13 Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb) merupakan tanaman daerah tropis yang mepunyai ciri khas aromanya yang harum ketika daunnya diremas-remas. Tanaman ini mempunyai bentuk daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang dalam susunan tiga baris garis spiral. Tanaman ini merupakan perdu tahunan dengan tinggi 1-2 meter yang dapat tumbuh daerah pantai hingga daerah dengan ketinggian 500 mdpl.

artikel terkait manfaat pandan:

Pandan wangi sangat mudah dijumpai di Indonesia. Mungkin Anda juga dapat langsung mengenali tanaman ini dikarenakan ia biasa tumbuh subur di tepi sungai, tepi rasa maupun tempat-tempat yang agak lembab. Pandan wangi juga sering digunakan sebagai pewangi pada kue karena dapat menambah cita rasa panganan. Namun ternyata, manfaat pandan wangi tidak hanya terbatas pewangi pada makanan. Pandan juga memiliki beragam manfaat lain yang tidak kalah menarik. Penasaran? Berikut merupakan ulasannya.

Manfaat Daun Pandan Wangi Secara Umum

Secara umum, daun pandan wangi memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut.

1. Pengusir Serangga

Daun pandan wangi mengandung beberapa bahan kimia pembasmi serangga seperti 2-asetil-1-Pirolina (2AP) yang dapat mengusir kecoa, layaknya di Amerika maupun di Jerman. Untuk itu, konon supir taksi di Malaysia dan Singapura menggantung tandan daun pandan wangi untuk mencegah adanya kecoa.

2. Sebagai Pengharum Ruangan

Daun pandan wangi dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan dengan cara yang cukup mudah yaitu mengiris tipis daun pandan wangi dan meletakkannya di ruangan.

artikel terkait: manfaat peta topografimanfaat bawang putih untuk pria

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan

Tidak hanya sebagai bahan tambahan masakan, daun pandan wangi telah lama dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nah, berikut disajikan ramuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

1. Mengobati Rematik

Sebanyak 3 lembar daun pandan wangi segar dicuci bersih kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Daun pandan wangi tersebut kemudian diseduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sebelumnya. Aduk kedua bahan tesebut hingga merata. Setelah dingin, ramuan tersebut dapat digunakan untuk menggosok daerah yang sakit.

2. Mengobati Pegal Linu

Ambil 5 lembar daun pandan wangi segar dan 20 lembar daun serai, kemudian cuci bersih. Tumbuk halus keduanya dan tambahkan 1 sdm minyak kayu putih serta minyak gandapura, aduk rata. Ramuan tersebut dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang terasa pegal linu.

3. Mengobati Lemah Saraf

Sebanyak 3 lembar daun pandan wangi dicuci bersih kemudian dipotong-potong. Potongan pandan wangi tersebut direbus dengan 3 air gelas hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, ramuan tersebut dapat diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore sebanyak satu gelas tiap kali minum.

4. Mengatasi Gelisah

Ambil sebanyak 2 lembar daun pandan wangi, cuci bersih kemudian diiris tipis. Seduh potongan daun pandan wangi dengan segelas air mendidih. Dinginkan, saring airnya kemudian minum selama 2 atau 3 kali sehari hingga merasa tenang.

5. Menurunkan Darah Tinggi

Rebus hingga mendidih beberapa daun pandan wangi dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air. Saring kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari pada pagi dan sore.

6. Menambah Nafsu Makan

Sebanyak 2 lembar daun pandan wangi dicuci bersih dan dipoting kecil-kecil. Rebus potongan daun pandan wangi tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air. Saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari.

7. Mengatasi Lemah Syahwat

Sebanyak 3 lembar daun pandan wangi dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Rebus potongan daun pandan wangi dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Kemudian minum ramuan tersebut secara teratur sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore dengan porsi segelas ramuan tiap kali minum.

artikel terkait: manfaat biang susumanfaat biosevenmanfaat daun kelor untuk mata

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kecantikan

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata daun pandan wangi juga bermanfaat bagi kencantikan. Mari kita simak resep pada tiap masalah-masalahnya.

1. Mengatasi Komedo, Flek Hitam dan Jerawat

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • ½ sdt air dari perasan daun pandan wangi
  • ½ butir jeruk nipis diperas
  • ½ sdt madu murni
  • 1 Buah pisang yang masak
  • ¼ sdt minyak zaitun

Campurkan semua bahan (kecuali minyak zaitun) hingga merata, diamkan. Setelah 5 menit, tambahkan minyak zaitun. Oleskan masker ini secara tipis dan merata pada wajah. Gunakan selama beberapa menit, kemudian bilas. Silahkan gunakan secara tertatur, paling tidak 3 kali seminggu selama 3 minggu.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • 1 lembar daun pandan wangi
  • 10 lembar daun waru muda yang segar
  • 1 genggam daun urang-aring
  • 5 lembar daun mangkokan
  • 10 kuntum bunga melati
  • 1 kuntum bunga mawar

Cuci bersih semua bahan dan masukkan ke dalam panci dan tambahkan dengan ½ cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebus semua bahan tersebut kemudian saring. Ramuan tersebut dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur dengan cara mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Bilas dengan air dan keramas seperti biasa pada keesokan harinya. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu secara teratur.

3. Menghitamkan Rambut

Sebanyak 7 lembar daun pandan wangi dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Rebus potongan daun pandan tesebut dalam 1 liter air hingga air berubah warna menjadi hijau. Embunkan air rebusan selama semalaman dan pagi harinya campurkan dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas secara rutin 3 kali dalam seminggu.

4. Menghilangkan Ketombe

Sebanyak 7 lembar daun pandan wangi dicuci bersih, dipotong-potong dan dihaluskan dengan cara diblender. Potongan daun pandan kemudian ditambahkan dengan setengah cangkit air bersih kemudian diremas-remas, saring. Gunakan air ramuan tersebut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Bilas dengan air bersih dan keramas apabila telah selesai. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga ketombe hilang.

artikel terkait: manfaat pohon akasiamanfaat pohon angsanamanfaat bunga kertas

Demikian meruapakan informasi mengenai manfaat daun pandan wangi baik secara umum maupun dari segi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu.