7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Buah mangga nama latinnya adalah Mangifera Indica. Buah yang berbentuk lonjong ini berasal dari negara India. Ukuran buahnya sekitaran 25 cm  sampai dengan 30 cm. Buah mangga mengandung banyak vitamin yaitu manfaat vitamin a,  manfaat vitamin c dan manfaat vitamin e. Buah mangga mempunyai rasa yang sangat enak dan lezat. Buah mangga banyak di jual di pasar-pasar buah tradisonal. Semua orang sudah tahu manfaat buah mangga, manfaat daun mangga , tapi untuk kulit mangga sendiri banyak yang belum mengetahui manfaatnya. Setelah mengupas mangga biasanya kulit mangga dibuang begitu saja. Padahal kulit mangga juga memiliki kadungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Jadi mulai sekarang jangan lagi membuang kulit mangga yang kaya akan manfaat.

Manfaat kulit mangga adalah sebagai berikut :

1. Meremajakan kulit

Kulit mangga memiliki fungsi untuk meremajakan kulit. Peremajaan kulit bertujuan untuk mencegah timbulnya kerutan pada kulit wajah sebelum waktunya. Kerutan pada wajah memang tidak dapat dihilangkan karena kerutan wajah adalah proses alami seiring dengan penambahan usia. Tapi kerutan pada wajah dapat di tunda dengan memberi perawatan yang baik pada wajah.

Kerutan pada wajah dapat disebabkan oleh :

  • Polusi udara
  • Radikal bebas
  • Stress

Cara mengolah kulit mangga untuk peremajaan kulit adalah sebagai berikut :

  • Kulit mangga di cuci dengan bersih sebelum digunakan.
  • Haluskan kulit mangga yang sudah di cuci
  • Campurkan dengan air halusan kulit mangga

Setelah itu balurkan pada wajah secara merata, diamkan selama lima belas menit setelah itu basuh dengan air. Lakukan masker dari kulit mangga ini selama dua bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Membantu menghilangkan jerawat

Kulit mangga juga berguna untuk menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Jerawat umumnya terjadi di usia pubertas baik laki – laki maupun wanita. Faktor yang paling mempengaruhi jerawat di wajah adalah faktro genetik. Kulit mangga dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya sama dengan menghaluskan kulit mangga sampai menjadi masker untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Baca juga : (Manfaat acnol untuk jerawat)

3. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar baik untuk kesehatan tubuh. Kesehatan merupakan harta paling berharga yang di karuniakan oleh sang Pencipta. untuk itu wajib bagi kita untuk memelihara kesehatan. Kulit mangga dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Berikut ini cara mengolah kulit mangga agar  melancarkan peredaran darah :

  • Kulit mangga dicuci yang masih bewarna hijau segar.
  • Panaskan minyak untuk mengoreng kulit mangga.
  • Setelah digoreng kulit mangga dapat dikonsumsi

Konsumsilah kulit mangga yang telah di goreng tersebut dengan rutin sampai peredaran darah kembali lancar.

Artikel terkait :

4. Obat cacing untuk anak

Kulit mangga juga memiliki fungsi untuk obat cacing bagi anak. Cara mengolah kulit mangga untuk obat cacing adalah sebagai berikut :

  • Cuci kulit mangga dengan bersih masukkan ke dalam panci.
  • Tambahkan dua gelas air kemudian rebus kulit mangga selama lebih kurang dua puluh menit.
  • Setelah direbus saring airnya.

Air yang telah di saring diberikan pada anak. Kulit mangga mengandung senyawa yang berperan sebagai obat cacing. Baca juga : (Manfaat obat cacing)

5. Menurunkan berat badan

Banyak yang belum tahu manfaat kulit mangga untuk yang satu ini yaitu menurunkan berat badan. Penelitian pernah membuktikan bahwa kulit mangga dapat menurunkan berat badan dengan alami. Jenis mangga yang dapat menurunkan berat badan adalah mangga irwin dan mangga nam dok mai. Kedua mangga ini mengandung bioaktif dengan kosentrasi tinggi untuk menghambat pertumbuhan sel – sel lemak yang ada di dalam tubuh.

Artikel terkait :

6.  Pupuk kompos

Kulit mangaa juga dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanaman. Jika anda ingin mencoba kulit mangaa ini caranya sangatlah mudah. Letakkan kulit mangga yang masih hijau dibawah tanah tanaman anda, maka kulit mangga akan mengurai dengan sendirinya untuk menyuburkan tanaman sebagai pupuk kompos alami.

7. Mengatasi pendarahan yang berlebih selama haid

Selama haid kadang jumlah darah yang keluar tidak normal bahkan melebihi. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan kekurangan darah pada tubuh. Kulit mangga dapat mengatasi pendarahan yang berlebihi selama haid. Berikut ini cara kulit mangga berperan mengatasi pendarahan yang berlebih sewaktu haid.

  • Kulit mangga dicuci yang masih bewarna hijau segar.
  • Panaskan minyak untuk mengoreng kulit mangga.
  • Setelah digoreng kulit mangga dapat dikonsumsi

Konsumsilah kulit mangga yang telah di goreng tersebut dengan rutin dan konsisten.

Kandungan Kulit Mangga

Kulit mangga memiliki banyak kadungan yang bermanfaat dari segi kesehatan dan kecantikkan tubuh. Berikut ini kandungan yang terdapat pada kulit mangga :

  • Mengandung AHA

AHA singkatan dari alpha hidroxyl acids. AHA banyak dijadikan salah satu bahan pembuatan kosmetik. AHA ini banyak digunakan karena manfaatnya yang baik untuk kulit yaitu berfungsi untuk mencerahkan dan meremajakan kulit. Ini karena AHA mengelupaskan sel sel kulit yang mati pada kulit dan menutrisi kulit baru.

Jika anda menggunakan kosmetik yang mengandung bahan yang terbuat dari AHA maka anda harus menggunakan subblock saat beraktifitas diluar ruangan. AHA menyebabkan kulit menjadi sanat sensitif pada sinar matahari di siang hari. Lain lagi jika anda berakfititas di dalam ruangan yang teduh.

Kulit mangga mengandung AHA yang alami yang memiliki fungsi sama yaitu untuk mencerahkan kulit dan meremajakan kulit.

  • Senyawa antihelmintik

Senyawa antihelmintik pada kulit mangga memiliki fungsi untuk mematikan kuman yang berbahaya bagi tubuh manusia. Karena kandungan senyawa antihelmitik inilah kulit mangga dapat menjadikan peredarah darah yang tidak lancar menjadi lancar dan juga kulit mangga dapat mengatasi kelebihan darah yang keluar pada waktu datang bulan bagi perempuan.Senyawa antihelmintik inilah yang berperan sangat besar pada kulit mangga.

Jadi saat anda ingin merasakan manfaat dari kulit mangga pilihlah kulit mangga yang hijau dan masih segar. Kulit mangga yang masih segar tersebut mengandung banyak senyawa antihelmitik. Kandungan kulit mangga kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh, jadi mulai sekarang jangan buang kulit mangga begitu saja olah untuk di ambil manfaatnya.