8 Manfaat Laba Laba di Kehidupan Manusia

Laba-laba merupakan hewan sejenis serangga yang banyak terdapat di lingkungan sekitar manusia, bahkan di dalam rumah. Terkadang keberadaan laba-laba di sekitar, dapat membuat beberapa orang menjerit ketakutan. Selain banyaknya manfaat tumbuhan bagi manusia, ternyata cukup banyak juga manfaat laba laba yang bisa didapatkan oleh manusia

Laba-laba memiliki 6 buah kaki yang setiap ujungnya terdapat alat penghisap, sehingga laba-laba dapat dengan bebas menempel di permukaan apapun. Biasanya laba-laba membentuk rumah berupa anyaman dari benang jaringan yang dikeluarkan melalui benjolan di sekitar anus. Rumah laba-laba inilah yang biasanya membuat orang tidak menyukai keberadaannya, karena dapat mengotori pojok dinding rumah.

Manfaat laba laba ini dapat membunuh hewan-hewan kecil yang biasanya membuat risih manusia. Tidak hanya itu, laba-laba juga memiliki khasiat yang berguna untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari laba-laba:

  • Laba-laba dapat memburu kecoa yang berkeliaran di dalam rumah, karena si samping terdapat manfaat kecoa dalam kehidupan manusia tentunya keberadaan kecoa dapat mengganggu ketenangan manusia.
  • Semut merupakan salah satu mangsa laba-laba, yang mana keberadaan semut di dalam rumah dapat sangat menganggu karena dapat mengerumuni makanan dan membuat kulit gatal.
  • Adanya nyamuk di rumah, selain dapat merusak kenyamanan juga dapat menyebabkan penyakit pada jenis nyamuk tertentu. Di samping terdapat manfaat kelambu nyamuk, laba-laba juga dapat menghalangi nyamuk dengan memangsanya atau dengan memerangkap dengan sarangnya.
  • Pada saat musim hujan, terkadang laron masuk ke dalam rumah mengerubungi lampu yang bisa sangat mengganggu. Laba-laba dapat menjebak laron dari sarangnya, sehingga laron yang berkeliaran dapat berkurang.
  • Selain lalat yang berterbangan dapat membuat risih, lalat juga dapat menjadi salah satu hewan penyebar penyakit. Selain menggunakan manfaat cuka dapur untuk mengusir lalat, keberadaan sarang laba-laba dapat memerangkap lalat yang berterbangan di dalam rumah.
  • Selain beberapa serangga yang telah disebutkan, manfaat laba laba juga memangsa serangga berukuran kecil lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan manusia seperti anakan lipan dan lainnya.
  • Laba-laba adalah serangga yang unik, karena akan membunuh sesama laba-laba untuk menjaga keseimbangan populasi dan memastikan tidak terjadi populasi laba-laba yang berlebihan. Jadi Anda tidak perlu membunuh dan tidak perlu takut bahwa laba-laba akan perkembangbiakan laba-laba di rumah.
  • Laba-laba juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan herbal, dapat digunakan untuk menangani penyakit step atau kejang, stroke maupun untuk menajamkan daya ingat.

Banyak sekali manfaat hewan bagi manusia seperti laba-laba untuk kesehatan. Di bawah ini adalah 2 cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan laba-laba sebagai pengobatan:

1. Serbuk laba-laba

Cara membuatnya adalah dengan menggunakan tubuh laba-laba tanpa kaki dan kepala, yang direbus sampai matang. Setelah itu laba-laba ditiriskan dan dikeringkan dengan oven, lalu terakhir diblender hingga menjadi serbuk. Serbuk ini dapat dimasukkan ke dalam kapsul, yang bisa langsung digunakan sebagai obat herbal.

2. Salep laba-laba

Untuk salep, pilih laba-laba yang memiliki sarang dan memiliki bentuk perut yang besar. Salep berasal dari cairan kuning yang ada di dalam perut laba-laba, yang bisa digunakan untuk mengobati gejala penyakit stroke seperti kaku bibir. Oleskan salep laba-laba pada bibir yang kaku karena stroke secara rutin, untuk menyembuhkan kondisi bibir yang kaku.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat laba laba di manusia, baik untuk lingkungan maupun kesehatan manusia.

,
Oleh :
Kategori : Hewan