16 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh Yang Penting Untuk Diketahui

Kaum ibu dan remaja putri pasti tahu dengan belimbing wuluh. Buah yang rasanya asam ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai campuran jamu. Selain menambah citarasa masakan ada banyak manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya buahnya, daun dan bunga belimbing wuluh ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Khusus pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat bunga belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Mengobati batuk

Konsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh dipercaya dapat membantu mengatasi batuk yang mengganggu. Ini dapat menjadi alternatif obat alami untuk batuk selain obat alami lain seperti manfaat rebusan daun salam atau manfaat beras kencur yang juga telah umum diketahui. Bunga belimbing wuluh juga dapat dicampur dengan beberapa bahan lain seperti temu giring, kulit kayu manis, bawang merah, daun saga, daun sendok, kencur, pegagan, dan daun inggu untuk mengobati batuk.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Tidak hanya batuk, konsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh juga dapat membantu meredakan sakit pada tenggorokan yang biasanya dirasakan oleh orang yang mengalami batuk. Selain itu sakit tenggorokan juga bisa diredakan dengan manfaat wedang ronde atau manfaat akar pisang.

3. Membantu mengeluarkan dahak terutama pada bayi dan balita

Sebagian batuk biasanya disertai dahak dan untuk mengeluarkannya diperlukan usaha ekstra yang terasa cukup sulit bagi bayi atau balita. Dengan konsumsi ramuan dari bunga belimbing wuluh dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan terutama pada bayi dan balita. Anda juga dapat mengguankan manfaat daun miana untuk melancarkan pembuangan dahak dari dalam tenggorokan.

4. Mengatasi asma dan sesak napas

Gangguan pernapasan lainnya yang juga bisa diatasi dengan menggunakan bunga belimbing wuluh adalah asma dan sesak napas. Dengan rajin mengonsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh yang dicampur dengan gula batu 2-3 kali sehari secara teratur dapat membantu mengatasi asma dan sesak napas yang diderita. Selain itu asma juga dapat diatasi secara alami dengan manfaat jintan hitam atau manfaat jahe.

5. Mengobati sariawan

Meskipun terkesan sepele namun sariawan yang muncul di dalam area mulut cukup menyakitkan dan mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasinya telah tersedia berbagai obat siap minum seperti manfaat adem sari. Namun jika ingin cara yang lebih alami maka konsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh dapat menjadi pilihan. Air rebusan ini kemudian digunakan untuk membersihkan mulut dengan cara berkumur atau dioles pada bagian yang terkena sariawan.

6. Mengatasi bibir pecah-pecah

Selain itu air rebusan bunga belimbing wuluh juga dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah yang sering dialami oleh penderita panas dalam. Ada pula bahan alami lain seperti manfaat tea tree oil dan manfaat kamboja kering yang juga baik digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

7. Mengatasi gusi berdarah

Kurangnya asupan manfaat vitamin C dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya gusi berdarah. Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Selain itu anda juga dapat menggunakan ramuan alami seperti ramuan bunga belimbing wuluh, manfaat buah bidara, atau manfaat buah cecendet untuk mengatasi masalah ini.

8. Mencegah dan mengatasi jerawat

Ramuan dari bunga belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat. Caranya dengan menumbuk bunga, buah, dan daun belimbing wuluh hingga halus. Ramuan ini kemudian dijadikan masker wajah. Dengan penggunaan teratur setiap pagi dan malam hari dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat yang cukup mengganggu. Ini dapat menjadi alternatif alami selain obat atau produk siap pakai seperti manfaat acnol dan manfaat fair and lovely.

9. Mengontrol muka berminyak

Penggunaan masker wajah dari ramuan bunga belimbing wuluh juga dapat mengontrol muka berminyak sehingga tidak terlihat mengkilap dan terlalu berminyak. Selain itu ada pula manfaat tomat bagi kecantikan kulit yang dapat dijadikan masker wajah yang juga bermanfaat untuk mengontrol muka berminyak.

10. Mengatasi panu

Ramuan dari bunga belimbing wuluh yang dicampur dengan buah dan daunnya juga dapat mengatasi penyakit kulit seperti panu. Ramuan dari ketiga bahan ini yang dilumatkan dengan cara ditumbuk atau diblender dapat langsung dioleskan pada bagin tubuh yang terkena panu. Dengan pemakaian teratur 2-3 kali sehari maka panu akan berangsur menghilang.

11. Mengatasi kadas

Penyakit kulit lain yang juga bisa diatasi dengan ramuan bunga belimbing wuluh adalah kadas, salah satu penyakit kulit akibat serangan jamur. Ini dapat menjadi alternatif alami selain manfaat sabun asepso dan manfaat propolis moment untuk mengatasi penyakit kulit seperti kadas.

12. Menghambat perkembangan radikal bebas

Bunga belimbing wuluh juga memiliki kandungan antioksidan yang penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Ini serupa dengan manfaat berbagai buah atau sayuran lain seperti manfaat kurma merah, manfaat sawo belanda, atau manfaat bunga kol.

13. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada bunga belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah sehingga anda akan tampak lebih awet muda. Konsumsi bunga belimbing wuluh menjadi salah satu cara alami mencegah penuaan dini selain berbagai manfaat bahan alami lainnya seperti manfaat teh barley dan manfaat tanaman adas.

14. Melancarkan peredaran darah

Manfaat bunga belimbing wuluh juga baik untuk melancarkan peredaran darah sehingga distribusi oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh berjalan lancar. Hal ini memungkinkan seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup.

15. Mengontrol kadar gula darah

Ramuan bunga belimbing wuluh diketahui juga dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil dan tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Disamping itu anda juga dapat menggunakan manfaat jus frambos atau manfaat buah okra untuk mengontrol kadar gula darah secara alami.

16. Mengurangi nyeri akibat sakit gigi

Meskipun tidak dapat mengobati sakit gigi namun ramuan bunga belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya. Disamping menggunakan ramuan ini tentu saja harus dibarengi dengan konsumsi obat sakit gigi baik yang alami atau menggunakan obat siap pakai yang banyak tersedia di pasaran.

Demikianlah beberapa manfaat bunga belimbing wuluh yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak kalah dengan manfaat daun belimbing wuluh atau buah belimbing wuluh yang juga banyak digunakan untuk pengobatan. Jika ada cara yang lebih alami, murah, dan minim efek samping kenapa mesti menggunakan obat-obatan yang memiliki risiko efek samping? Mari hidup sehat mulai dari sekarang.