10 Manfaat Minyak adas Bagi Kesehatan

Minyak adas, mungkin masih sedikit asing di telinga anda. ya, sesuai dengan namanya, minyak adas merupakan ekstrak minyak essensial yang diperloleh dari tanaman adas. Tanaman adas sendiri jarang ditemui di Indonesia, atau malah mungkin tidak tumbuh di Indonesia, karena berdasarkan data persebarannya.

manfaat minyak adasTanaman adas ini berada pada daerah laut yang berada pada timur tengah, yang membentang dari Italia hingga Suriah. Minyak adas sendiri dibuat dengan cara melakukan proses ekstraksi terhadap tanaman adas. Seringkali, hasil ekstraksi dari tanaman adas ini dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan pengobatan dan juga kesehatan. Minyak adas memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mencegah dan mengobati gejala anemia

Manfaat minyak adas bagi kesehatan tubuh adalah sebagai salah satu minyak esensial yang mampu untuk mencegah dan juga mengobati gejala anemia. Anemia merupakan gejala dimana tubuh mengalami kekurangan darah, yang biasanya menimbulkan gejala seperti lemas, mudah merasa lelah, mudah terserang penyakit dan juga sering merasa pusing.

2. Mengobati dan mencegah peradangan lambung

Manfaat minyak adas juga sangat penting dan juga sangat efektif untuk membantu mengobati dan juga mencegah peradangan pada bagian lambung. Kandungan mineral dan senyawa-senyawa yang terbentuk dari tanaman adas sangat efektif untuk mencegah dan mengobati gangguan lambung tersebut. Selain gangguan pada lambung, minyak adas juga ternyata baik untuk kesehatan usus.

Dimana minyak adas memiliki manfaat yang baik untuk mencegah munculnya peradangan pada bagian usus anda. Biasanya peradangan pada usus dan juga lambung akan menyebabkan rasa perih dan juga mual yang sangat mengganggu anda. Hal tersebut juga memiliki dampak yang lebih buruk, seperti pendarahan.

3. Memfasilitasi penyerapan nutrisi yang diperoleh dari makanan

Manfaat lainnya dari minyak adas yang sangat penting dan juga baik untuk kesehatan tubuh adalah minyak adas mampu untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi-nutrisi yang diperoleh dari asupan makanan yang kita konsumsi. Dengan tambahan minyak adas, maka segala nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut akan langsung diserap dengan mudah. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada keoptimalan kerja dan juga fungsi dari organ tubuh lainnya.

4. Mencegah terjadinya sembelit

Tanaman adas merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Begitu pula dengan produk dari tanaman adas, yang salah satunya adalah minyak adas. Manfaat minyak adas memiliki kandungan serat yang tinggi, dimana kandungan serat yang tinggi ini sangat baik dan juga berguna untuk memperlancar pencernaan anda. Hal tersebut juga mencegah terjadinya sembelit ataupun kesulitan dalam melakukan buang air besar.

5. Menghilangkan bau mulut

Minyak adas juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah dan juga menghilangkan bau mulut. Karena memiliki sifat anti bakteri, minyak adas mampu untuk membunuh berbagai macam bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Anda bisa mencoba untuk berkumur atau menambahkan minyak adas ke dalam menu makanan anda untuk membantu membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut.

6. Mengurangi gejala perut kembung dan kelebihan gas

Perut yang terasa kembung akibat kelebihan gas sangtlah tidak nyaman, karena akan menyebabkan mual dan juga perih pada bagian perut. Karena itu, dengan memanfaatkan minyak adas, gangguan perut kembung dan juga kelebihan gas pada perut ini pun bisa teratasi. Begitu pula dengan anda yang menderita maag ataupun naiknya asam lambung, dapat mencoba mengkonsumsi minyak adas untuk membantu mencegah dan juga mengobati gejala yang anda alami.

7. Dapat menghambat pertumbuhan tumor

Tumor merupakan pembengkakan yang terjadi pada organ-organ tubuh tertentu. pada dasarnya, tumor berpotensi untuk menjadi kanker. Dengan manfaat minyak adas, maka anda dapat terhindar dari kemunculan tumor, karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menghambat perumbuhan tumor. Hal ini secara tidak langsung juga memiliki peran dan manfaat yang baik untuk mencegah munculnya kanker.

8. Sebagai anti bakteri dan mencegah infeksi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, minyak adas memiliki sifat anti bakteri yang sangat baik. Hal ini dapat menjadikan minyak adas sebagai salah satu penyembuh dan juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri. Terutama ketika anda terluka, maka anda dapat menggunakan minyak adas untuk membersihkan luka anda. Selain untuk mencegah masuknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, minyak adas juga dapat membantu mempercepat proses mengeringnya luka.

9. Menjaga daya tahan tubuh

Minyak adas juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Hal ini berhubungan dengan kandungan vitamin dan juga senyawa-senyawa lainnya yang terkandung pada minyak ada, yang sangat efektif untuk membantu tubuh dalam mengoptimalkan kondisi daya tahan tubuhnya. Dengan daya tahan tubuh yang menjadi lebih baik dan juga optimal, maka anda pun dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

10. Sebagai antioksidan

Manfaat minyak adas lainnya adalah sebagai salah satu antioksidan. Antioksidan memiliki peran dan juga manfaat yang sangat penting bagi kesehatan anda, karena selain dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kanker dan juga penuaan dini, serta baik pula untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan juga kesehatan kulit.

11. Mengurangi gejala kelelahan mata

Mata anda terasa lelah setelah bekerja seharian di depan layar komputer? Kalau begitu cobalah untuk mengoleskan minyak adas pada bagian luar kelopak mata anda. minyak adas dapat memberikan efek relaksasi dan juga efek dingin, sehingga dapat membantu anda untuk mengatasi keletihan pada mata anda.

Mengenal Tanaman Adas

Bagi anda yang belum mengetahui tentang tanaman adas, tanaman ini memiliki bentuk pohon yang tingginya dapat mencapai ketinggian 2 meter, dengan bau yang harum. Panjang dari daun adas sendiri bisa mencapai 40 cm, dengan bentuk seperti pita. Tanaman adas juga memiliki bunga, dengan warna bunga biasanya berwarna kuning dengan bentuk yang kecil. Daun dari tanaman adas sendiri sering dimanfaatkan sebagai sumber makanan dari larva-larva dari ngengat.

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah selengkapnya mengenai tanaman adas :

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Apiaceae
  • Genus : Foeniculum
  • Spesies : F. vulgare

Itulah sejumlah manfaat dari minyak adas yang mungkin belum anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan