9 Manfaat Vegetarian Bagi Tubuh

Vegetarian adalah sebuah sebutan untuk mereka-mereka yang hanya makan atau mengkonsumsi makanan dari jenis tumbuhan saja, dan tidak mengkonsumsi makanan dari makhluk hidup seperti daging, dan juga unggas. Namun, beberapa orang vegetarian terkadang masih mengkonsumsi makanan dari jenis ikan atau beberapa produk olahan lain yang berasala dari hewani, seperti keju, susu, dan lain-lain. Kata vegetarian berasal dari bahasa latin, yaitu “vegetus” yang berati hidup, sehat, segar.

Kelompok Vegetarian

Vegetarian dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yang umum diketahui. Kelompok tersebut dibedakan berdasarkan apa yang mereka makan. Apa saja kelompok-kelompok itu? Berikut ini ulasannya :

manfaat vegetarian1. Lacto Ovo – Lacto ovo adalah salah satu kelompok vegetarian dimana mereka yang masuk dalam kelompok ini mereka juga memakan telur dan produk lain seperti susu. Kelompok ini acap kali disebut sebagai kelompok yang paling rendah.

2. Lacto – Lacto adalah salah satu kelompok dari vegetarian yang mana mereka yang berada pada kelompok ini biasanya masih mengkonsumsi telur, namun mereka tidak mengkonsumsi susu atau prosuk lain yang berbahan susu.

3. Vegan – Vegan adalah kelompok vegetarian yang sering disbut sebagai kelompok yang paling ketat – 100 % murni hanya mengkonsumsi nabati saja. Dengan kata lain, mereka yang berada pada kelompok ini sama-sekali tidak mengkonsumi produk hewani, telur, dan susu. Hanya mengkonsumsi produk nabati secara penuh.

Seorang vegetarian mendapatkan banyak sekali manfaat dari pola makan mereka yang hanya memakan produk nabati saja, atau dari beberapa kelompok ditambah dengan mengkonsumsi telur dan susu. Sekian banyak manfaat yang dapat diperoleh adalah salah satu alasan mengapa seorang vegetarian sangat ‘betah’ dan bertahan dengan pola makan yang mereka jalani.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh :

1. Menyehatkan Kulit (mempercantik)

Sayuran mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Mineral dan juga antiokasidan yang terdapat dalam sayuran sangat baik dalam membantu memperlancar peredaran darah dan juga melindungi pigmen kulit. Sehingga, manfaat vegetarian tentu akan menjadikan kulit yang sehat sebagai akibat dari mengkonsumsi sayuran.

2. Menyehatkan Kehidupan Seks

Seseorang yang banyak mengkonsumsi daging merah dapat mengalami penurunan dalam hal nafsu seks mereka. Selain itu pemakan daging merah juga dapat menurunkan aliran darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, menghindari mengkonsumsi daging merah dan beralih ke vegetarian dapat meningkatkan dan menyehatkan kehiduan seks anda. Selain itu, kualitsa sperma juga menjadi lebih baik.

3. Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi daging secara terus menerus mampu meningkatkan berat badan seseorang. Berbeda dengan vegetarian, seorang vegetarian yang notebennya mengkonsumsi sayuran mampu memiliki berat badan yang lebih terjaga atau berat badan ideal.

Antioksidan dan serat yang cukup yang terkadung dalam sayuran diyakini sebagai penyebab bahwa sayuran mampu mambantu menjaga berat badan seoarng vegetarian. Sehingga, pola makan seorang vegetaria sangat baik dilakukan oleh pelaku diet.

4. Menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Seorang vegetarian atau seseorang yang menjalani diet vegetarian yang memakan makanan nabati bisa menurunkan kadar dari kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Hal ini bahkan sama efektifnya dengan terapi yang dilakukan menggunakan obat.

Berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh seorang vegetarian seperti kacang-kacanga, kedelai, gandum, dan beberapa jenis lain merupakan makanan yang sangat bermanfaat untuk membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan sebaliknya meningkatkan kolesterol baik.

5. Terhindar Dari Racun Hewani

Daging hewan yang hendak dikonsumsi (dipotong) dapat memicu peningkatan adrenalin tubuh untuk memproduksi steroid dan juga hormon stress. Hormon tersebut akan dilepas di aliran darah. Saat daging tersebut kemudian dimakan oleh manusia, maka hormon tersebut dapat berformasi menjadi racun yang tentu membahayakan kesehatan manusia.

Namun tidak hanya itu saja, hewan potong yang dijual di pasaran sering kali disuntik dengan hormon pertumbuhan dengan tujuan agar menghasilkan daging yang lebih banyak. Akibatnya, berbagai penyakit dapat ditimbulkan sebagai akibat dari mengkonsumsi hewan yang disuntik dnegan hormon pertumbuhan tersebut.

6. Menurunkan Resiko Kanker

Antioksidan, mineral, fitokimia, vitamn dan banyak nutrisi lain yang terkandung dalam sayuran sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa nutrisi terdiri yang terdapat dalam sayuran mampu menigkatkan imunitas yang kemudian bermanfaat melawan atau juga mencegah berbagai jenis kanker.

7. Memperlancar Pencernaan

Manfaat vegetarian dengan mengkonsumsi banyak sayuran dapat membantu kita dalam agar terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit. Yang mana kita ketahui bahwa sembelit dapat menyebabkan munculnya penyakit yang lebih parah, seperti wasir dan kanker usus.

8. Terhindar dari Lemak Jahat

Sayuran adalah makanan yang mengandung lemak yang sangat baik bagi tubuh, dan juga tidak membahayakan tubuh manusia. Maka, dengan menjadi seorang vegetarian dapat membantu tekanan darah agar tetap dalam batas aman, jantung selalu dehat, serta berbagai penyakit lain yang dapat muncul akibat dari lemak berlebih.

9. Membantu Metabolisme

Dengan menjadi seorang vegetarian, maka kerja dari usus dan lambung kita tidak terlalu berat dalam mengolah makanan. Selain itu, manfaat vegetarian menjaga kebersihan usus besar agar dapat terjaga dengan baik.


Tidak ada pantangan atau untuk menjadi seorang vegtarian. Bahkan saat orang sedang sakit sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayuran. Dan ibu yang sedang mengandung sekali pun tidak dilarang untuk menjadi seorang vegetarian sebaliknya, sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan si bayi dalam kandungan.

Memang benar bahwa ada beberapa jenis sayuran atau tumbuhan yang dilaranag dimakan oleh pasien penyakit tertentu dan juga ibu hamil. Namun, larangan yang diberikan pada pasien tentu atas sayuran tertentu bukan berarti melarang seseorang tersebut menjadi vegetarian.

Biasanya, dokter akan menyampaikan mengenai beberapa jenis makanan (dari sayuran) yang dilarang untuk dimakan pasien saat usai pemeriksaan dilakukan.


Menjadi seorang vegetarian sulit-sulit gampang. Melakukan penyesuaian pun penting dilakukan. Mangapa?. Karena kita terkadang akan merasa tidak nyaman jika secara spontan menjadi vegetarian. Maka, di sini ada beberapa tips untuk anda yang hendak memulai jadi seorang vegetarian. Tips-tipsnya adalah:

  1. Mulailah mengurangi memakan daging dari hewan berkaki 4, atau daging merah.
  2. Setalah daging merah telah berhasil kita tinggalkan, maka mulailah dengan mengurangi memakan daging dari hewan berkaki 2, misal: ayam dan bebek.
  3. Saat mulai mengurangi mengkonsumsi daging, maka mulailah mengkonsumsi sayuran dengan jenis yang bervariatif. Hal ini untuk membuat kita lebih terbiasa dengan berbagai jenis sayuran.
  4. Lakukan secara perlahan, jangan terburu-buru untuk menjadi seorang vegetarian. Hal ini sebagai penyesuaian.


,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan