15 Manfaat Daun Ubi Ungu Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Daun ubi ungu

Ubi ungu merupakan salah satu varian ubi jalar yang dikenal akan rasanya yang lezat dan warnanya yang mencolok. Selain lezat ada banyak manfaat ubi ungu bagi kesehatan sehingga bahan makanan ini cukup populer dan digemari oleh masyarakat. Ternyata tidak hanya umbinya saja, daun ubi ungu atau daun ubi jalar pada umumnya diketahui memiliki manfaat yang kalah penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan nutrisi yang lengkap pada daun ubi ungu diantaranya manfaat protein, kalsium, betakaroten, manfaat zat besi, karoten, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, vitamin B, dan manfaat vitamin K. Lalu apa saja manfaat daun ubi ungu untuk mendukung kesehatan manusia? Berikut penjelasannya:

1. Mengatasi bengkak

Pembengkakan dapat terjadi karena berbagai faktor seperti terjatuh atau terkena pukulan. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan ramuan dari daun ubi ungu yang dilumatkan dan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Herbal atau bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bengkak adalah manfaat daun dlingo dan manfaat batang kelor.

2. Mengobati demam berdarah dengue (DBD)

Daun ubi ungu diketahui juga dapat digunakan untuk mengobati DBD yang disebabkan oleh virus dengue dan disebarkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun ubi ungu 2 kali sehari secara rutin. Beberapa bahan alami lainnya yang juga dikenal sebagai obat DBD diantaranya manfaat angkak dan manfaat daun dewa.

3. Mencegah mabuk saat di perjalanan

Konsumsi daun ubi ungu juga bermanfaat untuk mencegah mabuk saat berkendara. Bagi anda yang memiliki masalah ini dapat mencoba mengunyah daun ubi ungu selama perjalanan untuk mencegah mabuk. Selain itu anda dapat pula menggunakan bahan alami lainnya seperti manfaat wedang ronde dan manfaat jahe putih.

4. Mengatasi mata rabun

Ramuan ubi ungu diketahui juga dapat membantu mengatasi kerabunan. Caranya dengan melumatkan sekitar satu genggam daun ubi ungu yang telah dicuci bersih hingga halus. Kemudian campur dengan air hangat dan madu masing-masing 3 sendok makan. Setelah itu peras ramuan tersebut dan airnya dapat langsung diminum. Dengan pemakaian teratur maka kerabunan yang diderita akan berangsur membaik.

5. Mengatasi bisul

Meskipun bisul merupakan masalah yang umum diderita dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya namun ada baiknya anda menggunakan daun ubi ungu untuk merawatnya agar lebih cepat membaik. Caranya sangat mudah, anda tinggal memanaskan sehelai daun ubi ungu dan kemudian tempelkan pada tempat tumbuhnya bisul. Bisul akan lebih cepat teratasi dan sembuh. Cara alami lainnya mengatasi bisul adalah dengan menggunakan manfaat buah kecubung atau manfaat bunga kertas.

6. Mengobati cacingan

Semua orang terutama anak-anak dapat terkena cacingan salah satunya akibat kurang menjaga kebersihan. Meskipun telah tersedia berbagai obat-obatan siap minum namun anda juga dapat menggunakan ramuan alami salah satunya dengan mengonsumsi air rebusan daun ubi ungu.

7. Mengatasi sakit tenggorokan

Manfaat daun ubi ungu juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Caranya sangat mudah. Anda tinggal menyeduh daun ubi ungu yang sudah dikeringkan dengan air panas dan kemudian setelah hangat dapat langsung diminum. Minuman alami lainnya yang juga dianjurkan untuk mengatasi gangguan kesehatan ini adalah manfaat wedang ronde dan manfaat minum air bunga mawar.

8. Mencegah diabetes

Daun ubi ungu juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi baik untuk pencegahan diabetes ataupun oleh orang yang sudah terkena diabetes. Beberapa bahan alami lainnya yang juga baik dan aman untuk pencegahan dan penderita diabetes adalah manfaat apel untuk diabetes dan manfaat daun mangga untuk diabetes.


9. Mengatasi sembelit

Daun ubi ungu juga kaya akan kandungan serat sehingga sangat baik untuk menyehatkan dan melancarkan pencernaan serta mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

10. Mengobatri peradangan pada lambung

Selain itu masalah pencernaan lainnya yang juga bisa diatasi dengan daun ubi ungu adalah radang pada lambung. Jika anda mengalami masalah kesehatan seperti ini maka konsumsi air rebusan daun ubi ungu dapat menjadi pilihan yang tepat selain manfaat temulawak untuk lambung dan beberapa bahan alami lainnya.

11. Menaikkan trombosit

Jika anda mengalami masalah dengan penurunan kadar trombosit dalam darah maka konsumsi air rebusan daun ubi ungu dapat menjadi salah satu langkah pengobatan yang tepat. Disamping itu anda disarankan pula untuk konsumsi makanan bergizi dan beristirahat dengan cukup agar kadar trombosit dalam darah kembali normal.

12. Mengobati bronkitis

Selain manfaat kefir dan manfaat kulit jeruk anda dapat pula menggunakan manfaat daun ubi ungu untuk mengatasi penyakit bronkitis yang menyerang bronkus yang merupakan saluran utama dari paru-paru. Penderita bronkitis dapat mengonsumsi daun ubi ungu atau meminum air rebusannya.

13. Memelihara kekebalan tubuh

Konsumsi daun ubi ungu juga berpengaruh positif untuk pertahanan tubuh dimana dapat memelihara kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri penyakit. Dengan kekebalan tubuh yang baik kesehatan tubuh akan lebih terlindungi dan tentunya membuat anda tidak mudah jatuh sakit.

14. Mencegah anemia

Selain manfaat tape singkong dan manfaat kurma untuk anemia anda dianjurkan pula mengonsumsi daun ubi ungu untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini didukung oleh kandungan zat besi yang terkandung pada daun ubi ungu yang dikenal sangat bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin.

15. Sebagai antioksidan

Daun ubi ungu juga mengandung senyawa polifenol yang merupakan senyawa antioksidan sehingga sel-sel tubuh terlindungi dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan penuaan dini.

Demikianlah beberapa manfaat daun ubi ungu yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu ada baiknya anda menyediakan daun ubi ungu di rumah sebagai persiapan untuk pengobatan alami. Anda juga dapat menanamnya di sekitar rumah sehingga kapanpun diperlukan dapat langsung digunakan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan