6 Manfaat Buah Dewa Ndaru bagi Kesehatan

dewandaruBuah Dewa Ndaru atau yang biasa lebih dikenal dengan Ciremai Londo ini berbentuk kecil namun memiliki khasiat yang besar. Khasiat yang diberikan buah dewa ndaru ini tidak tanggung-tanggung yaitu untuk mencegah kerusakan oksidatif yang di akibatkan oleh radikal bebas yang tidak mampu diatasi oleh antioksidan dalam tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa electron yang tidak memiliki pasangan pada orbital terluarnya sehingga sifatnya tidak stabil dan dekstruktif. Selain untuk menangkal radikal bebas, buah kecil yang imut ini juga sudah terbukti dapat mencegah munculnya kanker atau tumor.

Untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan manfaat antioksidan yang cukup dengan mengkonsumsi buah maupun sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah manfaat dari buah Dewa Ndaru:

  1. Antioksidan

Buah Dewa Ndaru yang kecil dan lucu ini mengandung senyawa karotenoid yang berkhasiat untuk antioksidan. Antioksidan didalam buah dewa ndaru ini sendiri bekerja untuk melawan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh manusia. Selain buahnya, daunnya juga dapat dimanfaatkan juga karena daun nya sendiri memiliki senyawa fenolik yang juga mempunyai khasiat yang sama yaitu untuk antioksidan.

Lingkungan tempat tinggal kita yang dipenuli dengan polusi, asap rokok, makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia tambahan dapat semakin memperkuat radikal bebas dan berakibat dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia, maka dari itu buah dewa ndaru yang unik ini dapat membantu kita untuk melawan radikal bebas pada tubuh.

Menangkal radikal bebas dipercaya akan luluh pada vitamin a, manfaat vitamin a ini cukup ambuh untuk membasmi berbagai penyakit dalam tubuh termasuk menangakal radikal bebas. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah juga memiliki khasiat yang baik untuk pertahanan tubuh dari radikal bebas seperti pada:

  1. Antibakteri

Selain buah dan daunnya, ternyata biji dari buah dewa ndaru yang mungil ini juga mempunyai khasiat untuk mengobati diare. Para peneliti mengungkapkan bahwa protein yang terdapat pada biji buah dewa ndaru ini mampu menghambat berbagai macam kuman yang menyebabkan terjadinya diare karena biji buah ini berkhasiat sebagai anti kuman diantaranya kuman diare. Mengobati diare akibat bakteri dalam tubuh juga ada pada manfaat daun jambu dan manfaat daun cincau.

  1. Mengatasi Rasa Sakit

Daun dari buah dewa ndaru ini mempunyai fungsi lain selain untuk antioksidan juga untuk obat rematik. Minyak atsiri yang terkandung dalam daun buah dewa ndaru ini dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit seperti sakit rematik, nyeri sendi, dan sebagainya. Namun banyak yang tidak mengetahui jika manfaat daun beluntas juga memiliki khasiat mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik.

  1. Tekanan Darah

Buah dan daun dari buah dewa ndaru ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, daun buah dewa ndaru juga dapat digunakan untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah dan dapat menurunkan metabolism lipid yang digunakan sebagai efek proteksi. Gunakan juga manfaat buah mengkudu yang juga dipercaya menurunkan tekanan darah.

  1. Anti Kanker

Berbagai penelitian terhadap buah dewa ndaru ini ternyata membuahkan hasil. Buah ini dapat digunakan untuk obat anti kanker. Khasiat dari daun buah dewa ndaru inilah yang berfungsi dijadikan sebagai obat anti kanker. Beberapa penelitian tentang daun dari buah dewa ndaru ini juga diberitakan berkhasiat untuk anti kanker namun sampai saat ini para peneliti masih tetap melakukan penelitian terhadap daun buah dewa ndaru.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi bawang putih. Karena manfaat bawang putih memiliki zat anti kanker untuk mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh. Untuk mencegah sel kanker juga terdapat pada:

  1. Aksesoris

Tidak hanya buah dan daun nya saja yang mempunyai manfaat, tetapi kayu dari pohon dewa ndaru juga dapat dimanfaatkan menjadi aksesoris seperti tasbih, gelang, batu cincin, dan kalung. Oleh masyarakat Jawa, pohon ini sarat akan mitos, mulai dari asal-usulnya hingga khasiat magis sebagai kayu sakti, maka dari itu mereka menjadikan kayu dewa ndaru ini sebagai aksesoris.

Secara umum, mengkonsumsi buah dewa ndaru dapat menambahkan jumlah asupan senyawa secara bertahap dan juga dapat mempertahankan kesehatan. Buah dewa ndaru juga dapat digunakan sebagai obat pencegah osteoporosis, kerusakan pembuluh darah, kanker, dan bahkan untuk pencegahan tumor.

Sebenarnya pengembangan buah dewa ndaru ini sangat bermanfaat dan mempunyai banyak khasiat, apalagi buah dewa ndaru ini dapat tumbuh di berbagai bagian di Indonesia karena Indonesia terkenal akan tanahnya yang subur. Di harapkan agar buah dewa ndaru ini dapat dipertimbangkan perkembangannya. Demikian manfaat-manfaat dari buah dewa ndaru semoga dapat berguna dan bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan