait: manfaat teh rosella

  1. Obat sakit perut

Manfaat lainnya yang ada di dalam kulit durian adalah dapat mengobati sakit perut. Caranya adalah dengan melumat kulit bagian dalam durian kemudian diblender atau ditumbuk sampai halus. Setelah selesai kemudian tempelkan tumbukan kulit durian tersebut pada bagian perut. Tunggu selama 15 menit atau sampai perut sudah tidak terasa sakit lagi. Jika anda sedang mengalami nyeri perut akibat menstruasi juga bisa menggunakan cara ini.

artikel terkait: manfaat daun babadotan

  1. Obat bisul

Bisul merupakan benjolan di tubuh yang meskipun kecil namun keberadaannya sangat menganggu kesehatan tubuh. satu bisul di tubuh dapat membuat tubuh akan merasa tidak nyaman seluruhnya. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya supaya bisul cepat pergi dari tubuh anda. Cara mengobati bisul juga bisa menggunakan kulit durian. Caranya anda harus membakar kulit durian sampai hangus kemudian tumbuk kulit durian yang sudah hangus sampai halus. Bubuk kulit durian tersebut kemudian ditaburkan di area bisul sebanyak 2 kali dalam sehari sampai bisul sembuh.

artikel terkait: manfaat es kelapa muda

  1. Sebagai pupuk organic

Jangan buang kulit durian karena bisa menjadi pupuk organic. Pupuk organic lebih baik digunakan pada pertanian dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia karena bisa membuat tanah menjaid tercemar. Cara menggunakan kulit durian sebagai pupuk organic ini sangat mudah dengan merebusnya dahulu kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering tumbuklah kulit durian tersebut. Anda bisa mencampurkannya dengan air untuk menyiram tanaman anda supaya lebih sehat.

artikel terkait: manfaat memakai handbody sebelum tidur malam

  1. Sebagai papan bangunan

Pada kehidupan sehari-hari anda bisa menggunakan limbah kulit durian ini sebagai campuran untuk membuat papan bangunan. Kandungan yang ada di dalam kulit durian sangat cocok sebagai perekat selain semen. Bangunan yang menggunakan tambahan perekat dari kulit durian selain semen akan menjadi lebih kuat dan kokoh.

artikel terkait: manfaat virus dalam kehidupan

  1. Sebagai pengental makanan

Bukan hanya sebagai perekat bahan bangunan saja namun kulit durian juga bisa dijadika sebagai pengental makanan. Saat ini sudah ditemukan tepung kulit durian yang mampu mengentalkan makanan seperti cendol. Anda juga bisa menggunakan tepung kulit durian ini untuk menjadi beberapa jenis makanan kesukaan anda. Rasanya akan lebih khas dan berbeda di lidah anda.

artikel terkait: manfaat daun asam

  1. Energi alternatif

baru-baru ini telah ditemukan alternatif pengolahan limbah kulit durian ini menjadi alternatif energi yang ramah lingkungan. Kandungan abu kulit durian yang rendah sebanyak 4% dan kandungan lainnya di dalamnya sangat cocok untuk menjadi energi sama halnya dengan energi batu bara. Saat ini sudah dikembangkan pembuatan batu baterai yang menggunakan bahan bakar dari limbah kulit durian ini. tentu saja ini menjadi alternatif energi terbarukan yang ramah lingkungan.

artikel terkait: manfaat tegetes erecta

  1. Manisan kulit durian

Mungkin anda akan cukup suli membayangkan makanan manis yang terbuat dari kulit durian. Namun faktanya saat ini memang sudah ada manisan yang terbuat dari limbah kulit durian. Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulit durian bagian dalamnya dan merendamnya dalam air gula. Manisan kulit durian ini tidak kalah enak dengan manisan lainnya.

artikel terkait: manfaat daun bunga matahari

Demikian ulasan mengenai manfaat kulit durian yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.