12 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

Bunga sepatu merupakan jenis bunga yang sering kita jumpai di negara tropis dan subtropis. Keindahan bunga dan beragam manfaat didalamnya menjadikan bunga sepatu sebagai bunga yang istimewa. Bunga sepatu atau bunga yang memiliki nama latin Hibiscus Rosa Sinensis L ini merupakan tanaman semak yang berasal dari kawasan Asia bagian timur. Pada umumnya tampilan atau bentuk dari bunga sepatu mempunyai kelopak berwarna merah, orange, serta putih.

Jika bunga ini dicium maka bau atau aromanya tidak akan terlalu menyengat bahkan cenderung samar seperti tidak berbau sama halnya dengan aroma yang dimiliki oleh bunga kamboja. Meskipun begitu, manfaat bunga sepatu sangat beragam mulai dari segi kesehatan maupun nilai estetika didalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat didalam bunga sepatu sangat baik dalam menunjang kesehatan tubuh manusia. Nutrisi yang terkandung pada bunga sepatu merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Pemanfaatan bunga sepatu ini dapat mencangkup pada hampir keseluruhan bagian bunga sepatu mulai dari daun, bunga, dan kelopak bunga.

Kelopak bunga ini sendiri merupakan bagian yang paling mempunyai manfaat dan khasiat dalam dunia medis. Berikut kandungan yang terdapat pada kelopak bunga sepatu :

  1. Gossy peptin anthocyanin (melancarkan peredaran darah)
  2. Glucoside hibiscin (mencegah hipertensi dan tonik)
  3. Asam Amino (membantu proses peremajaan kulit) Vitamin A
  4. Vitamin C
  5. Protein
  6. Kalsium

Beberapa kandungan zat diatas tentunya merupakan zar yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat bung sepatu, berikut penjabarannya :

1. Mampu Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada bunga sepatu dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena mendatangkan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Dampak dari radikal bebas ini hanya dapat dicegah dengan antioksidan yang cukup. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga mencegah tubuh terserang flu dan malaria.

Selain bunga sepatu, masih banyak lagi jenis bunga lainnya yang mampu menangkal radikal bebas yaitu :

2. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Nutrisi yang terkandung didalam daun bunga sepatu dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh kebal terhadap serangan virus penyebab infeksi. Infeksi ini biasanya berupa infeksi saluran bernafasan, asma, bronkhitis dan batuk rejan. Hal ini karena kandungan nutrisi berupa vitamin C, mineral, dan antioksidan yang tinggi pada daun bunga sepatu. (baca : manfaat daun bunga sepatu)

Selain daun bunga sepatu, masih banyak lagi jenis daun bunga yang dapat melindungi tubuh dari infeksi yaitu :

3. Daun Bunga Sepatu Mampu Mengatasi Sariawan

Selain kelopak bunga sepatu yang bisa dimanfaatkan dalam mengatasi gejala atau gangguan kesehatan, daun bunga sepatu ini juga mempunyai kandungan yang kaya akan manfaat. Caranya yakni siapkan air daun bunga sepatu untuk berkumur dan digunakan secara teratur hingga dapat mengurangi rasa sakit pada sariawan yang semakin lama akan sariawan akan hilang dengan sendirinya.

Selain daun bunga sepatu, masih banyak lagi jenis bunga yang mampu mengatasi sariawan yaitu :

4. Menstabilkan Tekanan Darah dan Kolesterol Jahat

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tentunya sangat memperhatikan kestabilan dari tekanan darah secara berkala. Hal ini tentunya supaya terhindar dari gejala lain yang dapat muncul seperti serangan jantung akibat tekanan darah yang tidak normal. Selain itu, penggunaan daun bunga sepatu juga dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

Selain bunga sepatu, masih banyak jenis tanaman lainnya yang dapat menstabilkan tekanan darah dan kolestrol jahat :

5. Mengontrol Kelenjar Tiroid

Gangguan kesehatan yang menyerang leher biasanya merupakan akibat dari pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid pada leher bagian bawah. Gejala kesehatan leher ini dikenal sebagai penyakit gondok. Penyakit gondok ditandai dengan tidak nyamannya bagian bawah leher dan terasa mengganjal akibat benjolan yang membesar. Air rebusannya dapat diminum sedangkan pasta dari bunga sepatu ini dapat dioleskan dibagian luar leher.

Selain bunga sepatu, masih banyak lagi jenis tanaman yang dapat mengontrol kelenjer tiroid yaitu :

6. Mampu Mengatasi Penyakit Gonorrhea

Penyakit Gonorrhea ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya nanah pada urin yang dikeluarkan ketika buang air kecil. Masyarakat pada umumnya menyebut gejala ini dengan kencing nanah. Penggunaan bunga sepatu sebagai obat dapat dilakukan dengan cara merebus selama 15-20 menit lalu biarkan hingga dingin dan berembun. Setelah proses tersebut dilalui maka air rebusan siap untuk diminum sebagai obat.

Selain bunga sepatu, masih banyak lagi jenis tanaman yang mampu mengatasi penyakit gonorrhea yaitu :

7. Mampu Membantu Proses Detoksifikasi

Racun yang terlanjur masuk kedalam tubuh manusia perlu dikeluarkan melalui proses detoksifikasi. Daun dan akar dari bunga sepatu ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun tersebut dapat keluar melalui keringat dan urin.

Selain bunga sepatu, banyak cara lain yang mampu membantu proses detoksifikasi yaitu :

8. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan yang terdapat pada daun bunga sepatu dapat menguatkan akar rambut jika digunakan secara berkala. Caranya cukup mudah yakni mengambil lendir daun bunga sepatu untuk dijadikan masker rambut. Masker ini nantinya dibalurkan dirambut kepala atau digunakan untuk keramas.

Selain bunga sepatu, masih banyak cara lain untuk mencegah kerontokan rambut yaitu :

9. Mengatasi Menstruasi

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi biasanya akan terkena gejala menstruasi atau yang biasa dikenal dengan Premenstrual Syndrome. Bunga sepatu yang diolah menjadi teh bisa meredakan gejala menstruasi karena kandungan di dalam bunga dapat membuat tubuh rileks dan semakin berenergi.

Selain bunga sepatu, masih banyak cara lain untuk mengatasi menstruasi yaitu :

10. Mampu Mengatasi Obesitas

Obesitas merupakan gejala gangguan kesehatan yang ditandai dengan naiknya berat badan secara berlebih dan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Rebusan bunga sepatu dalam bentuk teh yang rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kadar lemak dan kalori didalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Selain bunga sepatu, masih banyak jenis tanaman lainnya yang mampu mengatasi obesitas yaitu :

11. Menjaga Kecantikan Kulit

Kulit cantik merupakan kulit sehat yang bebas dari segala macam permasalahan kulit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Kandungan minyak yang terdapat pada lendir daun bunga sepatu dapat mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan bagian luar kulit. Kandungan inflamasi didalamnya juga dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah dan menjaga keremajaan kulit.

Selain bunga sepatu, masih banyak cara lain untuk menjaga kecantikan kulit yaitu :

12. Mampu Atasi Uban

Ketika menginjak usia tertentu, rambut akan beruban dan membuat rambut berwarna putih. Hal ini tentu menurunkan kepercayaan diri bukan? Faktor lain dari memutihnya rambut juga tidak hanya berasal dari usia semata, namun pengggunaan bahan kimia tertentu pada rambut juga diindikasi sebagai penyebab memutihnya rambut. Kelopak bunga sepatu ini mengandung zat alami yang dapat membuat rambut berkilau serta memperbaiki rambut yang rusak.

Selain bunga sepatu, masih banyak cara lain yang mampu atasi uban yaitu :

Informasi Lain Mengenai Bunga Sepatu

Selain bunga sepatu memiliki banyak manfaat bagi manusia dan untuk menjaga kesehatan, bunga sepatu memiliki infromasi lain yang tidak banyak anda ketahui mengenai bunga sepatu yang akan menambah wawasan kita untuk bisa mengetahui lebih jauh mengenai bunga sepatu.

Berikut adalah informasi lain mengenai bunga sepatu : 


1. Ciri – Ciri Morfologi Bunga Sepatu

Pada umumnya, Bunga sepatu mempunyai lima helai kelopak yang dilapisi oleh epicalyx atau biasa disebut dengan kelopak tambahan. Hal ini menyebabkan bunga sepatu terlihat seperti bunga yang mempunyai dua lapis kelopak.Pada jenis bunga sepatu hibrida bisa saja mempunyai lebih dari lima kelopak. Tumbuhan bunga sepatu ini merupakan jenis tumbuhan yang tidak menghasilkan buah. Untuk mengetahui karakteristik dari bunga ini, berikut ciri – ciri morfologinya :

  1. Bunga sepatu mempunyai tangkai putik dengan bentuk silinder dan memanjang dimana tangkai tersebut dikelilingi oleh tangkai sari.
  2. Tangkai sari yang mengelilingi tangkai putik biasanya mempunyai bentuk oval dan berserbuk.
  3. Bunga sepatu mempunyai biji bunga yang terdapat didalam buah bunga yang berbentuk kapsul.
  4. Bunga sepatu merupakan tanaman yang dapat tumbuh dari 2 – 5 meter tingginya.
  5. Bunga sepatu mempunyai daun dengan bentuk bulat agak lonjong yang menyempit pada bagian ujung daun sehingga terlihat meruncing.
  6. Bunga sepatu dapat berbunga sepanjang tahun jika berada didaerah tropis sedangkan pada daerah sub tropis, bunga sepatu akan berbunga dari musim panas sampai musim gugur.
  7. Bunga sepatu mempunyai bentuk yang mirip seperti terompet dengan diameter 6 -20 cm dan dapat mekar menghadap ke beberapa arah.
  8. Putik atau pistillum bunga sepatu akan menjulur menuju luar dari dasar bunga.
  9. Bunga sepatu merupakan jenis tanaman hias yang dapat dikembangbiakan melalui stek, pencangkokan dan penempelan.


2. Klasifikasi Bunga Sepatu

Bunga sepatu merupakan jenis tanaman hias yang digunakan sebagai pagar hidup dihalaman atau pekarangan rumah. Bunga sepatu yang mempunyai warna mencolok dapat menyegarkan pandangan dan membuat area sekitar rumah menjadi lebih indah. Untuk mengenal lebih dalam mengenai bunga sepatu ini, berikut klasifikasinya :

Kerajaan atau Kingdom          : Plantae
Divisi                                       : Magnoliophyta
Kelas                                       : Magnoliopsida
Ordo                                        : Malvales
Famili                                      : Malvaceae
Genus                                      : Hibiscus
Spesies                                    : Hibiscus rosa-sinensis


3. Nama dan Sebutan Lain Bunga Sepatu Berdasarkan Daerah

Bunga sepatu atau Hibiscus Rosa Sinensis L ini mempunyai nama dan sebutan yang berbeda pada tiap daerah diseluruh indonesia. Di malaysia, bunga sepatu dikenal dengan sebutan bunga raya sedangkan di jepang bunga ini dikenal dengan sebutan yang lebih cantik yakni Gushonu Hana. Perbedaan ini tentunya hanya pada nama dan sebutan sedangkan mengani rupa atau bentuk dan ciri-ciri morfologinya tetap sama. Akan tetapi untuk menambah wawasan mengenai bunga sepatu ini, berikut nama dan sebutan lain berdasarkan daerah :

  • Nias                         : Soma – Soma
  • Aceh                        : Bungong Raya
  • Mentawai               : Bakeyun
  • Batak                      : Bunga – Bunga
  • Sunda                     : Kembang Wera
  • Bali                          : Waribang
  • Jawa                       : Kembang Sepatu
  • Jakarta                   : Uribang
  • Madura                   : Bunga Rebhang
  • Nusa Tenggara      : Pucuk
  • Timor                      : Bunga Capatu
  • Sulawesi Utara       : Wuhanga, Bungaha, Kuyanga, Palangan, dan Kuranga
  • Gorontalo                : Ulango
  • Makasar                  :Bunga Bisu dan Bunga Capatu
  • Maluku                    : Fua – Fua
  • Halmahera Utara  : Ubo – Ubo
  • Papua                      : Dioh, Gerasa, dan Kando


Didalam artikel ini telah dijelaskan mengenai manfaat bunga sepatu dari berbagai segi. Bunga yang mempunyai nama ilmiah Hibiscus Rosa Sinensis L ini merupakan bunga yang dapat hidup diwilayah tropis dan dapat berbunga sepanjang tahun. Beragam kandungan didalam kelopak bunga maupun daun dari bunga sepatu ini sangat beragam dan kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Namun penggunaan bunga sepatu sebagai obat tradisional tentunya memerlukan ketelatenanan atau berkala dalam prosesnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan