13 Manfaat Eucalyptus – Kehidupan – Kesehatan

Eucalyptus atau eukaliptus dalam bahasa Indonesia merupakan tanaman yang sangat terkenal dan berasal dari daerah Australia. Meski begitu, tanaman eukaliptus ini juga tumbuh di bagian papua nugini, Filipina dan juga beberapa daerah di Indonesia. Wukaliptus sendiri merupakan nama pohon yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya tertutupi dengan baik. Eukaliptus dikenal sebagai makanan utama dari beberapa binatang yang utamanya merupakan miliki Australia, alias hewan yang memang berasal dari Australia, seperti koala dan kangguru. Namun demikian, sangat jarang ditemui konsumsi eukaliptus pada manusia.

Eukaliptus sendiri memilki banyak sekali spesies, yaitu sekitar 700 spesies, yang uniknya semuanya tersebar lengkap di seluruh daratan Australia. Biasanya eukaliptus dimanfaatkan seluruh bagian pohonnya, untuk keperluan luar tubuh manusia, dan bukan untuk dikonsumsi.

Apa saja manfaat dari Eucalyptus?

eucalyptusEucalyptus sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, walaupun tidak dapat dikonsumsi. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah manfaat eucalyptus:

  1. Sebagai kayu bakar

Di lingkungan vegetasin aslinya, kayu dari pohon eukaliptus ini sering sekali dimanfaatkan oleh masyarakat local sebagai bahan kayu bakar. Kualitas kayu yang baik dan dapat terbakar, merupakan salah satu alasan utama mengapa kayu dari pohon eukaliptus ini sering dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Mungkin di Indonesia, kayu bakar sudah sangat jarang digunakan, namun pada daerah asalnya, yaitu Australia, kayu eukaliptus digunakan sebagai kayu bakar untuk perapiasn, terutama ketika musimm dingin tiba.

  1. Sebagai hiasan

Jenis atau spesies dari eukaliptus yang paling sering dimanfaatkan kayunya ialah spesies Karri dan Eucalyptus Melliodora, dimana kedua spesies tersebut sering dimanfaatkan sebagai pembuatan hiasan dan ornament, baik ornamne rumah maupun ornament ukiran lainnya.

  1. Mengurangi water treble

Water treble merupakan kondisi dimana air tanah terlalu tinggi kandungannya sehingga dapat menyebabkan struktur tanah yang labil. Pohon eukaliptus memiliki sifat menyerap air dalam jumlah yang tinggi, sehingga pohon eukaliptus ini dapat mencegah terjadinya water treble, dan dapat menjaga lingkungan tanah yang labil dari bencana, seperti tanah longsor.

  1. Sebagai pewangi

Tidak hanya kayunya yang bermanfaat, namun juga daun eukaliptus memiliki manfaat yang yang banyak bagi manusia. Salah satunya adalah sebagai pewangi dan parfum. Daun dari phon eukaliptus didistilasi hingga menghasilkan minyak eukaliptus. Minyak eukaliptus inilah yang kemudian diolah dan dicampurkan dengan bahan – bahan lain sehingga terciptalah suatu produk wangi – wangian yang dapat kita gukana sehari – hari. Campuran wangi – wangian yang menggunakan minyak eukaliptus biasanya memiliki wangi yang segar dan melegakan.

  1. Bahan dasar pembuatan permen batuk

Apakah anda sering batuk – batuk? Ketika anda merasakan batuk – batuk, atau paling tidak merasakan sakit pada tenggorokan anda, maka selain mencari obat batuk, anda biasanya juga akan mencari permen pelega sakit tenggorokan dan permen yang dapat menyembuhkan batuk, nah salah satu bahan campuran dari permen batuk dan pelega tenggorokan ini adalah jenis minyak dari eukaliptus. Minyak eukaliptus sudah menjadi bahan campuran dari produk permen pelega tenggorokan yang diproduksi secara umum dan luas.

  1. Menolak serangga

Biasanya ketika anda mencari produk – produk untuk mencegah masuknya serangga ke dalam rumah, atau mencegah tubuh anda dihinggapi serangga seperti nyamuk dan lalat, maka anda akan mencari obat nyamuk yang ampuh. Ternyata, minyak eukaliptus juga dapat menjadi salah satu bahan dasar pembuatan obat anti serangga yang dijual bebas di pasaran.l minyak eukaliptus memiliki kemampuan menolak serangga dengan baik, sehingga menjadi pilihan utama dalam pembuatan obat anti serangga, selain lavender dan akar wangi.


dapat juga sebagai penolak serangga

  1. Penghasil madu

Siap bilang kalau madu hanya bisa diperoleh dari tanaman bunga dan lebah saja? Ternyata beberapa spesies dari pohon eukaliptus memiliki produksi nectar yang berkualitas tinggi. Nectar dari pohon eukaliptus ini biasanya diolah menjadi jenis madu monofloral yang memiliki kualitas dan rasa yang sangat baik. Madu sendiri memilikik manfaat yang baik bgi tubuh kita, antara lain :

  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Menyembuhkan sariawan
  • Mengatasi berbagai macam penyakit
  • Memberikan energi bagi tubuh

Artikel tentang madu

  1. Sebagai penangkap ikan

Salah satu spesies dari pohon eukaliptus, yaitu jenis ghost gum, memiliki manfaat tersendiri bagi suku pedalaman Australia, yaitu aborigin. Daun dari ghost gum dimanfaatkan untuk menangkap ikan, karena daun dari ghost gum akan menjadi pelumpuh sementara bagi ikan ketika daun tersebut terkena air. Hal ini akan mempermudah proses penangkapan ikan yang dilakukan oleh para nelayan dari aborigin.


Penangkap ikan

  1. Pembuatan digeridoo

Anda mungkin tidak pernah mendengar nama ini. Digeridoo merupakan salah satu jenis instrument music udara yang dipopulerkan oleh suku aborigin yang berasal dari Australia. Digeridoo dibuat dengan menggunakan kayu dari pohon eukaliptus dan merupakan salah satu jenis kesenian tradisional dari suku aborigin.

  1. Mengobati sesak nafas

Bagi anda yang menderita asma ataupun pilek yang sangat mengganggu dan sering mengalami masalah dalam proses pernapasan, seperti merasa sesak pada bagian dada, maka minyak eukaliptus dapat membantu anda mengurangi rasa sesak akibat asma dan pilek yang melanda tubuh anda. anda hanya cukup mengoleskan minyak eukaliptus pada bagain dada anda untuk mengobati dan melegakan rongga pernapasan anda.

  1. Mengobati sinus dan hidung tersumbat.

Selain dapat melegakan rongga pernapasan, minyak eukaliptus juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sinus dan gejala hidung mampet alias tersumbat yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Caranya cukup simpel dan sederhana, yaitu hanya tinggal menghirup uap air hangat yang sudah diberi tetesan minyak eukaliptus. Uap ini akan membantu melonggarkan dan melegakan rongga hidung dan dapat menghilangkan gejala sinus dan hidung mampet.

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat eucalyptus sendiri terdapat pada manfaat minyaknya yang cukup sering digunakan. Manfaat minyak Eucalyptus adalah dapat melindungi tubuh anda dari terpaan sinar ultraviolet. Selain menggunakan krim sun block alias tabir surya, anda dapat menambahkan minyak eukaliptus dengan cara mengoleskannya ke permukaan kulit anda.

  1. Mencegah munculnya kutu rambut dan kutu kepala

Masih dari minyak eukaliptus, anda dapat memanfaatkan minyak eukaliptus sebagai perawatan kulit kepala dan rambut anda. caranya adalah dengan cara memijat – mijat bagian kepala anda dengan menggunakan minyak eukaliptus secara merata pada seluruh kulit kepala dan rambut anda. Hal ini akan membuat kulit kepala dan rambut anda menjadi bersih dan sehat, serta mencegah munculnya kutu.

Itulah beberapa manfaat dari pohon eukaliptus. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 08th, May 2015 / 02:37 Oleh :
Kategori : Tumbuhan