5 Manfaat Terapi Lintah di Lidah Untuk Kesehatan

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan di berbagai bidang, termasuk pada bidang kesehatan, banyak inovasi yang dikembangkan baik dengan teknologi informasi maupun dengan metode tradisional. Di dunia kesehatan sendiri, banyak sekali telah dikembangkan berbagai cara pengobatan untuk penderita berbagai jenis penyakit. Penyembuhan yang dilakukan tidak hanya menggunakan obat saja, namun beberapa masalah kesehatan menggunakan langkah terapi untuk mempercepat penyembuhannya.

artikel terkait:

Tidak hanya dilakukan tenaga medis dan menggunakan alat kesehtan modern saja, dunia kesehatan tradisional juga mengenal terapi menggunakan beberapa jenis hewan. Salah satu jenis hewan yang digunakan yakni lintah. Hewan kecil karnivora ini termasuk dalam sub kelas Hirudinea, dan ternyata sudah lama dimanfaatkan di Eropa dimanfaatkan dalam dunia medis untuk membantu mengeluarkan darah. Namun, jenis lintah yang banyak digunakan untuk terapi yakni lintah Medicinalis.

Terapi Menggunakan Lintah Di Bagian Lidah

Terapi seperti akupuntur dan sengat lebah biasanya ditusukkan pada beberapa titik syaraf pada kulit. Berbeda dengan akupuntur dan sengat lebah, terapi dengan hewan penghisap darah atau lintah biasanya dilakukan pada bagian lidah. Meskipun terdengar sangat geli dan juga mengerikan, terapi lintah banyak diminati oleh berbagai kalangan, karena terapi lintah pada bagian lidah memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi sengat lebah diantaranya:

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Melakukan terapi lintah pada lidah bukan tanpa alasan. Pada udung lidah, terdapat saluran darah yang paling dekat ke jantung. Itulah mengapa, terapi lintah dilakukan pada ujung lidah. Tujuannya yakni mencari saluran terdekat ke jantung, sehingga hasilnya akna lebih efektif.

artikel terkait: manfaat tea tree oilmanfaat terapi komplementer

  1. Membantu Kerja Jantung

Zat Hirudin, atau zat pengencer darah yang terdapat dalam gigitan lintah, dapat membantu kinerja jantung. Zat hirudin akan membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga aliran darah keseluruh tubuh dapat berjalan dengan normal.

artikel terkait: manfaat berhenti merokokmanfaat terapi hiperbarik

  1. Mencegah Terjadinya Stroke

Tidak hanya membantu penderita gangguan jantung, terapi lintah di lidah juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya stroke. Selain itu, kandungan zat hirudin yang terdapat dalam gigitan lintah juga dapat embantu mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran darah. Sehingga, risiko kemungkinan terkena stroke dapat dicegah.

artikel terkait: manfaat gurahmanfaat resin


  1. Melancarkan Sirkulasi Oksigen

Tidak hanya membutuhkan sirkulasi darah yang lancar, tubuh juga membutuhkan sirkulasi oksigen. Ketika sirkulasi oksigen kurang lancar, tubuh akan mudah merasa lemas. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melancarkan sirkulasi oksigen keseluruh tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan terapi lintah pada lidah. Air liur yang dihasikan oleh lintah mengandung berbagai zat yang mampu membantu melancarkan sirkulasi oksigen.

artikel terkait: manfaat minyak zaitun bagi wanitamanfaat acupressure

  1. Mencegah Diabetes

Terapi lintah dilakukan karena air liur lintah yang keluar ketika menggigit lidah mengandung berbagai jenis zat yang baik untuk kesehatan, dan langsung tercampur dalam darah. Salah satu jenis penyakit yang dapat diatasi dengan terapi lintah yakni diabetes mellitus atau sering disebut juga penyakit gula. Zat dalam air liur lintah mampu menurunkan kadar gula yang tinggi pada tubuh.

Terapi lintah pada lidah biasanya dilakukan dengan menempelkan lintah pada ujung lidah selama 1 jam. Lintah terkadang tidak akan langsung menggigit lidah pasiennya, akan tetapi biasanya perlu diberi rangsangan berupa darah atau kuning telur agar lintah mau mengigit pasiennya. Bekas gigitan lintah juga tidak akan menyebabkan infeksi. Hal ini dikarenakan, lintah memiliki kandungan penisilin alami di dalamnya, yang mampu membantu menyembuhkan luka secara alami.

,
Post Date: Monday 10th, July 2017 / 06:55 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan