Manfaat Sarapan Pagi

Manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktifitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi anda.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat sarapan pagi dapat kita rasakan dari kebiasaan rutin yang kita lakukan disetiap harinya. Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energi untuk memulai aktifitas. Aktifitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh senangat. Berikut ini merupakan fakta dari manfaat sarapan pagi :

  • Sarapan akan mengembalikan metabolisme tubuh ¬†– Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktifitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen.
  • Menurunkan berat badan – Malam hari tubuh kita berpuasa tanpa asupan makanan yang kemudian tubuh kita berada pada kondisi lapar sedang mengkonsumsi makanan yang bagus akan memberi peningkatan metabolisme..¬†Sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Lebih jauh, sarapan dapat meningkatkan tingkat energi Anda sebagaimana metabolisme sepanjang hari.
  • Meningkatkan konsentrasi otak – Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan seperti bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak

Manfaat sarapan bagi anak merupakan kebutuhan yang sangat penting, terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. Berikut ini pengaruh besar dari sarapan pagi pada anak-anak :

  1. Anak yang mengawali sekolah denga sarapan terlihat lebih bersemangat dan tidak lesu dalam menyimak pelajaran.
  2. Mencegah anak jajan sembarangan saat lapar.
  3. Mencukupi kebutuhan gizi seimbang untuk tumbuh kembang si anak.
  4. Mendukung kecerdasan dan kreativitas anak dalam mengembangkan dirinya.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:34 Oleh :
Kategori : Kebiasaan
Latest From Kebiasaan