19 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang bukan hanya menjadi makanan kesukaan penduduk negara kita melainkan seluruh penduduk dunia juga menggemarinya. Telur dapat dimasak sesuai dengan selera mulai dari dengan cara direbus, digoreng atau bahkan dibuat telur sambal balado. Beragam makanan dari telur tersebut memiliki rasa yang enak dan yang pasti mampu membuat banyak orang ketagihan. Bagi beberapa orang termasuk di dalamnya adalah para binaragawan, banyak dari mereka yang gemar mengonsumsi telur secara langsung tanpa terlebih dahulu mengolahnya.

Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, terutama dalam hal nutrisi, telur disebut sebagai super food atau makanan super. Telur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak sekali nutrisi dimana salah satunya adalah sebagai sumber protein sehingga bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak, pembentukan otot serta beragam manfaat yang lain.

Dalam mengonsumsi telur sebaiknya anda tidak memilih-milihnya karena entah bagian kuning telur atau putih telur, keduanya memiliki banyak kandungan yang nyatanya memiliki manfaat masing- masing bagi kesehatan. Terutama pada bagian putih telurnya, putih telur memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi tidak hanya baik untuk kesehatan melainkan juga dapat digunakan untuk menunjang kecantikan. Putih telur dapat dijadikan sebagai masker untuk wajah yang berperan sebagai pengencang sekaligus membuat wajah menjadi tampak lebih cerah.

1. Kaya akan protein : Baca : Manfaat Protein

Manfaat telur yang pertama adalah kandungan protein yang sangat penting bagi tubuh. Telur mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan pembentuk utama pada tubuh kita yang memiliki banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat. Dalam sebutir telur, terdapat protein sekitar 6,5 gram. Selain itu di dalam sebutir telur juga mengandung asam amino. Di dalam telur ada setidaknya 9 jenis dari asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Kita hanya bisa mendapatkan ke sembilan jenis asam amino tersebut dari makanan yang dikonsumsi.

2. Bagus untuk kesehatan mata

Salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan ketajaman mata serta kesehatan mata menurun. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat membuat seseorang beresiko terkena gangguan mata seperti halnya penyakit degenerasi makula serta katarak. Bukan hanya vitamin A, namun telur juga mengandung Zeaxanthin serta Lutein yang merupakan dua antioksidan yang bagus untuk mata.

Kedua antikosidan yaitu Lutein dan Zeaxanthin tersebut biasanya terkumpul pada area retina yang bertugas untuk melindungi dari beragam jenis bahaya. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua, melainkan semua orang membutuhkan kedua jenis antioksidan ini. Hebatnya lagi telur telah digunakan dalam pengobatan mata seperti katarak. Semakin hari kesehatan serta ketajaman mata dapat berkurang karena berbagai alasan. Untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknya anda secara rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A yang dapat menjaga mata anda secara lebih baik.

3. Mengandung beberapa jenis vitamin B dan sumber folat

Bagian putih telur merupakan sumber ribllflavin serta selenium dan vitamin esential seperti kolin, niasin betain, B12 serta folat. Vitamin esential yang berupa folat ini bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Tidak hanya itu namun folat juga bagus digunakan dalam membantu perkembangan otak janin, mengurangi resiko bayi terlahir secara prematur, mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan lain-lain. Kandungan kolin pada telur bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan sel tubuh yang sehat.

Di dalam telur mengandung kolin yang nyatanya menjadi salah satu jenis nutrisi yang tidak didapatkan secara cukup dalam kehidupan sehari- hari. Namun di dalam sebutir telur,  anda dapat memperoleh kandungan nutrisi kolin sekitar 100 miligram. Bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil, harus tahu mengenai kehebatan kolin dan berusaha untuk mencukupinya bagi kesehatan serta perkembangan otak anak-anak. Kolin menjadi salah satu jenis nutrisi yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bukan hanya bagus untuk otak, namun kolin juga berperan dalam membantu dalam membangun membran sel serta memproduksi molekul sinyal pada otak serta mempebaiki fungsi daya ingat otak dan lain-lain.

Mengonsumsi sebutir telur secara rutin perhari dapat digunakan untuk mencukupi 28% kebutuhan kolin bagi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi kolin secara rutin semasa kehamilan serta menyusui agar nutrisi yang baik untuk otak tersebut dapat sampai pada anak.

4. Memiliki banyak kandungan nutrisi

Dalam sebutir telur dapat ditemukan banyak sekali jenis nutrisi yang berperan baik dalam kesehatan. Beragam jenis nutrisi baik yang dapat ditemukan dalam sebutir telur mulai dari:

  • Zat besi
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Seng (zync)
  • Mineral

Beragam vitamin dan mineral dalam telur memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

5. Tidak membuat kolesterol meningkat

Manfaat telur juga dapat meningkatkan kolesterol baik, namun tidak berbahaya. Pada tahun 90an, telur menjadi salah satu makanan yang dianggap buruk bagi kesehatan karena dianggap mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Pernyataan bahwa telur memang mengandung kolesterol yang tinggi tersebut memang benar dan telah diuji melalui penelitian. Dalam sebutir telur terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 210 mg. Hal yang harus diluruskan disini adalah ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, tidak serta merta membuat kolesterol dalam tubuh kita meningkat.

Liver merupakan organ dalam tubuh yang memproduksi liver dengan jumlah besar pada tiap harinya. Namun ketika yang kita konsumsi adalah telur maka liver hanya akan memproduksi kolesterol dengan jumlah sedikit. Jika kolesterol dalam tubuh anda cukup tinggi dan ragu-ragu boleh tidaknya mengonsumsi telur, maka anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu.

6. Telur dapat meningkatkan level HDL

HDL atau High Density Lipoprotein yang merupakan kolesterol baik di dalam tubuh. Orang yang memiliki HDL lebih tinggi berarti memiliki resiko terkena stroke, penyakit jantung serta berbagai gangguan kesehatan lain yang lebih rendah. Telur merupakan salah satu asupan baik yang dapat meningkatkan level HDL di dalam tubuh. Pada sebuah penelitian, disebutkan jika mengonsumsi telur sebanyak 2 butir setiap hari, mampu meningkatkan level HDL anda sebanyak 10 di dalam tubuh.

7. Membantu program diet anda

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih tentu ingin sekali sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya. Dalam hal ini diet sehat merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak bagi kesehatan. Dalam menurunkan berat badan, mengonsumsi telur merupakan salah satu solusi bagi  penurunana berat badan anda.

Telur memiliki banyak kandungan protein yang dapat membuat perut terasa kenyang. Dengan kondisi perut terasa kenyang tersebut, kita akan terhindar dari rasa ingin makan berlebih sehingga dengan sendirinya mampu mengurangi berat badan anda. Untuk mendapat gizi serta nutrisi yang lebih sehat lagi, anda dapat mengkombinasikan telur dengan asupan yang lain seperti gandum utuh, telur serta sayur dan berbagai menu sehat yang lain.

8. Bagus untuk kesehatan tulang

Sehat tidaknya tulang menjadi penentu lancar tidaknya aktivitas harian yang akan anda lakukan.  Telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengereposan tulang jika dipadu dengan makanan dengan sumber sumber kalsium.

9. Bagus untuk rambut dan kuku

Telur merupakan salah satu asupan yang baik bagi kesehatan rambut serta kuku anda. Hal ini dkarenakan telur memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, vitamin E, asam amino serta mineral. Rambut dan kuku dapat digunakan untuk menggambarkan kecukupan nutrisi serta ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh. Beragam asupan seperti vitamin A, vitamin B12, sulfur dapat anda dapatkan dari telur yang bagus bagi kesehatan rambut. Dengan mengonsumsi berbagai jenis asupan bagus tersebut rambut anda akan menjadi lebih kuat dan sehat dan yang pasti tidak mudah mengalami gangguan rambut.

10. Pembentukan otot

Di dalam telur mengandung protein cukup tinggi yang dapat digunakan dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Tidak heran jika hingga kini telur banyak digemari para binaragawan mengingat dengan kandungan proteinnya yang tinggi tersebut dapat digunakan untuk membentuk otot tubuh mereka agar lebih baik.

11. Kekebalan tubuh

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tentu penyakit tidak mudah mendekat dan menyerang kesehatan tubuh anda. Telur mengandung selenium yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi beragam makanan sehat serta rajin melakukan olahraga.

12. Baik untuk pasien kemoterapi

Bagian telur yang berwarna putih sangat disarankan bagi pasien yang tengah menjalani kemoterapi serta pasien dengan gangguan ginjal. Kehebatan lain dari putih telur adalah ketika tahun pertengahan bagian telur yang bewarna putih tersebut digunakan sebagai obat untuk luka serta penderita tulang.

13. Masker wajah

Bukan hanya alpukat dan tomat, namun masker wajah dapat pula dibuat dari telur dengan menggunakan bagian putihnya. Masker wajah dari telur memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta kecantikan wajah seperti mengenyalkan serta membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

14. Rendah kalori

Makanan yang rendah kalori merupakan jenis makanan yang berperan dalam menjaga keseimbangan berat badan. Telur mengandung banyak sekali protein namun rendah kalori. Mengonsumsi telur dapat membuat perut terasa kenyang sehingga keinginan untuk makan menjadi berkurang dan dengan begitu berat badan dapat diatur.

15. Bebas lemak

Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko terkena kolesterol tinggi serta serangan jantung. USDA melaporkan jika di dalam telur terbebas dari  lemak termasuk di dalamnya lemak jenuh. Pada putih telur tidak terdapat lemak sama sekali berbeda dengan pada kuning telurnya. Bukan hanya lemak tak jenuh namun putih telur memiliki sejumlah nutrisi hebat lainnya seperti:

  • 6,6 mcg selenium
  • 1,3 mcg folat
  • 2,3 mg kalsium
  • 4,9 mg fosfor
  • 3,6 mg magnesium

16. Sebagai sumber tenaga

Sumber tenaga tidak hanya didapatkan dari makanan pokok seperti nasi atau ubi karena ternyata sebagai lauk pauk, telur juga dapat digunakan sebagai sumber energi harian kita. Mengonsumsi telur membantu anda untuk mendapatkan energi yang berperan dalam aktivitas anda sehari-hari. Telur mengandung protein yang dapat membantu anda meningkatkan energi anda.

Manfaat Putih Telur Bagi Kecantikan

Kecantikan merupakan aset berharga bagi setiap wanita. Untuk bisa membuat kecantikan menjadi lebih menarik serta dapat mencerahkan kulit, anda bisa menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan dalam mempercantik wajah anda untuk dibuat masker wajah. Masker wajah yang terbuat dari putih telur bukan hanya bagus untuk mengencangkan kulit, memutihkan kulit namun juga dapat digunakan untuk menghindari penuaan dini. Berikut ini merupakan peran telur dalam kecantikan kulit wajah serta rambut seperti:

17. Dapat mempersehat kulit

Manfaat telur bagi kecantikan adalah untuk sumber dalam mempersehat kulit. Di dalam telur terkandung zat baik yang bernama asam amino yang berperan dalam mengurangi terjadinya peradangan pada kulit. Zat tersebut bagus untuk menghindari atau mengatasi terjadinya iritasi yang bisa muncul pada kulit akibat alergi atau mungkin karena debu. Untuk mengatasi kulit yang iritasi tersebut anda bisa menggunakan putih telur dan menggunakannya ketika mandi. Anda dapat mengusapkannya pada kulit yang iritasi secara perlahan. Penggunaan putih telur tersebut dapat membuat kulit anda kembali sembuh dan sehat.

18. Mencerahkan kulit

Protein di dalam telur dapat digunakan untuk membantu regenerasi pada sel kulit yang telah mati. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menjadikan putih telur sebagai masker wajah. Gunakan secara teratur supaya hasil yang anda inginkan lekas terwujud. Penggunaan putih telur dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain menggunakan masker dari putih telur, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun serta jeruk nipis untuk membuat wajah menjadi lebih cerah. Dalam mencerahkan kulit wajah, anda dapat menggunakan madu serta tomat untuk membuat wajah semakin cerah.

Selain bagus untuk mencerahkan wajah penggunaan putih telur juga dapat digunakan sebagai masker untuk mencerahkan wajah serta mengatasi jerawat.

19. Merawat rambut

Rambut disebut- sebut sebagai mahkotanya para wanita. Semakin indah rambut anda tentu kepercayaan diri semakin bertambah pula. Namun sebaliknya ketika rambut anda kurang sehat akibat kurang nutrisi maka tingkat percaya diri terutama saat berada di depan banyak orang bisa menurun. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan putih telur sebagai salah satu cara dalam merawat rambut anda. Dalam menggunakan putih telur ini anda dapat menggunakannya seperti hair tonic. Caranya adalah dengan menyiapkan putih telur yang sebelumnya telah dicampur menggunakan air lalu gunakan pada rambut anda. Selain menggunakan telur, anda juga dapat memanfaatkan jenis produk alam yag lain seperti seledri, kemiri serta lidah buaya.

Efek Samping Mengonsumsi Telur

Bukan hanya bermanfaat bagi tubuh namun terkadang bagi sebagian orang mengonsumsi telur dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti alergi. Dalam hal ini sebenarnya bukan telurnya yang menjadi sumber alergi melainkan karena terdapatnya albumin pada bagian putih telurnya. Alergi ini banyak terjadi pada anak-anak atau mereka yang masih balita. Reaksi dari makanan telur ini dapat dirasakan beberapa menit atau beberapa jam setelah mereka mengonsumsi telur. Gejalanya cukup berbeda antara satu dengan yang lain seperti gatal-gatal pada kulit, kulit yang membengkak, mual dan muntah, gatal-gatal dan berarir, batuk dan mengi dan lain-lain. Untuk beberapa anak, gejala dari makan telur juga dapat menyebabkan datangnya asma. Gejala dari mengonsumsi telur tersebut, bisa berlangsung kurang dari satu hari.

Bukan hanya asma atau mungkin sekedar kulit gatal-gatal, namun ada juga beberapa gejala yang lebih parah seperti terjadinya pembengkakan pada tenggorokan serta saluran udara, tekanan darah yang menurun secara tiba-tiba, pusing hingga hilangnya kesadaran seseorang.

Bukan hanya menimbulkan efek alergi bagi beberapa orang tertentu, namun juga harus diperhatikan bagi anda yang tengah berdiet. Di dalam telur terdapat kandungan natrium yang agak tinggi sehingga bagi anda yang tengah menjalani diet khusus yang mengharuskan anda mengurangi asupan sodium. Dalam hal ini sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli anda. Kandungan natrium yang tinggi juga bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Jenis Telur Yang Dapat Dikonsumsi

Berbicara mengenai telur tentu banyak yang mengacu pada telur ayam. Padahal di luar ada banyak sekali jenis telur yang lain yang bisa dikonsumsi dan memiliki kandungan yang sama baiknya dengan telur ayam. Berikut ini merupakan beberapa jenis telur yang dapat dikonsumsi seperti:

  1. Telur ayam

Telur ayam yang berwarna putih ataupun coklat merupakan jenis telur yang boleh dikonsumsi. Telur ayam berwarna putih memiliki banyak sekali kandungan baik bagi tubuh seperti seng, kalsium serta protein. Untuk telur coklat, telur ini memiliki kandungan baik bagi kesehatan sama seperti telur berwarna putih hanya saja telur coklat diproduksi oleh ayam coklat atau ayam merah. Telur ayam mudah dijumpai di mana saja karena banyak yang menjual dan menternak ayam.

  1. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur dengan bentuk bulat dan ukuran kecil yang terkadang disertai dengan bintik-bintik bewarna hitam atau coklat. Telur ini dihasilkan oleh burung puyuh yang memiliki banyak kandungan vitamin B. Sama seperti telur ayam, telur puyuh dapat dijumpai dengan mudah di mana-mana sehingga dapat dengan mudah ditemukan.

  1. Telur bebek

Telur bebek memiliki warna putih seperti telur ayam. Hanya saja telur bebek memiliki bentuk lekukan yang agak datar. Telur bebek banyak mengandung vitamin B kompleks. Telur bebek merupakan jenis telur yang banyak dijadikan sebagai telur asin yang diolah dengan cara merendamnya pada garam.

  1. Kaviar

Kaviar merupakan telur ikan yang diberi pengawet serta garam. Kaviar mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kaviar tidak hanya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi serta dijual dengan harga yang mahal.

  1. Telur ayam kate

Telur ayam kate memiliki bentuk yang mirip dengan telur ayam pada umumnya yang membedakannya adalah ukurannya yang lebih kecil. Dibandingkan dengan jenis telur ayam yang lain, telur kate memiliki lebih banyak kandungan zat besi di dalamnya. Telur ayam kate merupakan makanan yang banyak direkomendasikan bagi para wanita.

  1. Telur kalkun

Telur ini banyak digemari terutama pada negara yang memiliki banyak ternak kalkun. Telur dari kalkun ini memiliki banyak kandungan kalsium RDA. Kalsium ini merupakan jenis kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

  1. telur hisa

Jenis telur ini begitu populer di negara India. Cara mengolahnya bisa digoreng menggunakan adonan atau bisa dimakan sebagai camilan. Telur hisa memiliki kandungan yang begitu baik bagi kesehatan yaitu Omega-3. Telur hisa bagus untuk kesehatan ibu yang tengah hamil.

  1. Telur angsa

Telur angsa memiliki rasa yang mirip dengan telur ayam hanya saja teur ini memiliki bentuk yang lebih besar serta lebih banyak mengandung protein.

Ada banyak sekali jenis telur yang dapat dikonsumsi di sekitar kita yang dapat meningkatkan kesehatan sekaligus sebagai lauk pauk yang dimakan untuk kepentingan mengenyangkan perut.

Oleh :
Kategori : Makanan