25 Manfaat Sulfur – Kesehatan – Pertanian – Industri

Sulfur atau yang biasa dikenal dengan belerang merupakan salah satu unsur kimia non logam sebagai unsur murni dari sulfida dan sulfat. Sulfur atau belerang adalah senyawa kimia yang berwarna kuning pucat, tidak berbau, rapuh padat, tidak larut dalam air, tetapi ia dapat larut dalam karbon disulfida. Sulfur berperan penting bagi kehidupan, ia adalah konstituen lemak minor, cairan dalam tubuh, serta mineral dalam tulang.

Sulphur dapat ditemukan dalam meteorit, gunung berapi, sumber air panas, sebagai galena, gipsum, garam Epsom, dan barit. Ia banyak dijumpai di sepanjang Gulf Coast Amerika Serikat.

Sulfur dioksida memiliki sifat nonflamable jika ditempatkan pada suhu . Gas ini tidak berwarna dengan bau tajam yang sangat kuat. Bau gas sulfur dioksida dapat tercium oleh indra manusia pada tingkat 0,3 sampai 1 ppm. Sulfur juga mudah larut dalam air. Namun, meskipun ia juga tidak terbakar di udara, tetapi sulfur dapat meledak di saat terbakar oleh api.

Rute paparan sulfur


1. Inhalasi

Ini merupakan rute utama terjadinya paparan sulfur dioksida yang bisa mengakibatkan konsekuensi kesehatan kronis bagi orang-orang dengan penyakit paru-paru. Inhalasi ini mudah bereaksi dengan kelembaban membran mukosa untuk membentuk asam sulfur (H2SO3) yang merupakan salah satu iritan yang parah. Meningkatnya resistensi saluran nafas pada seseorang dengan asma saat sedang berolahraga pada konsentrasi sulfur dioksida yang kurang dari 0.1 ppm.

Sedangkan pada orang-orang dewasa pada kondisi sehat dapat meningkat pada 5 ppm, penderita bersin dan batuk pada 10 ppm, dan bronkospasme pada 20 ppm. Eksposur yang berkisar antara  50 hingga 100 ppm dapat ditoleransi selama lebih dari 30 sampai 60 menit, sedangkan eksposur yang  melebihi 100 ppm dapat menyebabkan kematian.


2. Kontak kulit / mata

Eksposur sulfur dioksida yang terjadi antara 10 sampai 20 ppm dapat menyebabkan iritasi pada selaput lendir. Kontak yang terjadi secara langsung dengan sulfur dioksida cair dapat merusakan kornea mata dan peradang luka pada kulit.


3. Proses menelan

Meskipun dalam jumlah yang kecil, namun sulfur dioksida juga digunakan dalam makanan. Seseorang yang sedang menderita gangguan asma sangat sensitif terhadap hal tersebut, dan dapat mengembangkan bronkospasme setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan sulfur dioksida tersebut.


Senyawa sulfur alami yang ditemukan di semua vertebrata, termasuk manusia dikenal sebagai MSM nutrisi (methylsulfonylmethane). MSM merupakan salah satu metabolit dari DMSO (dimetil sulfoksida, senyawa organosulfur). Menurut Rod Benjamin, direktur pengembangan teknis untuk Bergstrom Nutrisi, menyatakan bahwa produsen terbesar MSM dihasilkan oleh pemurnian distilasi.

MSM memberikan dampak kesehatan pada tubuh manusia yaitu untuk mengurangi peradangan. Hal ini banyak digunakan sebagai suplemen untuk seseorang dengan kondisi rematik. MSM juga dapat meningkatkan permeabilitas dinding sel, sehingga dapat digunakan untuk membantu memberikan bahan aktif lainnya Dan yang paling penting, MSM membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Beberapa uji klinis terkait dengan MSM telah dilakukan pada manusia untuk mengetahui kemampuannya dalam membantu pemulihan beberapa kondisi akibat berolahraga, seperti cedera otot. Dalam salah satu studi, mereka menunjukkan adanya penurunan yang signifikan pada nyeri otot akibat olah raga.

Berikut ini beberapa manfaat sulfur dalam berbagai bidang :

A. Bidang Kesehatan

1. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan antioksidan

Sulfur berperan penting dalam produksi glutathione, yaitu salah satu antioksidan yang paling penting  dalam tubuh. Glutathione berperan penting dalam proses detoksifikasi. Tanpa adanya senyawa sulfur, glutathione tidak dapat bekerja. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat antioksidan sendiri.

Menurut Dr. Benjamin, sulfur merupakan salah satu komponen penting yang dapat memberikan dukungan untuk struktur protein dalam tubuh.

2. Perawatan tulang

MSM merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, seperti membantu kondisi seperti arthritis, rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. MSM membantu dalam memecah deposit kalsium yang tidak sehat dalam tubuh yang merupakan akar penyebab penyakit degeneratif. Selain itu, dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung MSM dapat membantu beberapa kondisi kesehatan seperti:

  • Meningkatkan fleksibilitas sendi
  • Mengurangi rasa sakit dan bengkak pada sendi
  • Mengurangi kekakuan pada persendian
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan vitalitas sel

4. Sebagai efek detoksifikasi

MSM dapat meningkatkan permeabilitas sel dalam tubuh, ini berarti bahwa MSM dapat meningkatkan kemampuan sel-sel untuk menghilangkan dan membersihkan kelebihan cairan dan racun dalam tubuh. Mekanisme ini memiliki efek detoksifikasi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu dengan memberikan jalan penyebaran berbagai nutrisi penting ke dalam tubuh, sehingga hal ini dapat meningkatkan fungsi membran sel tubuh secara menyeluruh.

5. Perawatan kulit dan rambut

Sulfur dapat menghasilkan kolagen dan keratin dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Kedua senyawa tesebut sangat penting dalam tubuh, yaitu untuk kesehatan rambut dan kuku. MSM merupakan mineral yang memiliki kemampuannya untuk menambah dan meningkatkan ketebalan dan kekuatan kuku serta rambut dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa MSM sangat berperan penting dalam proses penyembuhan beberapa kondisi kulit seperti psorias, eksim, rosacea, jerawat, dan ketombe.

6. Penambah energi

MSM meningkatkan permeabilitas sel-sel tubuh yang nantinya akan membantu menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Karena itulah tubuh akan menjadi lebih mudah untuk menyerap nutrisi, yang pada gilirannya akan mengurangi jumlah energi yang dihabiskan untuk pencernaan makanan Anda.

7. Sulfur merupakan salah satu mineral dalam tubuh, sekitar setengah terkonsentrasi di otot Anda, kulit dan tulang, dan sangat penting bagi kehidupan.

Sulfur memproduksi asam amino yang penting bagi tubuh yang dapat digunakan untuk membuat protein untuk sel dan jaringan dan hormon, enzim, dan antibodi. Jaringan tubuh sangat membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk kesehatan dan gizi yang optimal.

8. Membantu produksi insulin

Insulin berfungsi untuk mengontrol metabolisme karbohidrat, ia dapat membantu pankreas untuk memproduksi insulin yang berkontribusi terhadap masalah gula darah.

9. Sebagai agen anti alergi

MSM memiliki kemampuan untuk mengikat membran mucuous dan membentuk blok alami terhadap alergen. Cara lain MSM dapat meringankan alergi adalah melalui detoksifikasi, eliminasi radikal bebas, dan peningkatan permeabilitas sel. Sulfur merupakan MSM yang bekerja sebagai inhibitor histamin yang aman tanpa efek samping negatif.

10. Membantu penyerapan nutrisi tubuh

Tubuh menggunakan MSM bersamaan dengan Vitamin C untuk menciptakan sel-sel tubuh dan jaringan ikat dalam tubuh yang sehat. MSM juga bertindak sebagai penentu fleksibilitas obligasi sel-sel tubuh. Saat MSM dan vitamin C dalam tubuh cukup, hal itu akan dapat mendukung regenerasi sel-sel tubuh yang sehat. Sehingga mampu menciptakan dinding sel yang lebih mampu menyerap nutrisi.

B. Bidang Pertanian

Sulfur atau belerang merupakan salah satu bahan dasar pembuatan pupuk yang memiliki manfaat yang sanga dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman dapat menyerap sulfur atau belerang dalam bentuk ion sulfat (SO4). Hal ini merupakan protein dalam bentuk cystein, methionin, dan thiamin. Beberapa manfaat sulfur bagi tanaman :

  1. Membantu pembentukan klorofil (zat hijau daun)
  2. Menambah kandungan vitamin dan protein dalam tanaman
  3. Membantu pembentukan zat gula dalam tanaman
  4. Memperbaiki hasil panen.

C. Bidang Industri

Beberapa penggunaan Sulfur dalam bidang industri antara lain adalah :

  1. Sebagai bahan dasar campuran pembuatan gula
  2. Sebagai serbuk mesiu yang digunakan dalam proses vulkanisasi karet alam
  3. Sebagai salah satu bahan dalam pembuatan ban
  4. Sebagai bahan pembuatan kertas, pensteril alat pengasap, pemutih buah-buahan yang dikeringkan.
  5. Sebagai bahan pembuatan korek api
  6. Untuk bahan pengawetan kayu
  7. Bahan dalam industri accu
  8. Sebagai bahan dasar bahan peledak
  9. Bahan insektisida anti serangga
  10. Bahan dasar pembuatan cat
  11. Penyulingan minyak bumi

Baca Juga : Manfaat belerang dalam industri

, , ,
Oleh :
Kategori : Alam