10 Manfaat Kincir Air dalam Kehidupan Sehari Hari

Ada begitu banyak sumber energi di alam yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan kehidupan. Ada sinar matahari, angin, air, dan lain sebagainya. Contohnya air, air tidak hanya bermanfaat untuk berbagai keperluan manusia namun pergerakan air juga dapat dijadikan sebagai sumber energi. Secara alami air selalu bergerak atau mengalir, ada arus air di sungai dan laut, ada ombak, gelombang pasang, serta siklus air mulai dari menguap hingga turun kembali menjadi hujan. Salah satu pemanfaatan energi kinetik air adalah kincir air.

Baca juga: manfaat kincir angin – manfaat air

Bagi yang tinggal di pedesaan terutama yang dekat dengan sumber air pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kincir air. Berbentuk bulat seperti kipas dengan beberapa bilah yang terhubung pada poros di tengahnya. Bilah-bilah ini dapat berputar jika ada dorongan dari aliran air, semakin kuat dorongan air maka semakin cepat pula putaran bilah kincir air. Kincir air sederhana biasanya terbuat dari kayu, biaya pembuatannya lebih murah dan lebih sederhana dalam proses pembuatannya.

Manfaat kincir air dapat untuk berbagai hal diantaranya:

1. Pengairan atau irigasi

Sawah yang letaknya cukup jauh dari sumber air biasanya mengandalkan air hujan dan hanya berproduksi ketika musim hujan dimana pasokan air mencukupi untuk mengairi sawah sehingga lahan kurang produktif. Dengan menggunakan kincir air kita dapat membuat irigasi sawah dengan mengalirkan air dari sungai ke sawah-sawah sehingga kebutuhan air untuk irigasi tercukupi dan sawah lebih produktif.

Baca juga: manfaat irigasi – manfaat air dalam bidang pertanian

2. Sebagai pompa atau penyalur air

Tidak hanya untuk irigasi, kincir air juga dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan air ke berbagai tempat yang membutuhkan seperti ke kolam ikan atau kolam penampungan dan selanjutnya digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk sumber air bersih yang didistribusikan ke rumah-rumah penduduk.

Baca juga: manfaat waduk bagi kehidupan manusia – manfaat air bersih

3. Pembangkit listrik tenaga air

Energi pada aliran air juga dapat diubah menjadi energi listrik dengan memanfaatkan kincir air sehingga lebih terasa manfaatnya bagi manusia. Bagaimana caranya? Singkatnya aliran air akan menggerakkan kincir air yang kemudian menggerakkan generator sehingga dihasilkan energi listrik. Meskipun masih sangat sederhana dan bergantung pada tekanan dan aliran air namun energi listrik yang dihasilkan ramah lingkungan karena memanfaatkan apa yang ada di alam. Berbeda dengan pembangkit listrik lain seperti pembangkit listrik yang menggunakan minyak bumi, batu bara, atau gas alam sebagai bahan bakar yang tidak ramah lingkungan.

Baca juga: manfaat pembangkit listrik sederhana – manfaat sumber daya air

4. Menghasilkan energi listrik yang murah dan ramah lingkungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dengan adanya kincir air dapat dihasilkan energi listrik yang lebih murah karena memanfaatkan apa yang ada di alam dan tidak pernah habis serta sangat ramah lingkungan karena tidak ada zat buangan seperti pada pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar seperti minyak dan batu bara.

Baca juga: manfaat energi listrik – manfaat energi matahari


5. Mengolah hasil pertanian

Energi yang dihasilkan dari putaran kincir air juga dapat dimanfaaatkan untuk mengolah hasil pertanian. Contohnya untuk menggiling gandum, padi, tebu, jagung, dan berbagai hasil pertanian lainnya. Kincir air menjadikan proses pengolahan hasil pertanian lebih murah dari segi biaya sehingga para petani mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan tentunya lebih ramah lingkungan. Apalagi pada zaman sekarang dimana biaya listrik dan harga minyak begitu mahal.

Baca juga: manfaat padi – manfaat jagung

6. Membantu industri pengolahan kayu

Industri pengolahan kayu juga dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan dari kincir air untuk menggerakkan mesin pemotong kayu. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena menjadikan proses pemotongan kayu lebih cepat (jika selama ini dilakukan secara manual), lebih murah karena tidak menggunakan bahan bakar, serta ramah lingkungan.

Baca juga: 10 manfaat kayu jati bagi kehidupan manusia – manfaat serbuk gergaji

7. Menggerakkan sektor industri di pedesaan

Dengan dihasilkannya energi listrik dari kincir air turut membantu menggerakkan sektor industri di daerah pedesaan. Jika selama ini di desa belum ada listrik dan segala sesuatunya masih dikerjakan secara manual kini telah ada energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai peralatan sehingga dapat mendukung bergeraknya industri di pedesaan.

Baca juga: manfaat air dalam industri – 17 manfaat belerang dalam industri dan kesehatan


8. Meningkatkan produktivitas masyarakat desa

Berbagai teknologi dan manfaat yang dihasilkan dari kincir air juga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat desa turut meningkat. Masyarakat tidak sebatas mengolah hasil alam secara sederhana namun bisa lebih meningkatkan cara pengolahannya sehingga hasil yang didapat lebih besar dan lebih cepat. Selain itu masyarakat juga bisa menggarap sektor industri yang sebelumnya hanya ada di perkotaan.

Baca juga: manfaat pendidikan – manfaat teamwork

9. Sebagai objek wisata

Kincir air juga dapat dijadikan objek wisata sehingga menjadi potensi pemasukan tambahan bagi suatu daerah. Apalagi jika pemandangan di sekitar sumber air seperti sungai dan air terjun sangat indah, dengan penataan dan perawatan yang baik dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Pemerintah daerah juga dapat meningkatkan infrastruktur menuju tempat wisata seperti memudahkan akses jalan, membangun penginapan atau hotel yang memadai, dan lain sebagainya sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung.

Baca juga: manfaat liburan – manfaat rekreasi

10. Menjaga lingkungan dan turut mencegah efek rumah kaca

Dengan menggalakkan penggunaan kincir air kita dapat turut serta menjaga lingkungan dan mencegah efek rumah kaca agar tidak semakin parah karena penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara yang berlebihan. Sedapat mungkin kita berusaha untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil tersebut selain karena memang persediaannya semakin lama akan semakin menipis juga untuk menjaga kondisi lingkungan.

Baca juga: manfaat tumbuhan – manfaat globalisasi

Sangat bermanfaat bukan? Dengan memanfaatkan apa yang ada di alam kita bisa melakukan banyak hal tanpa harus merusak alam itu sendiri. Sehingga pemanfaatan kincir air secara maksimal dapat meminimalisir terjadinya efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global yang dampaknya sudah mulai dirasakan masyarakat di seluruh dunia. Ayo kita jaga lingkungan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 23:09 Oleh :
Kategori : Peralatan