Manfaat Sarapan Pagi

Advertisement

Manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita, jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan anda. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi anda.

Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energi untuk memulai aktifitas. Aktifitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh senangat. Berikut ini merupakan fakta dari manfaat sarapan pagi.

1. Sumber Energi

Untuk beraktivitas sepanjang hari dalam bekerja sangat penting untuk memberikan tubuh nutrisi baik di pagi hari. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. Sesibuk apapun anda usahakan menikmati sarapan pagi, karena dengan sarapan tubuh akan memiliki ‘Bensin’ yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

2. Mengontrol Berat Badan & Diet

Dalam berbagai penelitian dan sudah sangat banyak jumlahnya yang dilakukan berbagai universitas dan peneliti telah membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu dalam hal diet. Kok bisa ? hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan anda di siang hari. Selain itu anda tidak makan “over” pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan.

Sarapan juga membantu anda untuk memilih makanan yang lebih bergizi dibandingkan tidak sarapan. Orang yang tidak sarapan cenderung mengkonsumsi berbagai makanan secara “membabi buta” tanpa memikirkan nutrisinya. Lain halnya dengan anda yang telah melakukan sarapan, anda lebih selektif memilih makanan bergizi untuk anda asup siang hari.

3. Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktifitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

4. Meningkatkan konsentrasi otak

Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir.

5. Menjaga Mood

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

6. Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat sarapan pagi untuk jangka panjang juga tidak kalah hebatnya, ia merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes memiliki korelasi yang sangat kuat dengan sarapan. Dengan sarapan pagi anda dapat mengurangi penyakit ini agar tidak menyerang untuk jangka panjang.

7. Baik untuk anak-anak

manfaat sarapan pagi

Manfaat sarapan bagi anak merupakan kebutuhan yang sangat penting, terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. Berikut ini pengaruh besar dari sarapan pagi pada anak-anak :

  1. Anak yang mengawali sekolah dengan sarapan terlihat lebih bersemangat dan tidak lesu dalam menyimak pelajaran.
  2. Mencegah anak jajan sembarangan saat lapar.
  3. Mencukupi kebutuhan gizi seimbang untuk tumbuh kembang si anak.
  4. Mendukung kecerdasan dan kreativitas anak dalam mengembangkan dirinya.

Tips Sarapan Pagi Yang Bermanfaat

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, anda harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Berikut adalah tipsnya.

  • Sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan
  • Makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan
  • Makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan
  • Hindari makan terlalu banyak

Berikut adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi :

  • Susu
  • Telur
  • Roti
  • Sayuran
  • Sedikit nasi

Kandungan makanan yang anda asup saat pagi hari akan mengawali hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari.

Advertisement
, , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:34 Oleh :
Kategori : Kebiasaan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links