Manfaat Bedak Dingin Berastagi Astagina

Beras adalah salah satu komoditas yang banyak dihasilkan oleh negara Indonesia, selain untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dalam negeri, beras yang dihasilkan oleh Indonesia juga telah banyak diekspor ke berbagai negara tetangga. Di berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera, Maluku, dan berbagai daerah lainnya, beras tidak hanya dipergunakan untuk kebutuhan konsumsi saja, akan tetapi sebagian kalangan memanfaatkannya untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Caranya adalah dengan membuat ramuan bedak yang bahan baku dasarnya adalah beras. Tradisi tersebut merupakan warisan turun temurun mulai dari zaman nenek moyang hingga di era yang serba modern ini. Beberapa kalangan masyarakat seperti di Kalimantan menyebut bedak tersebut sebagai pupur dingin atau bedak berastagi.

Bedak beras tagi diolah serta dikemas secara tradisional, dan tidak terdapat campuran bahan-bahan kimia di dalamnya, sehingga bedak tersebut sangatlah aman untuk digunakan siapa saja. Karena sensasi dingin yang dihasilkan dari pemakaian bedak berastagi, menjadikan produk ini tidak hanya dipergunakan oleh kaum wanita saja, akan tetapi kaum pria ikut ketagihan untuk menggunakannya. Biasanya bedak berastagi dibuat dalam bentuk bulatan-bulatan kecil, bedak ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat murah.

Proses pengolahan bedak berastagi sangatlah sederhana, yaitu :

  • Beras yang akan diolah menjadi ramuan bedak direndam selama sehari semalam.
  • Setelah itu, air rendaman beras diganti untuk kemudian direndam kembali selama +/- 24 jam
  • Apabila saat ditekan beras yang direndam tersebut hancur, langkah selanjutnya adalah dengan meniriskan dan memerasnya hingga kandungan airnya hilang / kering.
  • Beras yang telah hancur menjadi tepung tadi selanjutnya dicampurkan dengan beberapa bahan campuran (kalau di Kalimantan biasanya dicampur dengan rempah-rempah seperti bangsoye, babakan, babanyun, atau dengan kulit kayu bangkal. Di daerah lain campuran dari tepung beras tersebut bisa juga dari bengkoang, dan kalau di negara Malaysia beras yang telah menjadi tepung tersebut biasanya dicampur dengan bunga mawar atau dengan bunga tanjung). Tujuan dari pencampuran tersebut adalah untuk memberikan aroma segar dan harum pada bedak. Selain itu juga untuk memberikan warna kuning alami pada bedak.
  • Selanjutnya ramuan tepung beras dan rempah-rempah tadi dibentuk bulat-bulat kecil yang berukuran seperti buah kelengkeng atau seukuran butiran mutiara. Biasanya proses pembentukan ramuan tersebut dilakukan di malam hari.
  • Langkah terakhir adalah penjemuran bola-bola berastagi tersebut di bawah sinar matahari. Untuk menghindari pecahnya bola-bola beras tersebut, maka pada saat proses penjemuran sebaiknya ditutupi dengan menggunakan kain yang tipis.

Wah mudah dan praktis bukan? Lalu apa sih manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan bedak berastagi ini?

  1. Dapat menghaluskan kulit wajah

Beras sebagai bahan dasar pembuatan bedak ini memiliki kandunga berbagai macam vitamin seperti vitamin B dan thiamin yang mampu mempertahankan kelembaban serta kesegaran kulit sehingga kulit wajah Anda akan terlihat lebih halus dan mulus. Memang efek tersebut belum dapat Anda rasakan dalam sekali pemakaian saja, akan tetapi apabila Anda rutin menggunakan bedak berastagi tersebut atau sekitar +/- 1 bulan, Anda dapat merasakan perbedaan pada kulit wajah Anda, dimana wajah akan terasa lebih segar, kencang, halus, dan terlihat lebih mulus.

  1. Dapat membantu mencegah berbagai masalah pada kulit

Selain dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan mulus, penggunaan bedak berastagi secara rutin juga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai masalah pada kulit seperti timbulnya jerawat, gatal-gatal, panu, maupun timbulnya keriput yang merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan dini.

  1. Dapat mencegah timbulnya bau badan

Aroma segar dan harum yang keluar dari bedak berastagi akan membantu mengatasi masalah bau keringat pada tubuh Anda. Caranya adalah dengan menerapkan bedak tersebut sebagai lulur di badan Anda.

  1. Memberikan sensasi sejuk pada kulit

Sesuai dengan julukannya sebagai bedak dingin, maka sudah wajar apabila produk ramuan ini dapat memberikan efek yang menyejukkan pada kulit pada saat digunakan. Itulah sebabnya mengapa produk ini juga telah banyak digunakan oleh para kaum pria.

Meskipun saat ini keberadaan bedak berastagi mulai tergantikan oleh produk-produk kosmetik buatan pabrik yang lebih modern yang terkadang tidak aman dan dapat menimbulkan efek berbahaya bagi pemakainya, akan tetapi bedak berastagi memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • Bedak berastagi sangatlah padat, tetapi memiliki tekstur yang halus
  • Bedak berastagi tidak akan membusuk meskipun telah bercampur dengan air
  • Sangat aman meskipun dipakai dalam jangka waktu yang panjang / lama
  • Tidak menimbulkan efek ketergantungan bagi si pemakai.

Untuk pemakaian produk ini pun tergolong cukup mudah, yaitu :

  • Untuk pemakaian di wajah, Anda cukup mengambil satu butir bedak berastagi dan jika untuk dipergunakan sebagai lulur di anggota badan yang lain, Anda bisa menambahkannya beberapa butir.
  • Tambahkan sedikit air, lalu diamkan sekitar 1 hingga 2 menit
  • Remas-remas hingga menjadi sedikit encer
  • Terapkan ramuan tersebut yaitu dengan mengoleskan pada wajah maupun bagian tubuh yang Anda inginkan seperti tangan maupun kaki
  • Sebaiknya pemakaian bedak berastagi ini dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Cream kecantikan lainnya

Manfaat bedak dingin berastagi astagina cukup baik bagi kesehatan wajah dan kulit yang dapat memberikan efek untuk kecantikan.