Manfaat Day Cream untuk Kulit

manfaat day creamSiang hari merupakan waktu dimana kulit akan lebih rentan untuk terkena paparan sinal Ultraviolet (sinar UV). Meskipun kita melakukan aktivitas keseharian di dalam ruangan sekalipun, hal tersebut tidak dapat menjamin bahwa kita bisa terhindar dari paparan sinar yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit maupun timbulnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, bintik-bintik usia, maupun garis-garis halus di permukaan wajah.

Kondisi kulit wajah kita mengalami perbedaan pada siang dan malam hari, dimana pada siang hari kulit akan lebih rentan terhadapa paparan sinar UV, sehingga pada siang hari kulit memerlukan perlindungan ekstra. Sedangkan di malam hari kulit akan mengalami masa istirahat dan masa perbaikan. Sehingga kulit lebih memerlukan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi. Manfaat day cream ini akan meremajakan kulit sekaligus melindungi kulit agar tetap terawat.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kita memerlukan suatu produk yang mengandung bahan-bahan aktif sebagai penangkal sinar UV, yaitu SPF (Sun Protection Factor). Sekarang ini telah banyak beredar produk-produk yang menawarkan manfaat dari kandungan SPF, seperti yang terdapat pada jenis produk day cream.

Produk day cream dirancang khusus dengan kandungan beberapa bahan aktif seperti :

1. SPF (Sun Protection Factor)

SPF merupakan suatu sunblock yang dapat membantu untuk menangkal sinar matahari sehingga kulit dapat terhindar dari paparan sinar UV yang berlebihan. Namun yang perlu di ingat adalah, bahwa SPF hanya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV B, sehingga meskipun kita telah menggunakan produk sun block dengan SPF kita masih bisa terkena paparan sinar UV A.

2. Antioksidan

Bahan aktif lain yang terdapat dalam produk day cream adalah antioksidan yang berfungsi untuk membantu menjaga kulit dari efek penuaan dini serta menjauhkan partikel partikel radikal bebas dari kulit.

Top 1 sumber antioksidan  :

Manfaat dari Day Cream 

Sekarang ini banyak sekali produk-produk day cream yang telah beredar di pasaran dengan menggunakan berbagai merk dagang yang terkenal. Para produsen saling berlomba untuk dapat menawarkan manfaat day cream lebih dari produk-produk buatannya, yaitu untuk memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Berikut ini beberapa manfaat day cream yang bisa di dapatkan:

1. Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Apa pun jenis atau merk dagang dari day cream yang gunakan, harus dimastikan bahwa produk yang digunakan memiliki kandungan SPF, sehingga mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat membakar kulit serta menimbulkan beberapa penyakit seperti kanker kulit, maupun berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya.

2. Sebagai Agen Anti Penuaan Dini

Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini. Dimana hal tersebut dapat ditandai dengan timbulnya bintik-bintik usia, kerutan, maupun timbulnya garis-garis halus di sekitar wajah. Radikal bebas bisa terjadi dari adanya pola hidup yang tidak sehat maupun adanya faktor lingkungan seperti terjadinya polusi udara. Manfaat day cream dapat membantu mengatsi masalah tersebut, karena di dalam produk tersebut terkandung bahan aktif antioksidan yang bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan anti aging.

3. Sebagai Pelembab

Penerapan day cream juga dapat menjaga kelembaban pada kulit di siang hari. Mempertahankan make up agar dapat bertahan lebih lama, serta memberikan efek lembut dan segar pada kulit wajah, sehingga dapat tampil cantik lebih lama. Namun, kita sebagai konsumen harus lebih teliti dan cermat dalam memilih jenis produk yang nantinya justru tidak akan menimbulkan masalah pada kulit wajah

Adapun tips dalam memilih produk day cream yang aman antara lain adalah:

  • Pilih jenis produk day cream sesuai dengan tipe atau jenis kulit.
  • Produk yang aman adalah produk yang telah terdaftar dalam BPOM, meskipun produk tersebut adalah merupakan produk import.
  • Produk tersebut mencantumkan nama produsen, importir, maupun distributor resmi dalam tiap kemasannya.

Efek Samping Penggunaan Day Cream

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa manfaat day cream dalam pemakaian produknya yang mengandung SPF dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, namun hal tersebut hanya berlaku untuk sinar UV B saja. Sehingga meskipun kita telah menggunakan day cream secara rutin, kita masih bisa terpapar sinar UV A.

Selain itu, pada dasarnya orang-orang yang tinggal di daerah tropis, seperti Indonesia penggunaan produk sunblock yang mengandung SPF tinggi tidaklah diperlukan, karena kulit kita telah terlindung oleh adanya zat alami kulit yang disebut sebagai melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Tips Menggunakan Day Cream

Berikut ini beberapa tips dalam menerapkan day cream pada wajah:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan facial wash untuk mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori kulit.
  2. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih atau tissue.
  3. Terapkan day cream secara merata pada permukaan kulit wajah.
  4. Tunggu beberapa saat hingga cream dapat terserap oleh kulit

Cream kecantikan lainnya