5 Manfaat Buka Puasa dengan Kurma Paling Sehat

Kurma merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai pada bulan suci Ramadhan. Ternyata kurma tidak semata-mata menjadi buah musiman yang muncul dalam beberapa momen saja, sebab kurma sendiri memiiki banyak manfaat yang bisa kita ambil, seperti manfaat kurma muda dan nikmati khususnya saat melakukan ibadah puasa. Tidak hanya buahnya, ternyata manfaat kopi biji kurma bagi kesehatan juga sangat banyak. Manfaat ajaib berbuka puasa dengan kurma pula tidak ketinggaan dan dengan mudah kita bisa dapatkan. Berikut ini penjelasan lengkap tentang manfaat buka puasa dengan kurma.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Meskipun banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, namun pada kenyataannya kurma lebih diminati oleh para lansia. Orang tua yang sudah memasuki usia senja sering kali menderita penyakit tulang dan kesehatan yang sudah menurun serta menyusut seiring dengan pertamahan usia. Dan mengkonsumsi kurma adalah jawaban dari masalah yang dialami para lansia. Mengapa demikian? Karena dalam kurma terkandung banyak kalsium dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang anda.

Tidak hanya sampai disitu, kurma juga mengandung magnesium, mangan dan selenium yang merupakan komponen penting dalam pertumbuhan dan kekuatan tulang. Jadi dengan memakan kurma saat berbuka puasa, maka kita akan merasakan manfaatnya pada tulang serta para lansia juga bisa menghindari dan melawan penyakit tulang seperti osteoporosis.

2. Menambah energi

Saat bepuasa kita pasti membutuhkan asupan energi dan juga kekuatan supaya terhindar dari rasa lemas dan mengantuk akibat perut yang kosong. Tetapi dengan berbuka puasa dengan kurma anda tidak lagi perlu mengkhawatirkan rasa lemas dan mengantuk seperti tadi, sebab dalam kurma terkandung gula alami yang sangat baik bagi energi tubuh. Kandungan glukosa, sukrosa dan fruktosa dalam kurma telah terbukti secara efektif bisa meningkatkan serta menambah energi kita dalam waktu singkat.

3. Mengatasi diare

Kalau anda merasakan sakit perut yang berlebih dan berpotensi menjadi diare, sebaiknya cepat mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Kurma terdiri dari serat kuat yang bisa mengatasi masalah pencernaan sehari-hari. Pottasium adalah kandungan yang terkenal bisa mengontrol diare dan  terdapat dalam kurma. Serat yang baik dalam kurma akan membantu kerja usus sehingga membuat sistem pembuangan menjadi lancar dan normal.

4. Menyembuhkan anemia

Siapa sangka jika buah kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Ternyata terdapat manfaat kurma untuk anemia dan dapat menyembuhkan penyakit tersebut karena kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi inilah yang akan membuat anemia tidak lagi datang menghampiri anda.


5. Menjaga kesehatan mata

Tidak kalah dari buah lainnya yang kaya akan manfaat, kurma juga dapat berkhasiat bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin serta nutrisi yang terdapat di dalamnya memang sudah terbukti sangat baik bagi kesehatan mata kita. Dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa, kita akan mendapatkan khasiat baik dari nutrisi dan vitamin yang diserap oleh tubuh selama mengkonsumsi buah kurma.

Penjelasan diatas adalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat ajaib berbuka puasa dengan kurma. Setiap kurma juga memiliki kandungan tersendiri, seperti manfaat kurma merah, pengobatan dan wanita yang perlu anda ketahui. Atau jika tidak menyukai rasanya, anda juga masih bisa merasakan manfaat rendaman air kurma. Karena manfaatnya telah terjamin dan sangat banyak bagi kesehatan tubuh, maka mulai sekarang rutin mengkonsumsi kurma sangatlah baik.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan