7 Manfaat Alpukat Untuk Anemia dan Darah Rendah

Zat besi yang ada di dalam makanan terdiri dari 2 jenis yakni zat besi hem dan non heme.Zat besi heme berasal dari sumber makanan hewani dan juga yang berasal dari tumbuhan. Manfaat alpukat mentega dan jenis alpukat yang lainnya tersebut mengandung zat besi non heme dalam jumlah sedang. Dalam 1 buah alpukat mengandung sekitar 1.1 hingga 1.7 mg zat besi tergantung dari seberapa besar buah alpukat. Selain itu, dalam buah alpukat juga mengandung lemak sehat dan tak jenuh yang baik untuk tubuh, memiliki kandungan protein cukup banyak, memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C, folat, thiamin dan juga riboflavin. Selain zat besi, buah alpukat juga mengandung beberapa sumber mineral seperti fosfor, selenium, seng, potassium, tembaga dan juga magnesium. Berikut ini, akan kami jelaskan secara lengkap apa saja manfaat alpukat untuk anemia secara lengkap.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Mengkonsumsi buah alpukat dengan rutin akan sangat baik untuk meningkatkan proses penyerapan zat besi. Dengan meningkatnya penyerapan zat besi, maka seluruh asupan makanan yang telah di konsumsi dan mengandung zat besi bisa diserap dengan baik dan dialirkan dalam darah untuk mengatasi anemia.

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Kandungan zat besi cukup dalam buah alpukat sangat direkomendasikan baik untuk wanita dalam masa subur, pria dan juga wanita pasca menopause. Mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh secara otomatis juga akan berguna untuk para penderita anemia sehingga tekanan darah bisa lebih stabil sekaligus menghilangkan beberapa gejala anemia seperti mengatasi lelah,  pucat, lesu, tidak bertenaga dan lain sebagainya.

  1. Tinggi Kandungan Potasium

Alpukat juga memiliki kandungan potasium dimana setiap 100 gram buah alpukat mengandung 14% potassium yang lebih banyak dibandingkan dengan pisang yang hanya mengandung 10% potassium. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan manfaat potasium seperti salah satunya buah alpukat sangat baik untuk mengatasi anemia, tekanan darah dan mendukung kesehatan darah secara menyeluruh.

  1. Tinggi Kandungan Kalium

Kandungan kalium dalam buah alpukat juga terbilang tinggi yakni sekitar 549 mg. Diet tinggi kalium ini sangat baik untuk penderita anemia atau tekanan darah rendah. Semakin banyak kandungan kalium dalam makanan, maka akan semakin baik untuk tekanan darah.

  1. Mengandung Magnesium

Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dan sehat untuk perlindungan tubuh sebagai anti inflamasi serta antioksidan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Alpukat juga merupakan buah kaya akan asam alfa linoleat yang merupakan jenis asam lemak baik. Sedangkan kandungan mineral yang ada dalam alpukat sangat penting untuk tekanan darah rendah serta anemia, tembaga dan juga mengandung zat besi.

  1. Mengandung Lemak Sehat

Kandungan lemak sehat dalam alpukat yang tinggi bahkan lebih banyak dari durian ini mempunyai sifat antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan kadar lemak jahat untuk menghindari serangan jantung dan resiko stroke serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan lemak sehat dan juga beta karoten, vitamin E, klorofil dan vitamin B kompleks-nya sangat baik untuk menjaga kestabilan darah penderita anemia.


  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Tidak hanya penderita hipertensi atau darah tinggi saja yang harus menjaga kadar gula dalam darah, namun penderita anemia juga diwajibkan untuk menjaga kadar gula darah agar tidak semakin turun secara drastis. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat juga sangat membantu dalam mengembalikan retensi insulin. Insulin tersebut sangat dibutuhkan untuk penderita diabetes sekaligus menjaga tekanan darah supaya tidak terlalu tinggi namun juga jangan terlalu rendah.

Manfaat alpukat untuk anemia yang paling utama adalah karena kandungan zat besi cukup dalam buah alpukat. Selain bisa dikonsumsi sebagai buah penambah darah, buah alpukat juga akan meningkatkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh semakin baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan