5 Manfaat Cabe Hitam bagi Kesehatan

Cabe hitam memiliki nama latin capsicum sp. Cabe ini disebut cabe hitam karena buahnya akan berubah menjadi warna hitam setelah matang. Bentuk dari cabe hitam ini sama dengan caber rawti namun ukurannya lebih besar. Cabe hitam dapat tumbuh dengan optimal pada suhu rendah maupun tinggi. Untuk mendapatkan hasilnya dapat dipanen setelah tiga bulan kemudian. Selain bisa dikonsumsi tanaman cabe hitam ini banyak juga dijadikan sebagai tanaman hias. Menurut penelitian cabe hitam ternyata juga memiliki manfaat di bidang kesehatan.

Artikel terkait :

Berikut ini ulasan mengenai segudang manfaat dari cabe hitam antara lain adalah sebagai berikut :

1.Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme berasal dari kata yunani yaitu metabole yang memiliki arti perubahan. Metabolisme memiliki arti seca keseluruhan adalah proses kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup. Metabolisem yang terjadi didalam tubuh memiliki tujuan penting yaitu :

  • Memperoleh energi dari makanan yang dikonsumsi sebagai penunjang kegiatan sehari-hari.
  • Menyusun protein, lipida dan komponen lain untuk unit pembangun sel didalam tubuh.
  • Membantu membentuk dan merombak biomolekul.

Fungsi metabolisme dalam tubuh sangat penting dan memegang peranan yang utama didalam tubuh. Untuk itu diperlukan makanan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Cabe hitam dipercaya mampu meningkatkan metabolisme didalam tubuh secara sempurna. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk menjadikan cabe hitam sebagai pelengkap makan nasi. Jika Anda selama ini hanya terbiasan mengonsumsi cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit maka sekarang setelah tahu manfaat dari cabe hitam Anda dapa menjadikannya sebagai pilihan.

Artikel terkait :

2. Jantung lebih sehat

Salah satu organ yang paling vital didalam tubuh manusia adalah jantung. Jantung didalam tubuh terletak dirongga dada sebelah kiri. Jantung memiliki tugas untuk memompa darah keseluruh tubuh. Selain itu jantung juga berukuran satu kepal tangan pemiliknya. Jantung yang sehat merupakan impian setiap orang, mengingat kasus tentang jantung semakin hari semakin meningkat akibat pola hidup yang tidak sehat. Kesehatan jantung dipengaruhi juga oleh makanan yang dikonsumsi. Cabe hitam memiliki manfaat salah satunya adalah menjadikan jantung lebih sehat. Dengan catatan mengonsumsi cabe hitam secara tidak berlebihan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai pelengkap lauk dalam seminggu satu kali. Jika rutin melakukannya mak jantung bisa menjadi lebih sehat dari pada sebelumnya.

Artikel terkait :

3. Menurunkan berat badan

Manfaat dari cabe hitam berikutnya adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Penurunan berat ini cocok untuk Anda yang kini berencana untuk mendapatkan berat badan ideal. Menurunkan berat badan memang memerlukan proses dan tidak bisa dilakukan secara instan. Itu sebabnya diperlukan ketekunan dan tidak mudah patah semangat di tengah jalan. Untuk menggunakan cabe hitam sebagai penurunan berat badan ini Anda bisa mencampurkannya sebagai cabe lauk pauk untuk makan nasi. Dengan konsisten melakukannya semoga berat badan Anda bisa turun.

Artikel terkait :


4. Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan memang sangat menganggu Anda untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Sakit tenggorokan menyulitkan Anda untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu. Sakit tenggorokan menyulitkan Anda untuk bernafas dengan mudah seperti yang biasa dilakukan. Biasanya sakit tenggorokan diiringi juga dengan kelelahan yang terasa dan influeza. Untuk meredakan sakit tenggorokan Anda dapat melakukannya mengonsumsi cabe hitam. Cabe hitam dapat meredakan sakit tenggorokan.

Artikel terkait :

5. Meringankan rasa nyeri

Cabe hitam bermanfaat juga untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Nyeri bisa saja terjadi akibat luka luar jadi Anda bisa menggunakan cabe hitam ini untuk dapat meringankan rasa nyeri pada tubuh Anda. Jadi pengobatan menggunakan cabe hitam ini dilakukan dari dalam tubuh.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari cabe hitam untuk kesehatan tubuh.

, , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 03:07 Oleh :
Kategori : Kesehatan