Sponsors Link

4 Manfaat Matahari untuk Petani

Sponsors Link

Matahari merupakan sumber energi utama bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Matahari merupakan sumber energi panas tak terbatas yang memberikan peran penting dalam kehidupan semua makhluk di bumi. Matahari berperan penting untuk kehidupan manusia, tumbuhan, hewan, maupun mikroorganisme. Dalam kegiatan manusia sehari hari, matahari memberikan manfaat dalam proses pengeringan, sumber energi listrik tenaga surya, untuk kesehatan tubuh, menghangatkan tubuh, dan lain sebagainya. Bagi tumbuhan, matahari berfungsi dalam proses pertumbuhan dan fotosintesis. Hal ini tentu penting bagi petani. Petani menginginkan tumbuhan mereka dapat tumbuh dengan baik. Sehingga matahari memiliki manfaat dan peran utama. Berikut manfaat manfaat matahari untuk petani :

baca juga :

  1. Mengeringkan tanah

Tanah yang basah akan susah untuk diolah oleh petani. Cahaya matahari membantu mengeringkan tanah, sehingga petani dapat dengan mudah menjadikannya lahan tanam. Beberapa jenis tumbuhan tumbuh dengan lebih subur di tanah yang kering. Selain itu, dengan tanah yang kering petani dapat menanam biji bijian dengan mudah. Biji yang tertanam di tanah kering juga akan terhindar dari resiko pembusukan akibat lembab.

  1. Fotosintesis tumbuhan

Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk membantu proses fotosintesis. Fotosintesis berfungsi untuk tumbuhan bernafas, tumbuh, membuat makanan dan menyimpan cadangan makanan. Hasil dari proses fotosintesis ini salah satunya adalah oksigen yang digunakan manusia bernafas. Semakin baik proses fotosintesis pada tumbuhan, maka akan semakin baik pertumbuhannya dan hal tersebut akan menguntungkan petani. Petani tidak perlu memberikan zat – zat kimia berbahaya untuk meningkatkan pertumbuhan tanamannya.

  1. Menjaga temperatur tumbuhan

Sinar matahari juga membantu menyeimbangkan temperatur tumbuhan. Dengan cahaya matahari yang cukup, tumbuhan akan lebih sulit membusuk dalam keadaan lembab. Ini yang akan mempertahankan tumbuhan tetap hidup meskipun terkena air hujan. Jika tumbuhan dapat terus tumbuh dan hidup, petani juga akan senang dan dapat memperoleh hasil panen. Namun jika tumbuhan terlalu lembab dan membusuk mati, hasil panen petani juga akan berkurang.

baca juga :

sponsored links

  1. Memberikan warna pada tumbuhan

Sinam matahari dalam proses fotosintesis dapat meningkatkan klorofil yang memberikan warna hijau pada tumbuhan. Pada petani yang bercocok tanam sayur – sayuran hijau, hal ini akan memberikan warna hijau yang segar dan bagus pada tumbuhannya. Sehingga sayuran tersebut selain mengandung khasiat nutrisi yang baik juga sangat menarik dari penampilannya. Tumbuhan juga akan tumbuh lebih tinggi, lebih lebat, dan cepat berbunga.

baca juga :

Matahari merupakan sumber energi paling baik untuk pertanian. Matahari juga dapat digunakan sebagai tenaga surya pembangkit listrik untuk mesin yang mengalirkan air di pertanian. Begitu banyaknya manfaat matahari untuk petani dalam mendukung perkembangan tumbuhan dan pertanian. Jika tumbuhan tidak mendapat cukup sinar matahari, maka akan mati atau pertumbuhannya lambat atau hasil buah atau daun kurang berkualitas.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, November 2016 / 03:32 Oleh :
Kategori : Alam