5 Manfaat Pohon Rambung Merah untuk Kesehatan

Pohon rambung merah memiliki nama latin ficu elastica roseb. Pohon ini memiliki rasa yang peds dengan sifat yang netral sebagai salah satu ciri khasnya. Adapun ciri – ciri yang dimiliki oleh pohon rambung merah ini adalah tinggi batang pohon dapat mencapai sekitar 20 sampai dengan 30 meter. Dan untuk batang kayunya sendiri memiliki warna coklat tua. Untuk jenis dahannya pohon rambung merah ini tergolong kedalam pohon yang rindang sekali.

Daun yang dimiliki oleh pohon rambung merah ini berwarna hijau tua sedangkan untuk tunasnya sendiri memiliki warna kemerah – merahan. Disamping itu ternyata pohon rambung merah memiliki beragam manfaat khususnya dalam bidang kesehatan. Daun dari pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu minuman herbal karena terbukti mampu menjaga kesehatan secara alami tanpa efek samping. Nah, berikut ini manfaat pohon rambung merah untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

1.Melancarkan peredaran darah

Manfaat pohon rambung merah yang pertama adalah untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar membuat kita tampak sehat dan bugar sepanjang hari. Peredaran darah dapat saja mengalami masalah seperti tidak lancar akibat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Ini biasanya sering ditemui para orang tua, penderita obesitas dan jarang melakukan olahraga. Adapun bagian dari pohon rambung merah yang dapat dimanfaatkan untuk melancarkan peredaran darah adalah daunnya. Daun ini ampuh untuk mencegah pembekuan darah. Caranya adalah ambil beberapa lembar daun tersebut dan cuci hingga bersih. Setelah itu rebus dan tunggu hingga airnya mendidih. Jika sudah mendidih baru kemudian disaring untuk diminum. Ada juga manfaat romanesco untuk melancarkan peredaran darah secara herbal.

2. Menghilangkan rasa sakit

Rasa sakit bisa disebabkan karena terjatuh atau terluka. Rasa sakit yang dirasakan bisa diatasi dengan cara menggunakan daun pohon rambung merah. Pohon ini dapat dijadikan sebagai manfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Manfaat pohon rambung merah yang digunakan adalah daunnya. Daun ini dapat dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari hingga rasa sakit Anda perlahan membaik. Selain itu ada juga manfaat neuralgin dan manfaat cabai untuk menghilangkan rasa sakit lainnya.

3. Mengobati bisul

Manfaat pohon rambung merah berikutnya adalah untuk mengatasi bisul. Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan daerah sekitarnya dan tampak membengkak dan bernanah. Bisul disebabkan karena bakteri yang menutupi folikel rambut di pori – pori kulit. Bisul umumnya tumbuh di sekitar ketiak, paha dan bokong. Rasa sakit akibat bisul ini bisa menjalar hingga bagian lainnya. Salah satu cara solusi herbal untuk mengatasi bisul adalah dengan menggunakan daun dari pohon rambung merah. Daun dari pohon ini dapat dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian tempel dengan cara mengelilingi tempat yang mengalami bisul. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin hingga bisul meletus sendiri. Adapun cara agar bisul tidak tumbuh lagi adalah bersihkan dengan cara yang benar nanah yang keluar saat bisul meletus. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisanya. Ada juga manfaat daun handeuleum untuk mengobati bisul secara alami.

4. Mengatasi sakit maag

Sakit maag disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan ada juga yang disebakan karena telat makan. Sakit maag ditandai dengan rasa sakit pada bagian lambung dan kerongkongan yang terasa terbakar. Sakit maag dalam keadaan yang parah dapat membuat penderita harus di rawat di rumah sakit. Untuk itu ada beberapa cara mengatasi sakit maag secara alami. Yaitu dengan menggunakan daun dari pohon rambung merah. Caranya cukup mudah ambil beberapa lembar daun kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Kemudian setelah mendidih baru disaring airnya untuk diminum. Ada juga manfaat daun sirih untuk maag dan manfaat daun salam untuk maag.

5. Mengobati rematik

Terakhir manfaat pohon rambung merah adalah untuk mengatasi rematik. Rematik merupakan salah satu radang pada persendian yang membuat sendi sulit untuk digerakkan. Biasanya rematik banyak dijumpai pada orang tua yang sudah lanjut usia. Salah satu cara mengatasi rematik adalah dengan meminum rebusan air dari daun rambung merah. Caranya ambil beberapa lembar daun rambung merah dan bilas hingga bersih. Setelah itu tambahkan air dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah dingin baru kemudian disaring airnya untuk diminum. Cara ini efektif sekali untuk mengobati rematik. Adapun obat herbal lainnya yang memiliki fungsi sama adalah manfaat sirsak untuk asam urat dan manfaat viostin ds.

Nah, itulah beberapa manfaat dari pohon rambung merah yang dimanfaatkan yaitu pohonnya untuk mengatasi beberapa penyakit secara alami.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.