7 Manfaat Etabion untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Jika pada sebelumnya telah diuraikan tentang manfaat eturol, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas manfaat etabion. Pernahkan anda mendengar namanya? Biasanya, jika eturol diberikan untuk persiapan kehamilan maka etabion diberikan justru ketika wanita sedang hamil. Hal ini karena kelengkapan nutrisinya yang sangat baik bagi ibu hamil seperti adanya ferro glukonat, vitamin B12, cupri sulfat, mangan sulfat, vitamin C, dan asam folat. Lalu, apa saja manfaat etabion bagi ibu hamil? Berikut penjaabaran singkatnya:

1. Mencegah Anemia – Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa etabion mengandung ferro glukonat yang mana berperan dalam mencegah anemia. Jika ibu hamil mengalami anemia, maka akan sangat berpengaruh pada janinnya sehingga mereka perlu perhatian lebih. Adapun yang dapat terjadi seperti bayi yang lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, atau bahkan dapat menyebabkan kematian ibu. Hal ini dapat terjadi karena kebutuhan nutrisi ibu meningkat seiring dengan perkembangan si bayi. (Baca juga : Manfaat Telur Untuk Anemia)

Baca juga:

2. Membantu Pembentukan Darah – Di dalam etabion juga terkandung vitamin B12 yang sangat membantu pembentukan darah sehingga mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil. Bagi ibu hamil, sangat penting sekali keberadaan vitamin ini agar nutrisinya tercukupi demi kebutuhan si buah hati.

3. Menjaga Fungsi Otak dan Sistem Saraf – Selain berperan dalam pembentukan darah ternyata vitamin B12 di dalam etabion juga berperan dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Seperti yang kita ketahui, setiap harinya janin di dalam perut tumbuh termasuk sel-sel otak dan sistem sarafnya. Jika nutrisi untuk otak dan saraf terpenuhi maka dapat menghindari keabnirmalan pertumbuhan anak. (Baca juga: Manfaat AA DHA EPA)

4. Katalisator Jaringan Pembentuk Darah – Pembentukan darah secara normal belum mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil oleh karena itu diperlukan katalisator jaringan pembentuk darah agar kebutuhan si ibu dan janinnya terpenuhi. Etabion memanfaatkan cupri sulfat dan mangan sulfat sebagai katalisator penstimulasi jaringan pembentuk darah.

Baca juga:

5. Membantu Penyerapan Zat Besi – Selain viamin B12, di dalam etabion juga terkandung vitamin C yang mana bagi ibu hamil sangat membantu dalam penyerapan zat besi. Zat besi ini sangat berperan dalam pembentukan haemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh. (Baca juga: Manfaat Zat Besi)

6. Mencegah Bayi Terlahir Cacat – Keberadaan asam folat di dalam etabion sangat penting mengingat perannya dalam membentuk, memperbaiki, menjalankan fungsi DNA dan sel tubuh sehingga sangat berpengaruh dala pertumbuhan plasenta maupun perkembangan janin. Hal ini membuat asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah bayi terlahir cacat.

7. Mencegah Keguguran – Kekurangan nutrisi pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran terlebih pada kondisi kandungan si ibu yang lemah. Untuk menghindari hal ini anda dapat mengkonsumsi etabion agar nutrisi anda dan si buah hati tercukupi. Selain itu, tetap iringai dengan makan makanan bergizi serta istirahat yang cukup.

Baca juga:

Nah, beberapa pembahasan di atas telah menjelaskan manfaat etabion untuk ibu hamil. Namun demikian, bagi yang tidak hamil pun dapat mengkonsumsinya jika anda memang mengalami gejala anemia. Dan jangan lupa selalu gunakan resep dokter untuk mengkonsumsi obat apapun untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.