9 Manfaat SPF 30 Untuk Wajah dan Kulit

Bagi yang sering menggunakan berbagai jenis krim perawatan wajah dan kulit, terutama body lotion dan juga produk dari sun block yang memiliki khasiat untuk mencegah tersengatnya kulit anda dari radiasi sinar ultraviolet dan juga sinar matahari, pastilah sudah sering mendengar istilah ini, yaitu spf. Ada banyak jenis spf yang terdapat pada produk-produk body lotion dan juga sunblock. Mulai dari spf – 20, spf – 30, hingga spf – 50.

Apa itu SPF?

spf 30Bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa itu spf, meskipun sering menggunakan produk dengan kandungan spf, artikel ini mungkin sangat pas untuk anda. SPF merupakan suatu singkatan dari Sun Protection Factor. SPF merupakan suatu zat yang terkandung dalam produk perawatan kulit dan juga sun block, yang ditujukan untuk memproteksi kulit dari sengatan sinar matahari.

Lalu, apa itu SPF – 30?

Angka 30 pada kode SPF merupakan suatu keterangan seberapa lama zat SPF tersebut mampu untuk bertahan memproteksi kulit kita dari sengatan matahari. Rumus mudahnya adalah, anda hanya tinggal mengalikan kode spf tersebut dengan angka 10 dalam satuan menit. Apabila ada kandungan SPF – 30, itu artinya, produk perawatan kulit yang digunakan sehari-hari mampu untuk memproteksi kulit anda dari sengatan sinar matahari selama 30 x 10 menit = 300 menit, atau kurang lebih 4 – 5 jam lamanya.

Nah, sekarang anda sudah pahamkan mengenai arti dari kode SPF – 30 yang ada pada produk perawatan kulit dan juga sunblock anda? lalu, sekarang apa saja sih manfaat spf 30 ini? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Bahan utama dalam pembuatan krim kulit dan juga sunblock

Anda sering menggunakan krim untuk kulit ataupun sunblock? Apabila diperhatikan secara seksama, SPF 30 merupakan salah satu kandungan penting yang ada pada krim kulit dan sunblock. Sifatnya yang sangat baik untuk menolak panas, membuat SPF 30 sering dimanfaatkan sebagai pembuatan produk sunblock dan juga krim kulit.

2. Menjaga kesehatan kulit

SPF 30 memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena biasanya manfaat SPF 30 diolah dan dibuat sebagai bentuk krim kesehatan kulit, yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk kulit. Dengan adanya kandungan ini, maka kesehatan kulit anda akan terjaga, dan kulit anda akan selalu cerah dan bersih setiap saat.

3. Mengoptimalkan penyerapa nutrisi pada kulit

Selain mampu menjaga kesehatan kulit, krim yang mengandung SPF 30 juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit anda. Biasanya penyerapan nutrisi ini terdiri dari berbagai vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah penyerapan vitamin E.

4. Menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet

Sesuai namanya, manfaat SPF 30 bagi kulit merupakan salah satu sun protection factor. Itu artinya adalah SPF 30 selama kurang lebih 300 menit mampu untuk memproteksi dan menjaga kulit anda dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antaa pukul 11 siang hingga pukul 14. Pada waktu seperti itu, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, UV B, dan juga UV C.

Ketiga jenis sinar UV yang dipancarkan oleh matahari ini memiliki dampak buruk bagi kulit anda apabila tidak terproteksi dengan baik, seperti :

  • Kanker kulit
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Gangguan serta penyakit kulit lainnya

5. Menjaga kelembaban kulit

Selain dapat memproteksi kulit dan juga megoptimalkan penyerapan nutrisi oleh kulit, SPF 30 juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan kemampuannya yang baik untuk menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet, maka krim yang mengandung SPF 30 dapat mencegah timbulnya kulit yang kering, yang tentu saja sangat mengganggu penampilan anda.

SPF 30 akan membantu anda tetap untuk menjaga kelembaban kulit anda dengan baik dan terjaga, serta dapat juga menjaga kecerahan kulit anda.

6. Mencegah terjadinya kulit terbakar

Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit anda adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan terbakar. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan anda, karena kulit terbakar akan menyebabkan kulit anda menjadi gosong dan menghitam. Manfaat SPF 30 untuk kulit dapat membantu anda mencegah terjadinya hal seperti ini.

7. Mencegah terjadinya penyakit kulit karena sinar matahari

Selain dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari, SPF 30 juga dapat mencegah munculnya penyakit kulit yang disebabkan oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Salah satunya adalah penyakit kanker kulit.

8. Mencegah kulit kering dan pecah-pecah

Bagi anda yang sensitive terhadap pancaran sinar ultraviolet dan juga sinar matahari, biasanya kulit anda akan berubah menjadi kering dan pecah-pecah. Salah satu ciri kulit yang mengering karena kurangnya proteksi terhadap sinar UV adalah kulit menjadi bersisik dan juga meninggalkan bekas putih ketika digaruk. Anda dapat mencegah terjadinya hal seperti ini dengan menggunakan krim yang mengandung SPF 30 secara rutin.

9. Mencegah kemunculan iritasi kulit

Selain kulit kering dan pecah-pecah, pancaran sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari juga sering menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit anda. Hal ini biasanya terlihat dari kondisi kulit yang terdapat bintik-bintik atau ruam yang berwarna merah. Untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan proteksi dari krim yang mengandung SPF 30 terhadap kulit, maka dapat mengoleskan krim yang mengandung SPF 30 pada saat anda harus beraktivitas di luar ruangan pada jam-jam antara pukul 11 hingga 14 atau 15.

Demikianlah artikel mengenai manfaat SPF 30 untuk kulit. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan informasi baru bagi anda sekalian.