4 Manfaat Ampas Tebu – Pupuk dan Pakan Ternak

Tanaman tebu atau Saccharum officanarum L adalah tanaman berbentuk panjang menjulang keatas. Batang tanaman tebu ini menjadi bahan baku pembuatan gula. Tanaman tebu memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Batang tebu ini juga enak dikonsumsi langsung, dengan memeras sarinya menjadi minuman segar. Air tebu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah sakit tenggorokan dan flu, memperkuat gigi, pengobatan penyakit kuning, dan sebagainya. Serat tebu yang sudah diambil sarinya bisa disebut ampas tebu. Ampas tebu ini biasanya tidak dipakai lagi, dibakar atau dibuang. Namun ternyata, ampas tebu juga memiliki manfaat yang berguna. Ampas tebu bisa diolah kembali menjadi bahan pembuat kertas, pembangkit tenaga listrik, pupuk kompos dan pakan ternak. Mari simak manfaat ampas tebu berikut :

  1. Sebagai bahan pembuat kertas

Melalui proses bio-engineering selulosa dalam ampas tahu, kertas dan karton waterproff dapat diproduksi. Pembuata kertas pada umumnya menggunakan lapisan lilin atau plastik sehingga tidak bisa di daur ulang, namun pembuatan kertas dengan ampas tahu ini ramah lingkungan. Kertas dari ampas tahu dapat mengalami pembusukan dan hancur, juga dapat didaur ulang kembali menjadi karton dan kertas waterproff.

baca juga ;

  1. Pembangkit tenaga listrik

Kebutuhan tenaga listrik di pabrik gula bisanya mengambil energi bahan bakar dari ampas tebu. Ampas tebu yang kering memiliki kandungan Carbon 47%, Hydrogen 6,5%, Oksigen 44%, Abu 2,5%. Menurut rumus Pritzelwitz tiap kilogram ampas dengan kandungan gula 2,5% memiliki kalor sebesar 1825 kkal. Nilai bakarnya semakin meningkat jika kandungan air dan gula dalam ampas semakin sedikit. Semakin kering ampas tebu, maka akan semakin efektif dan menghasilkan energi bakar yang besar.

baja juga :

  1. Pupuk kompos

Dari penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor, didapatkan data bahwa kompos dari ampas tebu dapat meningkatkan penyerapan nitrogen secara signifikan setelah tiga bulan dibandingkan tanaman tanpa kompos. Namun tidak ada peningkatan yang berarti terhadap penyerapan fosfor, kalium, dan sulfur. Penggunaan kompos ini tidak meningkatkan laju pertumbuhan, tinggi, diameter dari tanaman, namun diperkirakan dapat meningkatkan rendemen gula dalam tebu.

baca juga :

  1. Pakan ternak

Saat ini masih jarang peternak yang menggunakan ampas tebu sebagai pakan ternak dikarenakan kandungan ligninnya yang tinggi, rendah protein, dan seratnya yang terlalu kasar. Namun melalui proses fermentasi dengan menambahkan beberapa bahan seperti probiotik, ampas tebu ini bisa menjadi lebih berkualitas dan mudah dicerna. Sistem fermentasi ampas tebu sama dengan jerami.

baca juga :

Begitu banyaknya manfaat dari ampas tahu. Jika Anda memiliki usaha produksi yang melibatkan tanaman tebu, maka Anda perlu menyimpan ampas tebunya dan membawanya ke pabrik yang menggunakannya untuk dijadikan bahan yang lebih bermanfaat. Tindakan daur ulang lebih ramah lingkungan daripada harus membakarnya dan merusak atmosfir bumi.

baca juga :