4 Manfaat Resveratrol Untuk Kesehatan – Sumber, Dosis dan Efek Samping

Anda mungkin masih asing dengan kata restvarol. Sesungguhnya apa itu restevarol? Jadi, ternyata restevarol adalah senyawa yang ada di dalam anggur merah atau red wine dan makanan lainnya yang serupa. Saat ini restevarol sudah dijadikan sebagai suplemen yang digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai jenis penyakit. Tetapi mungkin ketika anda mendengar bahwa restevarol merupakan salah satu zat yang ada di dalam anggur merah anda mulai khawatir karena takut itu akan berbahaya atau memabukan. Perdebatan ini masih banyak terjadi ya di kalangan masyarakat.

artikel terkait buah anggur:

Penelitian Tentang Restevarol

Untuk menghindarkan anda dari keraguan pada restevarol ini maka selanjutnya akan dibahas mengenai sebenarnya apa saja manfaat dari restevarol ataukah justru tidak ada manfaatnya? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan hasil bahwa restevarol yang ada di dalam red wine memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang diketahui sejak dahulu terutama untuk orang-orang eropa menyebutkan bahwa mereka sering meminum red wine karena untuk kesehatan. Meminum red wine dipercaya dapat menurunkan penyakit jantung dna mencegah berbagai jenis kanker. Karena alasan inilah kemudian banyak para peneliti yang leih fokus pada zat yang bermanfaat di dalam red wine karena seperti yang diketahui juga bahwa red wine juga bisa memabukan dan cukup berbahaya bagi kesehatan.

Setelah dilakukan penelitian ternyata restevarol mengandung antivirus, antikanker dan anti inflamasi yang cukup efektif bagi tubuh. namun demikian hasil tersebut belum bisa dibenarkan sepenuhnya dan masih ada kemungkinan bahwa ada zat lainnya yang ada di dalam red wine juga memiliki efek yang sama atau jauh lebih besar dari efek restevarol sendiri. Meskipun demikian saat ini sudah ada suplemen restevarol yang sudah banyak dikenal masyarakat terutama masyarakat eropa. Mereka ini juga sudah mengonsumsinya sejak lama sebagai pencegah sakit atau untuk tujuan kesehatan lainnya.

Suplemen dari restevarol ini ada yang menggunakannya untuk kepentingan penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker namun ada juga yang menggunakannya sebagai obat untuk mencegah penuaan dini. Meskipun sebenarnya penggunaan ini belum ada bukti yang signifikan.

artikel terkait: manfaat odourless fish oilmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

Manfaat resetvarol bagi kesehatan

Sejauh ini sudah ada beberapa hal yang menjadi manfaat dari penggunaan suplemen restevarol ini. berikut  adalah beberapa manfaat dari restevarol yang perlu anda ketahui.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Setelah dilakukan penelitian pada tikus dengan memberikan suplemen restevarol selama 12 hari menunjukkan adanya peningkatan daya tahan tubuh, peningkatan fungsi jantung serta meningkatkan metabolisme oksidatif. Hal ini memang baru diteliti pada tikus dan belum dilakukan uji coba sesungguhnya pada manusia. Namun sampai saat ini penggunaan tikus sebagai bahan percobaan sudah cukup ampuh mereplika keadaan kesehatan manusia.

artikel terkait: manfaat melatih daya tahan tubuh

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang paling banyak merenggut nyawa di amerika serikat. Sebuah penelitian di kanada menunjukkan hasil bahwa dengan mengonsumsi red wine sebanyak 5 ons akan menurunkan terkena resiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah di jantung sehingga menimbulkan beberapa penyakit lainnya yang lebih serius misalnya saja serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk jantung

3. Mencegah kanker

Penyakit kanker termasuk dalam jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan kematian. Sebuah studi di perancis menunjukkan jika rutin mengonsumsi red wine dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini disebabkan karena adanya zat restevanol di dalam red wine.

artikel terkait: solusi kanker

4. Menajamkan pandangan

Restevarol juga dipercaya dapat membuat penglihatan menjadi tajam. Hal ini disebabkan karena restevarol memiliki kemampuan untuk mengatur angiogenesis sehingga mampu mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan rusaknya pandangan mata. Untuk memaksimalkan hasilnya anda bisa menambahkan asupan makanan lain yang mengandung vitamin A,, vitamin C dan vitamin E yang baik untuk mata.

artikel terkait: manfaat kalisum bagi jantung

Dosis restevarol

Sebenarnya sampai saat ini belum ditemukan dosis standar untuk mengonsumsi restevarol karena sampai saat ini juga belum dilakukan penelitian ilmiah untuk mengetahui apa manfaat yang sebenarnya. Namun jika anda ingin menggunakan restevarol sebagai suplemen sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah restevrol akan baik untuk anda dengan kondisi kesehatan yang anda miliki.

artikel terkait: manfaat green teamanfaat super tetra

Sumber restevarol

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa sumber alami dari zat restevarol ini adalah anggur merah atau red wine. Selain itu sumber alami lainnya dapat ditemukan di jus anggur, kulit anggur merah, kacang mulberry, serta di beberapa jenis ramuan obat herbal china.

Ada beberapa orang yang masih penasaran apakah mereka harus mengonsumsi red wine supaya mereka mendapatkan zat restevarol tersebut namun menurut asosiasi dokter di amerika mereka tidak menyarankan hal tersebut. Itu terjadi karena sebaiknya tubuh hanya mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak satu gelas saja per harinya. Untuk mendapatkan resetvarol sebaiknya tidak mengambilnya dari red wine karena akan lebih banyak bahayanya untuk kesehatan dibandingkan manfaatnya. Mengonsumsi red wine dalam jumlah banyak dan terus menerus justru akan memunculkan berbagai jenis penyakit yang lebih serius.

artikel terkait: manfaat kiranti untuk mencegah kehamilanmanfaat natur E advanced

Efek samping restevarol

Efek samping dari penggunaan restevarol ini tidak membahayakan kesehatan meskipun belum ada bukti secara ilmiah.. namun penggunaan suplemen restevarol ini dinyatakan aman oleh sebagian besar dokter. Hanya saja mungkin akan menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang memang memiliki alergi pada anggur merah atau red wine.

artikel terkait: manfaat afiafitmanfaat gurah

Resiko restevarol

Resiko dari penggunaan suplemen restevarol ini lebih banyak kepada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti wanita yang sedang hamil dan memiliki kesensitivitas tinggi pada hormone yang mempengaruhi indung telur, rahim, dan lainnya. bagi mereka ini jika akan mengonsumsi resetvarol sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun untuk mereka yang kondisi kesehatannya biasa saja maka boleh mengonsumsi restevarol tanpa harus berkonsultasi dengan dokter.

artikel terkait: manfaat kolang-kaling untuk lututmanfaat afolat

Interaksi restevarol

Restevarol ini bisa berinteraksi dengan zat atau obat lannya seperti misalnya obat tekanan darah, obat pengencer darah, obat antivirus, obat anti kanker, obat penghilang rasa sakit, obat anti jamur, anti depresan dan obat yang termasuk dalam suplemen seperti St John Wort. Oleh karena itu jika anda sedang mengonsumsi obat lainnya sebaiknya anda konsultasi dengan dokter apakah boleh mengonsumsi suplemen restevarol secara bersamaan. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan restevarol ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak dan wanita hamil.

artikel terkait: manfaat menggunakan seloxy AAmanfaat KJP kapsul jamu pelangsing

 

Demikian ulasan mengenai manfaat restevarol. Semoga bermanfaat

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 08:49 Oleh :
Kategori : Minuman