4 Manfaat Makan Durian untuk Kesehatan

Durian merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki nama durian yang artinya adalah buah yang memiliki duri pada bagian luarnya. Sedangkan untuk isinya sendiri buah ini tergolong lembut dan padat. Buah durian sendiri memiliki dua jenis warna buah yaitu warna buah cream dan warna buah merah. Namun yang paling sering di jumpai adalah buah durian yang memiliki warna cream.

Adapun untuk batangnya sendiri buah durian ini dapat tumbuh sekitar 3 meter menjulang di atas permukaan tanah. Dan untuk membudidayakan buah ini tergolong mudah. Hanya di perlukan tanah yang luas yang jauh dari keramaian. Karena ini untuk menghindari bahaya saat durian sedang berbuah. Bisa jadi nanti buahnya jatuh dan mengenai orang lain.

Buah durian memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini kandungan yang terdapat di dalam buah durian antara lain :

  • Karbohidrat yang mana manfaat karbohidrat adalah untuk menambah energi dalam melakukan aktifitas sehari – hari.
  • Protein yang mana manfaat protein adalah untuk memelihara sel – sel tubuh.
  • Magnesium yang mana manfaat magnesium adalah untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Fosfor dimana manfaat fosfor adalah untuk memperlancar terbentuknya protein dalam tubuh.
  • Kalium dimana manfaat kalium adalah untuk mencegah terjadinya stroke.
  • Antioksidan dimana manfaat antioksidan adalah untuk mencegah penuaan dini. Antikosidan bisa didapat dari berbagai macam sumber antikosidan seperti buah – buahan dan sayur – sayuran.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah durian.

Sedangkan manfaat makan durian sendiri ternyata baik sekali untuk kesehatan. Manfaat buah durian untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut :

1.Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat makan durian yang pertama adalah menyehatkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan di dalam tubuh memiliki peranan untuk menghaluskan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Setelah itu menyaring nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dari makanan tersebut. Selain makan durian obat herbal lainnya untuk menyehatkan sistem pencernaan adalah manfaat daun senna/

2. Mencegah anemia

Manfaat makan durian yang kedua adalah mencegah anemia. Anemian adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Penderita anemia akan terlihat pucat dan mudah lelah. Makan durian bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah anemia itu sendiri. Ada juga manfaat herbal lainnya untuk anemia yaitu manfaat kurma untuk anemia, manfaat telur untuk anemia dan manfaat jambu biji untuk anemia.

3. Menyehatkan kulit

Manfaat makan durian yang ketiga adalah menyehatkan kulit. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat. Kulit yang sehat memiliki ciri – ciri bebas dari berbagai masalah kulit, lembut dan kenyal. Kulit yang sehat tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar namun juga memerlukan perawatan dari dalam seperti rutin mengonsumsi buah. Buah durian memiliki kandungan vitamin c yang bermanfaat untuk meningkatkan kolagen untuk kulit.

4. Meningkatkan suhu tubuh

Manfaat makan durian yang keempat adalah untuk meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh berperan untuk menjaga tubuh agar tidak merasa dingin saat hujan dan tidak begitu merasa kepanasan saat udara diluar terasa panas. Durian berguna untuk meningkatkan suhu tubuh. Sehingga makan buah durian ini cocok sekali pada saat malam hari dan cuaca sedang dinginnya.

Nah, itulah beberapa manfaat makan durian. Manfaat makan durian ini sama dengan manfaat durian motong untuk kesehatan. Terdapat berbagai jenis durian yang dapat digunakan dikonsumsi sesuai selera Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan