Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sponsors Link

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dengan tubuh sehat tentu saja nantinya di dalam melakukan beberapa aktivitas akan lebih maksimal dan juga tidak mudah lelah. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, besi sendiri juga bagian dari semua sel yang ada di dalam tubuh untuk melakukan banyak hal.

Salah satunya adalah membantu untuk membawa oksigen dari paru – paru ke seluruh tubuh kemudian juga sangat membantu untuk memaksimalkan fungsi dari oksigen.

Manfaat zat besi

Bagi manusia, zat besi memang sangat dibutuhkan karena jika kekurangan zat besi nantinya tubuh akan terasa lemah dan juga kurang bersemangat. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Membawa Oksigen ke seluruh tubuh

Zat besi membantu untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga nantinya semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

2. Membantu Pembentukan Hemoglobin (mencegah anemia)

Manfaat zat besi yang kedua adalah membantu untuk pembentukan hemoglobin, karena zat besi tersebut mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik. Jika hemoglobin dapat diproduksi secara maksimal, maka nantinya juga akan membantu untuk mencegah resiko terkena anemia.

3. Pengatur suhu tubuh

Zat besi juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali dengan baik, selain itu juga membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (sistem imun)

Zat besi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia, memenuhi kebutuhan akan zat besi nantinya akan membantu untuk mencegah resioko terkena berbagai macm penyakit. Zat besi juga sebagai komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan – bahan lainnya yang ada di dalam tubuh seperti katalase, myoglobin dan juga yang lainnya.

5. Membantu Sistem Syaraf (Neurotransmitter)

Zat besi juga turut serta berperan dalam membentuk beberapa Neurotransmitter esensial, serotonin dan juga yang lainnya. Beberapa hal tersebut berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari orak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

6. Membantu Fungsi Otot

sponsored links

Suplay oksigen dalam darah dapat membantu fungsi otot dalam tubuh manusia agar lebih sempurna serta untuk membuang radikal bebas dalam oto.

7. Membantu Fungsi Otak

Otak mulai dari dalam kandungan membutuhkan zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhannya. Suplay oksigen oleh zat besi juga dapat membantu agar fungsi otak dapat berjalan normal.

8. Membantu Metabolisme

Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, pembentukan enzim oleh zat besi sangat berperan penting dalam memenuhi hal ini..

9. Membantu Pembentukan Enzim

Beberapa jenis enzim yang penting seperti seperti myoglobin, cytochrome dan katalase dibentuk dengan bantuan zat besi.

10. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Kurang darah adalah salah satu peyakit yang membutuhkan zat besi, agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Oleh karena itu terkadang ketika anemia banyak orang merekomendasikan mengkonsumsi bayam yang penuh dengan zat besi.

11. Baik bagi ibu hamil

Untuk menjaga agar janin dapat tumbuh dan berkembang, maka mutlak ibu harus konsumsi zat besi agar dapat memperoleh asupan gizi dan oksigen yang cukup.

12. Baik untuk janin

Janin dalam kandungan sangat membutuhkan zat besi untuk tumbuh dan berkembang dan membentuk organ organ agar sehat dan tidak terlahir cacat.

Pentingnya memenuhi zat besi

zat besiJadi itulah beberapa manfaat zat besi yang bisa didapatkan, selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja masih ada banyak lagi manfaat yang lainnya. Oleh karena itu memenuhi kebutuhan akan zat besi memang merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dengan memenuhi kebutuhan akan zat besi tentu saja nantinya tubuh akan dapat terjaga kesehatannya. Yang tidak kalah penting adalah dengan kesehatan yang terjaga, di dalam melakukan suatu aktivitas tidak akan mengalami masalah dan juga dapat diselesaikan secara baik dan juga maksimal serta tubuh juga tidak akan mudah lelah dan tidak mudah drop.

Efek Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi sendiri nantinya akan membuat tubuh menjadi lemas dan juga terkena gangguan kesehatan. Zat besi memang merupakan salah satu mineral yang sangat penting dan juga sangat perlu untuk dipenuhi dan di dalam hemoglobin sendiri terdapat 2/3 zat besi. Selain itu zat besi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja manfaat zat besi untuk kesehatan manusia.

Makanan Yang Mengandung Banyak Zat Besi

  • Telur
  • Bayam
  • Jagung
  • Kangkung
  • Jeruk
  • Serial
  • Daging (ayam dan sapi)
  • Ikan
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 27th, October 2014 / 09:12 Oleh :
Kategori : Nutrisi