Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Sebagai negara tropis, Indonesia diberikan kekayaan melimpah terkait berbagai tumbuhan yang dapat hidup dan berkembang serta bisa dimanfaatkan dalam mendukung aktivitas manusia. Dengan adanya berbagai tumbuhan tersebut, banyak sekali tanaman yang digunakan dalam membantu meningkatkan kondisi kesehatan seseorang ataupun manfaat lain yang dapat membantu mengatasi beberapa jenis penyakit tertentu. Salah satu jenis tanaman yang memiliki manfaat tersebut adalah daun sirih cina

Daun sirih cina yang juga dikenal dangan nama ketumpang air atau Peperomia pellucida sangat mudah tubuh di lingkungan sekitar rumah namun masih sering diabaikan. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah yang cukup lembab. Belum banyak yang tahu bahwa tanaman daun sirih cina ini memiliki manfaat positif bagi kesehatan dan mampu mengatasi kondisi penyakit tertentu. Beriku beberapa manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

1. Mengobati sakit kepala

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari daun sirih cina adalah membantu dalam mengatasi kondisi sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang paling banyak dan mudah terjadi di masyarakat karena berbagai penyebabnya. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih cina tersebut tentu buakan dikonsumsi melainkan dengan meletakkan pada bagian pelipih mata kanan dan kiri daun yang telah ditumbuk dengan halus.

2. Membantu mengobati sakit perut

Selain sakit kepala, manfaat lain dari daun sirih cina sebagai salah satu tumbuhan yang sebenarnnya tidak terlalu diperhatikan dan lebih menjadi benalu tersebut adalah membantu dalam mengobati kondisi sakit perut. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut maka cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus daun sirih cina yang sudah dibersihkan lalu diperas hingga menghasilkan perasan daun sirih cina tersebut. Manfaat rebusan daun sirih tersebut  harus diminum untuk membantu mengobati kondisi sakit perut.

3. Membantu mengobati bisul dan jerawat

Bisul dan jerawat merupakan salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang terjadi pada permukaan kulit. Bisul maupnu jerawat dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada tempat yang mengalami permasalahan kesehatan tersebut. Untuk dapat menggunakannya dalam mengatasi kondisi bisul dan jerawat maka dapat dilakukan dengan cara menumbuk halus daun sirih cina lalu merebusnya hingga air rebusan tersisa setengah dan kemudian mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari dengan jumlah yang sama. Dampak positif tersebut sama halnya dengan manfaat dan suruhan.

4. Membantu mengatasi bengkak

Bengkak menjadi salah satu bentuk permasalahan atau gejala yang dapat terjadi akibat berbagai hal mulai dari benturan hingga karena penyakit dalam tertentu. Manfaat daun sirih cina dapat membantu dalam mengatasi kondisi bengkak yang terkadang menyebabkan rasa sakit. Untuk memperoleh manfaat tersebut maka perlu untuk mengkonsumsi rebusan daun sirih cina atau meletakan daun sirh cina yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang mengalami bengkak. Dampak positif tersebut sama halnya dengan manfaat asam jawa untuk bengkak.

5. Obat alami penyakit asam urat

Penyakit asam urat menjadi salah satu bentuk penyakit yang dapat terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh melebihi kadar asam urat normal. Daun sirih cina dapat membantu menjaga kadar asam urat agar tidak tinggi dengan cara mengkonsumsi rebusan daun sirih yang telah ditumbuh halus secara konsisten. Sebagai obat alami untuk penyakit peningkatan kadar asam urat, daun sirih cina tentu lebih aman dan tanpa efek samping dibandingkan dengan obat obatan medis lainnya.


6. Antibakteri dan antijamur

Manfaat daun sirih cina lainnya adalah bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Ekstrak metanol mentan pada daun sirih cina memiliki sifat antimikroba spektrum luas sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi beberapa jenis bakteri. Jenis bakteri yang dapat dicegah oleh daun sirih cina tersebut diantaranya seperti Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus. Selain bersifat sebagai anti bakteri, daun sirih cina juga memiliki sifat anti jamur karena kandungan kloroform. Efek tersebut didapatkan dari ekstrak daun kering sirih cina. Selain antibakteri dan antijamur, kandungan yang terdapat di dalam daun sirih cina tersebut juga memiliki manfaat sebagai antiprotozoa.

7. Manfaat lainnya

Selain beberapa kondisi dampak positif yang sudah disebtukan diatas, daun sirih cina juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lain dari daun sirih cina untuk kesehatan tersebut diantaranya seperti membantu mengatasi kondisi tubuh yang pegal pegal, membantu mengobati gangguan kemih, membantu mengatasi luka memar, meredakan nyeri spasmodik, mencegah terjadinya kondisi penyakit ginjal yang berbahaya, mengobati diare dan permasalahan pencernaan lain, serta membantu dalam mengatasi kondisi penyakit flu yang sering diderita di masyarakat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirih cina bagi kondisi kesehatan yang ternyata belum banyak diperhatikan atau digunakan. Daun sirih cina yang mudah tumbuh disekitar lingkungan rumah memang seringkali terbengkalai dan dianggap sebagai benalu tanpa memahami manfaat yang terdapat di dalamnya. Melalui penjelasan ini, kita jadi tahu bahwa adan banyak manfaat daun sirih cina untuk kondisi kesehatan.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan