4 Manfaat Makan Rujak untuk Kesehatan

Rujak. Siapa sih yang tidak kenal dengan rujak? Makanan khas Indonesia yang satu ini dikenal akan kelezatan dan kesegarannya karena terdiri dari berbagai macam buah dan disertai dengan sausnya yang menjadi ciri khas dari rujak, yaitu saus pedas manis yang terkadang disertai kacang di dalamnya. Rujak juga memiliki berbagai variasi yang menjadi ciri khas daerah masing-masing di Indonesia, seperti rujak mie dari Palembang, rujak cingur dari Jawa Timur, rujak gobet dari Surabaya, dan lain-lain.

Tidak dapat dipungkiri jika rujak menjadi favorit masyarakat karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapat dari makanan yang satu ini. Manfaat? Kok bisa? Seperti yang kita tahu, rujak ini terdiri dari berbagai macam buah yang tentu saja hal ini memberikan kita banyak manfaat. Beberapa buah yang biasanya melengkapi rujak adalah mangga, kedondong, nanas, bengkoang, mentimun, jambu air, dan berbagai macam buah lainnya yang pastinya kaya akan vitamin dan berbagai zat lainnya menyehatkan tubuh kita.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat makan rujak, yang pastinya menarik untuk diketahui dan membuat kita semakin kecanduan untuk mengonsumsi makanan yang satu ini. Wah, apa saja ya kira-kira manfaat yang bisa kita dapat dari rujak? Daripada penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Membakar kalori dalam waktu singkat

Wah yang benar nih? Selain banyaknya vitamin yang kita dapat, rujak juga dapat menurunkan berat badan kita dalam waktu singkat? Yup benar sekali. Adanya zat capcaisin pada sambal rujak berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan hal ini juga menyebabkan pembakaran kalori lebih cepat. Namun tidak disarankan juga untuk mengonsumsi sambal ini terlalu banyak karena justru dapat menyebabkan sakit perut alias mengiritasi pencernaan kita. Kita juga bisa mengonsumsi berbagai bahan alami lainnya untuk mengurangi berat badan kita, seperti yang kita ketahui pada manfaat teh cina untuk diet, manfaat teh beras merah, ataupun pada manfaat buah belimbing untuk diet.

2. Menyembuhkan sariawan

Siapa sih yang tidak terganggu dengan hadirnya sariawan pada bibir kita? Sariawan merupakan luka yang biasanya terdapat dalam pipi, bibir, permukaan gusi atau lidah yang berbentuk oval atau bulat dan tepiannya biasa berwarna merah akibat peradangan. Sariawan biasa disebabkan oleh infeksi virus dan cenderung dialami anak-anak hingga remaja akibat kurang menjaga kebersihan mulut. Sariawan biasa disembuhkan dengan berbagai obat yang tersedia di apotik, namun tahukah kalian jika buah-buahan yang ada pada rujak juga dapat menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan yang satu ini? Yup, tingginya kandungan vitamin C pada buah-buahan sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan dalam waktu yang singkat. Kita bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pentingnya vitamin C untuk tubuh kita pada manfaat vitamin C.

3. Menyehatkan jantung

Seperti yang kita tahu, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan dan menjadi momok tersendiri untuk kita. Namun saat ini kita tidak perlu khawatir apa yang perlu kita lakukan untuk meminimalisir risiko penyakit ini terjadi pada kita karena kita hanya perlu mengonsumsi rujak secara rutin. Lho kok bisa? Yup, sambal yang mendampingi rujak sangat efektif untuk menghacurkan kolesterol jahat dan hal ini berarti melindungi tubuh kita dari penyakit kolesterol, serta penyakit mematikan lainnya yang termasuk penyakit jantung. Kita juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi berbagai bahan alaminya seperti yang kita ketahui pada manfaat kacang tanah untuk jantung, ataupun pada manfaat alpukat untuk jantung


4. Meminimalisir datangnya stres

Stres saat ini bukanlah suatu hal yang asing bagi kita karena penyebab stres sendiri bermacam-macam. Stres sendiri merupakan keadaan saat seseorang mengalami beban pikiran dan mental yang berlebih dan hal ini mempengaruhi kondisi tubuh orang tersebut. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan kegiatan hal yang kita sukai di saat kita jenuh melakukan rutinitas sehari-hari untuk menghindarkan kita dari stres. Tapi tahukah kalian jika mengonsumsi rujak juga bisa menghindarkan kita dari penyakit yang satu ini? Yup, berbagai rasa yang kita dapat dari rujak – lebih tepatnya rasa manis, pedas, dan kecut, sangatlah efektif untuk meningkatkan produksi hormon rileks yang berasal dari zat serotonin – di mana zat ini meningkatkan perasaan tenang dan bahagia pada diri kita.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat makan rujak yang bisa kita dapat apabila kita mengonsumsinya secara rutin. Namun tidak jarang juga sebagian dari kita yang mengalami sakit perut setelah mengonsumsi rujak karena sambalnya yang terlalu pedas dan hal ini menganggu sistem pencernaan kita. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini terjadi ya? Nah berikut adalah beberapa tips makan rujak agar tidak sakit perut:

  • Mengonsumsi susu setelahnya. Susu merupakan salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk menetralkan asam dari makanan pedas dan kita cukup mengonsumsi setengah cangkir susu. Disarankan untuk tidak terlalu berlebihan pula dalam mengonsumsinya karena dapat mengganggu sistem pencernaan pula.
  • Tidur terlentang. Meskipun kelihatannya sepele, hal ini sangatlah membantu kita dalam meredakan sensasi panas yang kita dapat sambal rujak. Hal yang perlu kita lakukan pun sangat mudah yaitu dengan menaruh bantal pada bawah kepala sehingga posisi kepala kita berada 15-20 cm di atas kaki. Posisi ini sangatlah efektif untuk mengurangi sensasi terbakar pada perut.
  • Mengonsumsi air hangat. Air hangat diketahui sangat efektif untuk mengurangi sensasi panas pada tubuh kita, dan kita perlu melakukan hal ini secara perlahan agar tidak memperburuk kondisi kita sebelumnya. Kita perlu mengonsumsi 1-2 gelas air hangat hingga sensasi panas ini benar-benar bisa hilang dari tubuh kita.

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah perut menjadi sakit atau terganggunya sistem pencernaan kita setelah makan rujak. Sangat mudah untuk diingat dan dilakukan bukan? So, apa lagi yang kalian tunggu untuk memulai pola hidup yang lebih sehat? Start the change from yourself.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan