Manfaat Night Cream Bagi Kesehatan Kulit

Night Cream atau yang biasa dikenal dengan krim malam merupakan salah satu jenis kosmetik yang penggunaannya dikhususkan pada saat malam hari. Bagi para wanita yang selalu memperhatikan penampilan, penggunaan krim yang satu ini tentu saja tidak akan pernah terlewatkan.

Night cream merupakan suatu krim kecantikan yang tidak mengandung SPF, namun night cream mengandung bahan yang lebih berat dan lebih hydrating. Krim ini mengandung bahan aktif anti-penuaan dengan kadar yang tinggi karena penggunaannya secara khusus dimaksudkan untuk mengurangi iritasi dari paparan sinar UV.

Pada saat seseorang memutuskan untuk menggunakan night cream untuk membantu meminimalkan sensitivitas kulit pada saat terkena matahari, hal ini mungkin saja dikarenakan tidak memadainya kemampuan day cream yang mereka gunakan di siang hari. Penggunaan night cream sebelum tidur merupakan salah satu langkah sederhana untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan untuk mencegah efek penuaan dini, seperti timbulnya garis-garis halus di wajah, maupun tanda penuaan dini lainnya.

Night Cream dikategorikan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah :

1. Anti-aging

Ini merupakan bentuk dari night cream yang biasanya mengandung beberapa bahan aktif seperti retinol, asam glikolat, asam salicyclic dan retinil asetat yang dapat membantu kulit untuk melakukan regenerasi dengan lebih cepat, sehingga nantinya dapat  membantu untuk mengurangi timbulnya bintik-bintik hitam, garis-garis halus, maupun kerutan yang merupakan tanda-tanda utama dari penuaan dini.

Namun yang perlu diingat adalah bahan-bahan yang terkandung dalam cream malam ini dapat menyebabkan timbulnya iritasi serta dapat meningkatkan sensitivitas kulit, terutama pada saat terkena paparan sinar UV. Jadi, untuk mencegah terjadinya paparan sinar UV pada saat pemakaian cream anti penuaan adalah dengan menggunakan produk-produk tersebut di malam hari.

2. Pelembab ekstra

Produk ini juga biasa disebut sebagai ultra-hydrating, dimana cream ini biasanya hanya bertindak sebagai pelembab lanjutan dari penggunaan day cream. Produk ini menggunakan  emolien dengan tingkat yang lebih tinggi.  Pada dasarnya belum diketahui dengan jelas alasan mengapa kulit wajah memerlukan pelembab di malam hari. Kulit akan terus melakukan regenerasi, jadi jika seseorang telah merasa bahwa penggunaan day cream saja sudah cukup untuk menjaga kelembaban kulit wajah, maka ia tidak perlu lagi membutuhkan night cream sebagai kosmetik lanjutan di malam hari. Namun, apabila seseorang merasa kulit wajah menjadi lebih kering pada saat malam hari, maka ia memerlukan untuk menggunakan night cream sebagai alternative pencegahan.

Dapat juga digunakan sebagai pelembab

Ada beberapa hal yang perlu selalu kita ingat dalam memilih produk night cream, diantaranya adalah :

1. Pilihlah cream yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Tujuan penggunaan night cream salah satunya adalah untuk menambah atau mempertahankan kelembaban kulit wajah pada saat sedang tertidur. Jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, maka hal tersebut berarti kulit Anda memerlukan hidrasi yang kurang daripada jenis kulit kering.

2. Fokus pada tujuan

Seseorang yang memutuskan untuk menggunakan night cream maupun produk kosmetik lainnya tentu saja memiliki tujuan. Misalnya untuk menghilangkan jerawat, mengatasi kulit kering atau berminyak, mencegah penuaan dini, maupun tujuan kecantikan lainnya. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah fokus pada tujuan penggunaan, yaitu dengan jalan memilih produk night cream yang tepat sesuai dengan kondisi atau jenis kulit yang dimiliki.

3. Lakukan secara bertahap (sabar)

Penggunaan sebuah produk tentu saja tidak akan bisa memberikan efek yang diinginkan secara langsung. Hal itu juga berlaku pada penggunaan night cream, dimana penggunaannya tidak akan menunjukkan keajaiban hanya dalam waktu satu malam  saja. Perlu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu bagi night cream untuk dapat menunjukkan efek yang dihasilkan. Jadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah bersabar dan tetap menggunakannya secara rutin setiap malam.

4. Tetap mengatur pola tidur

Meskipun Anda rutin dalam menggunakan produk night cream setiap malamnya, namun apabila hal tersebut tidak disertai dengan istirahat yang cukup, maka hasilnyapun juga akan sama saja. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap menjaga kualitas tidur malam yaitu sekitar 8 jam perharinya untuk menjaga kesehatan maupun penampilan Anda nantinya.

Night Cream Bagi Wajah

Dari berbagai ulasan diatas, kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan dari night cream memiliki berbagai macam manfaat bagi kulit wajah, diantaranya adalah :

  1. Membantu memberikan nutrisi pada kulit wajah
  2. Membantu memulihkan stress yang terjadi pada kulit wajah
  3. Mengembalikan dan menjaga kelembaban kulit wajah yaitu dengan cara mendorong aktivitas sel kulit sehingga mampu memulihkan tingkat kelembaban pada kulit wajah.
  4. Mencegah terjadinya penuaan dini seperti kerutan, bintik-bintik hitam, maupun timbulnya garis-garis halus pada wajah.

Efek Samping Night Cream

Namun dibalik itu semua, penggunaan night cream juga dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi kulit wajah, seperti :

  1. Penggunaan night cream pada wanita hamil dapat mengganggu perkembangan janin dalam rahim. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan bahan-bahan kimia dalam produk night cream yang dapat terserap oleh pembuluh darah.
  2. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif penggunaan night cream yang mengandung bahan-bahan yang berat bisa menimbulkan alergi maupun iritasi pada wajah. Untuk itu sebaiknya Anda lebih memilih produk night cream yang berbahan ringan seperti asam polihidroksi.

Tips untuk menggunakan produk night cream

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk atau tissue.
  2. Oleskan produk night cream tipis dan merata ke seluruh permukaan wajah kecuali bagian mata, bibir, dan leher. Tunggu beberapa saat untuk memastikan produk tersebut telah meresap ke dalam kulit sehingga nantinya tidak akan menempel pada bantal.
  3. Bersihkan kembali wajah Anda dengan menggunakan facial wash sesaat setelah Anda bangun tidur keesokan harinya.

Semua wanita tentu ingin tampil cantik dan menawan. Berapapun usia mereka, mereka saling berlomba untuk mendapatkan kulit yang terlihat kencang, halus, dan terbebas dari tanda-tanda penuaan. Di era modern ini telah banyak sekali produk-produk yang menawarkan solusi untuk bagi mereka yang ingin tampil cantik dan juga menawan. Salah satunya adalah dengan semakin membanjirnya produk-produk seperti day cream, night cream, anti aging cream, eye cream, serta beragam produk kecantikan lainnya. Untuk itu kita harus lebih cermat dalam memilih produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran. Jangan sampai karena termakan janji-janji yang ditawarkan dalam kosmetik, justru akan menimbulkan efek yang tidak kita inginkan.

Baca juga :