15 Manfaat Etanol untuk Wajah dan Kehidupan

Etanol sudah bukan meupakan barang yang asing lagi bagi kita karena sudah terjual bebas di pasaran seperti apotek dan sudah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Etil alkohol yang disingkat etanol ini dikenal dengan berbagai nama yakni alkohol, etanol, etil alkohol, alkohol murni atau alkohol absolut. Adapun ciri-ciri dari cairan ini adalah tidak berwarna alias bening, aromanya khas, mudah menguap, dan mudah terbakar. Terdapat dua jenis alkohol yakni food grade yang aman untuk dikonsumsi dan fuel grade yang biasa digunakan sebagai bahan bakar. Berikut adalah beberapa manfaat etanol yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, meliputi:

1. Parfum – Tahukah anda bahwa parfum yang biasa anda gunakan setiap hari di dalamnya terdapat campuran etanol? Etanol digunakan untuk mempertahankan wangi di dalam botol. Selain itu, etanol ini digunakan sebagai campuran agar pakaian yang diberi parfum tidak meninggalkan bekas noda. Oleh karena itu, jika suatu parfum menggunakan etanol sebagai campurannya maka dilengkapi peringatan larangan untuk terkena mata dan masuk ke mulut. Dan karena sifat mudah terbakarnya maka membawa parfum di dalam kabin pesawat pun juga dilarang.

Baca juga:

2. Pewarna Makanan – Tidak hanya parfum saja yang menggunakan etanol sebagai pelarutnya namun pewarna makanan yang sering kita jumpai nyatanya juga menggunakan etanol sebagai bahan bakunya. Mengapa? Hal ini tidak terlepas dari kemampuan etanol yang dapat mempertajam warna pada pewarna makanan tersebut.

3. Pembersih Luka – Jika anda sedang terluka kemudian luka anda dibersihkan dengan cairan yang berwarna bening, pernahkan anda merasakan sensasinya? Selain perih yang diakibatkan luka, di daerah kulit yang luka juga terasa dingin dan cairan pembersih pun juga cepat menguap. Hal ini menunjukkan bahwa luka anda telah diersihkan dengan etanol. Dalam hal ini jenis etanol yang sering digunakan untuk pembersih luka biasanya adalah berupa alkohol 70 persen.

4. Minuman Beralkohol – Apakah anda pernah minum-minuman beralkohol? Atau setidaknya pernah melihat orang yang minum-minuman beralkohol baik di kehidupa nyata maupun di telivisi? Jika iya tentunya anda pernah mengamati apa yang terjadi kepada orang-orang yang meminumnya. Mereka tampak mabuk dan pusing yang tidak lain diakibatkan oleh adanya kandungan etanol di dalamnya. (Baca juga : Manfaat Tidak Minum Alkohol)

Baca juga:

5. Obat-obatan – Sudah bukan hal yang asing lagi jika etanol digunakan di dalam obat-obatan. Banyak sekali obat-obatan yang beredar di pasaran mengandung etanol di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari sifat etanol sebagai pelarut yang baik. Namun demikinan, anda tidak perlu khawatir karena etanol yang digunakan sudah disesuaikan dengan standar food grade sehingga aman jika tertelan. Disamping itu, setiap obat-obatan selalu disertai peringatan petunjuk penggunaan untuk meminimalisir resiko efek samping. (Baca juga: Manfaat Obat Demacolin)

6. Cat – Salah satu pelarut yang digunakan di dalam cat adalah etanol. Sama halnya dalam pewarna makanan, pelarut etanol ini berfungsi untuk mempertajam warna pada cat sehingga jika diaplikasikan pada benda maka dapat memperindah warna benda tersebut.


7. Pernis – Tahukah anda apa yang membuat mengkilap pada perabotan kayu anda? Tidak lain ia adalah pernis yang biasanya diaplikasikan pada perabotan yang terbuat dari kayu atau bambu yang sebelumnya telah diberi warna dengan cat atau sejenisnya maupun sama sekali belum diberi warna. Nyatanya etanol juga digunakan sebagai pelarut pernis dan tidak lain disebabkan oleh kemampuannya yang mudah larut dalam berbagai medium seperti air, eter, gliserol, kloroform, asam asetat, piridina, benzena, aseton, dan lain sebagainya.

Baca juga:

8. Pencuci Mulut – Pernahkan anda menggunakan pencuci mulut yang biasanya kita gunakan setelah menggosok gigi? Jika iya tentunya anda merasakan sensasi dingin di dalam mulut selain rasa mint yang biasa digunakan sebagai perasa cairan pencuci mulut. Sensasi dingin ini diakibatkan oleh penggunan etanol di dalam cairan pencuci mulut yang biasanya berkisar 5 hingga 30 persen. (Baca juga : Manfaat Listerine )

9. Pengganti MTBE di dalam Bensin – Tentunya anda mengetahui bahwa bensin memiliki sifat mudah menguap dan sedikit terasa dingin di tangan seperti halnya sifat etanol. Dengan demikian, etanol dapat digunakan sebagai pengganti MTBE (metil tertiari butil eter) pada bensin. Penambahan etanol di dalam bensin ini dapat meningkatkan efisiensi pembakaran bensin dibandingkan MTBE yang sulit terdegradasi. Dengan kata lain, etanol di dalam bensin juga berperan untuk mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran bensin.

10. Bahan Bakar Mobil – Karena keefektifan pembakaran pada campuran etanol dan besin maka sebuah perusahaan produsen bensin membuat gasohol dengan formula etanol 10 persen dan bensin 90 persen sebagai bahan bakar mobil. Bahkan di negara Brazil lebih dari 20 persen mobilnya menggunakan bahan bakar etanol hingga mencapai 100 persen. (Baca juga : Manfaat Kincir Air)

Baca juga:

11. Spiritus – Apakah anda mengetahui yang namanya spiritus? Spiritus merupakan cairan berwarna biru yang biasanya digunakan untuk menyalakan lampu petromax. Lampu ini banyak digunakan oleh para pedagang di pinggir jalan untuk menemani berjualan di malam hari. Namun, saat ini penggunaan lampu petromax sudah tidak banyak karena banyak yang memilih menggunakn listrik secara langsung.

12. Cairan Pencuci Tangan – Etanol juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran cairan antiseptik yang digunakan untuk mencuci tangan. Etanol digunakan dalam cairan ini karena kemampuannya yang efektif dalam membunuh bakteri, virus, dan jamur. Adapun kinerjanya adalah dengan cara memisahkan protein dan lemak sehingga tangan lebih cepat bersih.

13. Deodorant – Untuk mencegah bau tidak sedap yang timbul dari ketiak maka deodorant juga menggunakan etanol. Seperti yang kita ketahui, bau tidak sedap dari ketiak diakibatkan adanya keringat yang bercampur dengan bakteri di tubuh. Deodorant mengandung anti perspirant yang mencegah keluarnya keringat, adapun etanol berperan membunuh bakterinya sehingga bau tidak sedap dapat dicegah.

Baca juga:

14. Pembasmi Serangga – Kemampuan etanol dalam membunuh serangga tidak diragukan lagi karena sifatnya yang beracun sehingga menjadikan cairan satu ini sering dimanfaatkan oleh industri larutan pembasmi serangga sebagai bahan campurannya. Oleh sebab itu, penggunaan cairan pembasmi serangga harus sangat diperhatikan agar tidak mengenai tubuh maupun terhirup. (Baca juga: Manfaat Digigit Nyamuk)


15. Toner atau Pembersih Wajah – Banyak pembersih wajah yang memanfaatkan etanol sebagai bahan pelarutnya. Alat kosmetik banyak menggunakan bahan-bahan yang mengandung lemak untuk memperkuat daya rekat kosmetik tersebut pada kulit sehingga saat berlumuran keringat maka riasan pada wajah tidak akan luntur. Namun demikian, hal ini membuat riasan wajah akan sulit dibersihkan dengan air biasa sehingga membutuhkan toner yang diketahui mengandung etanol untuk membersihkannya karena sifat etanol yang mudah larut dalam apapun. (Baca juga: Manfaat Face Tonic)

Penggunaan etanol harus sangat hati-hati karena efeknya yang buruk terhadap sistem saraf pusat, proses metabolisme tubuh, kanker, tekanan darah tinggi, cacat pada janin, bahkan kematian. Oleh sebab itu selalu waspadai barang apapun yang anda gunakan maupun konsumsi. Bacalah petunjuk penggunaannya dengan baik dan ikuti agar anda tidak mendapatkan efek buruk dari bahan-bahan yang anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Obat-Obatan