16 Manfaat Daun Melati Yang Perlu Diketahui

Daun melati

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang populer baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Bunga berwarna putih bersih ini kerap dijadikan tanaman hias, untuk dekorasi, atau sebagai bunga potong. Selain itu melati juga kerap diolah menjadi obat-obatan herbal untuk memelihara kesehatan. Ada sekitar 18 manfaat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan. Melati dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman seperti teh.

Selain bunganya ternyata daun dari tanaman melati juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting bagi kesehatan. Daun melati seperti dedaunan lain pada umumnya berwarna hijau tua dengan bentuk oval. Pangkalnya berbentuk setengah lingkaran dan makin ke ujung makin meruncing. Daun melati dipercaya memiliki kandungan nutrisi dan zat yang tidak kalah bermanfaaat bagi kesehatan sehingga sering digunakan sebagai obat tradisional. Lalu apa saja manfaat daun melati? Berikut penjelasannya:

1. Sumber antioksidan

Daun melati memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan. Selain daun melati ada banyak sumber antioksidan alami lainnya diantaranya manfaat kacang merah dan manfaat bunga telang.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada daun melati juga dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan yang terlalu awal atau terlalu dini seperti kerutan pada wajah sehingga membuat anda tampak lebih tua dari usia asli anda. Penuaan dini juga dapat dicegah dengan konsumsi berbagai bahan alami lainnya seperti manfaat pare untuk kulit atau manfaat daun kenikir untuk kecantikan.

3. Mencegah kanker

Selain manfaat buah aprikot dan manfaat daun kelor untuk kanker anda juga dapat mengonsumsi ramuan daun melati agar terhindar dari penyakit kanker yang dikenal sangat mematikan.

4. Mengatasi ASI yang melimpah/berlebihan

Masalah ibu menyusui tidak hanya kurangnya produksi ASI. Namun kelebihan produksi ASI juga dapat menjadi masalah sehingga harus segera diatasi. Salah satunya dengan konsumsi daun melati sehingga produksi ASI lebih terkendali dan tidak berlebihan.

5. Baik untuk kesehatan mata

Konsumsi daun melati juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata sehingga penglihatan anda menjadi lebih baik dan tajam serta terhindar dari berbagai penyakit atau gangguan kesehatan pada mata. Selain daun melati ada banyak bahan alami yang dikenal sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan mata diantaranya manfaat wortel dan manfaat tomat.

6. Baik untuk kesehatan ginjal

Jika anda memiliki masalah atau keluhan dengan kesehatan organ ginjal maka konsumsi daun melati merupakan pilihan yang tepat. Dengan konsumsi ramuan daun melati secara teratur dapat membantu memelihara kesehatan ginjal dan mengatasi berbagai keluhannya. Ini serupa dengan khasiat beberapa bahan alami lain seperti manfaat madu untuk ginjal dan manfaat daun seledri untuk ginjal.

7. Menyehatkan syaraf

Manfaat daun melati juga berdampak positif pada kesehatan syaraf sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Disamping itu terdapat pula alternatif bahan alami lainnya yang juga baik untuk kesehatan syaraf diantaranya manfaat bekatul dan manfaat remayung.

8. Menetralisir racun

Ramuan daun melati juga dapat digunakan untuk menetralisir racun sehingga sangat baik ditanam di sekitar lingkungan anda agar dapat digunakan ketika diperlukan. Setelah dinetralisir racun akan dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga tubuh anda akan terhindar dari dampak buruk zat-zat racun tersebut.

9. Mengatasi demam berdarah

Penyakit lain yang juga bias diatasi dengan daun melati adalah demam berdarah. Penyakit yang disebabkan infeksi oleh virus dengue ini tersebar melalui gigitan nyamuk dan menyebabkan penderitanya demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, serta nyeri otot dan tulang. Selain itu alternatif alami lainnya yang bisa digunakan adalah manfaat angkak dan manfaat jambu biji untuk demam berdarah.

10. Mengatasi radang pada usus

Gangguan kesehatan seperti peradangan pada usus tentu sangat menyakitkan dan menggangu kelancaran pencernaan. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan ramuan dari daun melati sehingga radang tersebut bisa berangsur membaik. Selain itu manfaat daun krokot juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan ini.

11. Mengatasi sesak napas

Sesak napas dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti alergi, tekanan darah rendah, anemia, asma, dan lain sebagainya. Selain menggunakan obat-obatan tersedia pula beragam pilihan obat alami untuk mengatasi hal ini diantaranya daun melati, manfaat anggrek merpati, dan manfaat daun sidaguri.

12. Mengatasi pembengkakan

Secara umum pembengkakan merupakan salah satu gejala peradangan. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan ramuan dari daun melati atau beberapa bahan alami lain seperti manfaat kencur dan jahe.

13. Mengobati diare

Meskipun diare adalah penyakit yang umum diderita dan dapat terjadi pada siapa saja namun penyakit ini harus segera diatasi agar tidak menyebabkan hal-hal yang lebih berbahaya seperti dehidrasi. Diantaranya dengan mengonsumsi ramuan daun melati, manfaat akar sagu, manfaat daun jambu biji untuk diare.

14. Baik untuk kesehatan paru-paru

Organ tubuh lainnya yang juga mendapat manfaat dari konsumsi daun melati adalah paru-paru. Konsumsi daun ini secara teratur dapat membantu memelihara kesehatan paru-paru sehingga sistem pernapasan anda menjadi lancar.

15. Mengatasi pilek

Konsumsi daun melati juga sangat tepat dikonsumsi saat anda sedang pilek. Selain itu tersedia pula berbagai obat-obatan siap pakai seperti manfaat obat demacolin dan manfaat dexteem plus.

16. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat daun melati juga sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan sehingga proses pencernaan menjadi lancar dan berbagai nutrisi pada makanan pun dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Itulah diantara manfaat daun melati yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda menanam tumbuhan ini di sekitar halaman rumah sehingga halaman rumah terlihat cantik dan anda dapat memanfaatkan bunga dan daunnya ketika diperlukan. Pemandangan rumah menjadi indah dan manfaat kesehatan pun didapatkan.