17 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun dari keji beling untuk menjaga kesehatan organ tubuh manusia masih harus terus dipublikasi dan dikaji lebih mendalam. Daun keji beling merupakan daun yang pasti sering anda jumpai di sekitar anda. Sayangnya, anda seringkali menganggap daun keji beling sebagai daun liar biasa yang tidak ada guna dan manfaatnya. Jika anda pernah menemui daun keji beling ini, memang daun ini tumbuh dengan cukup mudah di mana saja. Akan tetapi mudah tumbuh dan bertambah banyak tidak mengartikan daun keji beling ini tidak memiliki manfaat. Faktanya pada saat ini, daun keji beling merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu manusia dalam penyembuhan penyakitnya ataupun dalam upaya pencegahan penyakit.

Daun keji beling merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki nama latin Strobilanthes crispus sama dengan manfaat daun binahong. Penamaan daun keji beling ini pun berbeda-beda dalam masyarakat Indonesia. Secara umum, daun ini dikenal sebagai daun keji beling. Namun, di beberapa daerah khususnya di Jakarta daun ini dikenal dengan nama daun pecah beling. Masyarakat Betawi khususnya menyebut daun ini sebagai daun picah beling dalam bahasa daerah Betawi. Masyarakat Jawa lebih mengenal daun ini dengan nama daun keci beling atau sambang genting.

Kandungan Dalam Daun Keji Beling

Daun keji beling seperti yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan tumbuhan yang dapat ditemukan di mana saja. Tumbuhan ini mampu tumbuh di dataran manapun, baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Khususnya pada daerah yang beriklim tropis, daun keji beling ini sangat subur pertumbuhan dan perkembangannya.

Karena pertumbuhan dan perkembanganya yang mudah ditemukan oleh masyarakat, bahkan di sembarang tempat, tumbuhan ini sering dianggap sebagai tumbuhan liar. Keberadaan daun ini tidak dihiraukan padahal kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya sangatlah banyak dan mampu memiliki khasiat yang sangat mujarab bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa kandungan dalam daun keji beling yang perlu anda ketahui:

  • Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal juga dengan nama Thiamine. Vitamin ini sangatlah dibutuhkan dalam proses pemecahan lemak serta protein yang masuk ke dalam tubuh. Pemrosesan lemak dan protein yang dibutuhkan dengan tepat ini dapat menjadi senjata untuk menangkal beberapa ancaman penyakit akibat kekurangan tenaga, nutrisi, serta protein.

Artikel terkait:

  • Vitamin B2

Vitamin B2 atau dikenal juga sebagai Riboflavin merupakan salah satu dari manfaat serat dan jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini larut dalam air dan berperan penting dalam proses pembakaran lemak, karbohidrat, dan protein.

  • Vitamin C

Vitamin C atau yang memiliki nama kimia Asam Askorbat ini merupakan vitamin yang mampu menangkal berbagai macam penyebaran penyakit dalam tubuh. Konsumsi vitamin C oleh karena itu sangatlah dibutuhkan. Daun Keji Beling merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

  • Flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa kimia yang hanya dimiliki oleh tumbuhan. Daun keji beling adalah salah satunya. Tumbuhan ini memiliki flavonoid yang sangat bermanfaat untuk mencegah atau menanggulangi radikal bebas yang terjadi dalam tubuh manusia sama halnya dengan manfaat Apel.

  • Terpenoid

Terpenoid merupakan senyawa hidrokarbon yang hanya dihasilkan oleh tumbuhan dan beberapa kelompok hewan tertentu. Senyawa ini diketahui sangatlah bermanfaat dalam penyembuhan penyakit dengan khasiatnya yang sama dengan manfaat daun serai. Salah satu manfaat daun keji beling dalam kandungan terpenoidnya adalah sebagai antiseptic saat mengalami luka.

  • Fosfor

Fosfor adalah jenis mineral yang cukup langka keberadaannya. Padahal kebutuhan tubuh akan fosfor tidak dapat ditunda sedikit pun. Pada umumnya, fosfor dapat ditemukan dalam makanan seperti daging ataupun susu. Akan tetapi daun biji keeling sebagai sebuah tumbuhan juga memiliki kandungan fosfor. (baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Rambut dan Kulit)

  • Tannin

Tannin merupakan salah satu senyawa polifenol yang dapat dihasilkan oleh tumbuhan. Senyawa ini memiliki rasa yang pahit namun sangat bermanfaat bagi tubuh Lagi-lagi kandungan dalam daun keji beling ini mampu menangkal radikal bebas yang berkembang dalam tubuh, sehingga penyebaran sel kanker pun dapat dicegah.

  • Alkaloid

Alkaloid adalah senyawa basa yang mengandung nitrogen. Senyawa ini umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan, namun terdapat juga yang berasal dari hewan. Senyawa ini memiliki manfaat juga bagi kesehatan, yaitu untuk menaikkan atau menurunkan kerja sistem saraf, ataupun tekanan darah. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan konsumsi dari alkaloid pun harus ditentukan sesuai petunjuk dokter.  (baca juga: Manfaat Biji Pepaya)

  • Saponin

Saponin merupakan senyawa glikosida yang dapat ditemukan pada tumbuh-tumbuhan. Tentunya senyawa ini juga dapat ditemukan pada kandungan daun keji beling. Kandungan daun ini menyebabkan rasa pahit yang dihasilkan oleh saponin.

  • Glikosida

Glikosida adalah senyawa yang menghasilkan gula sebagai produknya. Senyawa ini banyak ditemukan di alam khususnya pada tumbuhan. Glikosida juga mampu menghasilkan bukan gula dari produk hidrolisisnya. (baca juga: Manfaat Daun Salam)

  • Asam Silikat

Asam silikat adalah salah satu turunan dari asam monosakarida. Asam ini memiliki manfaat khususnya dalam industry kosmetik dan kecantikan. Asam silikat terkandung dalam daun keji beling, sehingga manfaat daun keji beling salah satunya juga terdapat pada bidang kecantikan dan perawatan kulit.

Artikel terkait:

  • Kafein

Kafein pada daun keji beling tidak terlalu banyak jumlahnya. Akan tetapi kandungan kafein ini dapat memberikan manfaat yang sama baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Khususnya kafein bermanfaat untuk proses penghancuran lemak dan peningkatan kinerja dan performa fisik sehari-hari.

  • Kalium

Kalium adalah mineral yang dibutuhkan dalam tubuh untuk menjalankan fungsi listrik. Kandungan kalium dapat juga ditemukan dalam daun keji beling. Daun keji beling yang mengandung kalium bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kinerja jantung, membantu proses pencernaan, dan meningkatkan fungsi kerja otot.

  • Kalsium

Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga stabilitas proses metabolisme. Itulah sebabnya makanan yang mengandung kalsium sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh manusia. Daun keji beling adalah salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

  • Natrium

Natrium adalah juga jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan dimiliki oleh daun keji beling. (baca juga: Manfaat Lacto B)

Manfaat Daun Dari Keji Beling untuk Kesehatan Tubuh


Seperti yang telah disebutkan di bagian sebelumnya, ternyata daun keji beling yang tumbuh liar ini sangat kaya akan kandungan nutrisi juga mineral. Kandungannya yang bermacam-macam ini tentu sangat menarik untuk diketahui apa sajakah manfaatnya untuk tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari daun beji keeling untuk kesehatan tubuh, berdasarkan dari kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya:

  1. Melancarkan Proses Buang Air Kecil (BAK).
  2. Membantu Pemulihan Penyakit Batu Ginjal.
  3. Membantu Pemulihan Penyakit Kencing Batu.
  4. Melancarkan Proses Buang Air Besar (BAB).
  5. Mencegah Terjadi Sembelit/ Ambeien.
  6. Membantu Pemulihan Penyakit Wasir.
  7. Membantu Pemulihan Penyakit Sembelit.
  8. Membantu Pemulihan Penyakit Diare.
  9. Membantu Pemulihan Penyakit Disentri.
  10. Mencegah Terjadi Diabetes.
  11. Membantu Pemulihan Penyakit Diabetes.
  12. Mencegah Tumbuh Tumor.
  13. Mencegah Terjadi Kolesterol Tinggi.
  14. Membantu Pemulihan Penyakit Lever.
  15. Membantu Pemulihan Penyakit Maag.
  16. Menjaga Kesehatan Lambung dan Pencernaan Keseluruhan.
  17. Mencegah Terjadi Alergi Kulit.

Beberapa manfaat daun keji beling di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa daun keji beling sangat bermanfaat untuk kesehatan khususnya kesehatan pencernaan dan sistem eskresi manusia. Konsumsi daun keji beling dapat melancarkan proses pembuangan limbah air kecil maupun air besar, dan beberapa penyakit berkaitan lainnya.

Daun keji beling yang merupakan tumbuhan yang memiliki banyak kandungan nutrisi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama proses pencernaan. Selain itu, struktur daun pun sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pengobatan dinding lambung yang luka dan infeksi. Sayangnya informasi mengenai manfaat daun dari keji beling ini kurang diketahui masyarakat. Padahal daun keji beling mudah didapatkan di sekitar kita bahkan gratis harganya.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai manfaat daun dari keji beling. Semoga anda dapat memanfaatkan daun ini untuk kebutuhan penyembuhan penyakit anda secara alamiah. Sehingga selanjutnya daun keji beling tidak dianggap lagi sebagai daun liar, melainkan diketahui manfaatnya oleh masyarakat luas. Penyembuhan dengan menggunakan bahan-bahan alami ini tentunya aman dan lebih murah dari segi biaya dibandingkan perawatan dengan menghabiskan uang banyak lainnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 03:25 Oleh :
Kategori : Tumbuhan