Sponsors Link

10 Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan Kulit

Sponsors Link

Kopi, semua pasti sudah tahu. Kopi identik dengan minuman. Bubuk kopi yang biasa kita seduh menjadi minuman segar, berasal dari olahan bijinya. Akan tetapi, kini kopi tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan minuman saja, melainkan dipakai untuk masker. Konon, masker kopi dapat membuat kulit jadi cantik dan mengangkat sel-sel kulit mati. Salon kecantikan pun telah banyak yang memakai masker kopi. Khasiat kopi untuk perawatan kecantikan dan selulit dikarenakan tingginya kandungan manfaat kafein dalam kopi yang bermanfaat sebagai vasorestrictor (memperkecil pembuluh darah sehingga ampuh membuat kulit lembut).

Berikut pembahasan tentang si bubuk cokelat tua yang berkhasiat sebagai masker kopi :

1. Resiko kanker kulit dapat diminimalkan

Berdasarkan sebuah penelitian, kafein yang ada dalam kopi berguna sebagai penghambat enzim penyebab kanker kulit. Apabila langsung mengaplikasikan bubuk kopi di wajah atau kulit, bermanfaat sebagai benteng pertahanan terhadap sinar ultra violet yang memicu timbulnya kanker kulit.

2. Membuat wajah cerah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bisa dilakukan dengan membuat masker kopi sendiri. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain : 3 sendok makan bubuk kopi dan susu segar sebanyak 1 gelas. Setelah kedua bahan dicampurkan, langsung aplikasikan ke wajah hingga leher sambil dipijat lembut beberapa saat. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 20 menit, baru bersihkan pakai air.

3. Bintik hitam bekas jerawat memudar bahkan hilang

Ketika melihat ke cermin, banyak bintik hitam bertebaran di wajah? Wah, ini dapat mengurangi penampilan dan kecantikan wajah. Tetapi bagaimana menghilangkan dengan cepat si bintik hitam ini? Ambil bubuk kopi secukupnya lalu tambahkan manfaat baby oil. Lumuri wajah dengan masker ini sembari memijat dengan lembut. Jika dilakukan dengan teratur maka akan memperoleh hasil maksimal berupa wajah cantik bebas bintik hitam.

4. Mengangkat sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati dapat diangkat oleh masker yang terbuat dari campuran antara kopi dengan putih telur. Caranya masih sama, yaitu dengan mengoles lalu memberikan pijatan lembut pada kulit/wajah yang di masker. Dapati kulit yang lebih kencang dan cantik setelah rutin melakukan perawatan ini.

5. Membuat kulit lembab

Kelembaban kulit akan terjaga bila rajin bermasker dengan campuan 1 sendok makan cokelat bubuk dengan 3 sendok makan ampas kopi. Penggunaannya masih sama, yaitu dioleskan pada wajah atau kulit sambil pijat lembut dan kemudian didiamkan sekitar setengah jam. Pembersihan dilakukan dengan air hangat dan handuk basah.

6. Kurangi selulit

Guratan-guratan putih yang biasanya banyak terdapat di daerah perut dan paha ini pun bisa diatasi dengan masker kopi. Bubuk kopi dicampur minyak zaitun secukupnya, dapat diaplikasikan pada kulit berselulit yang selanjutnya dibungkus menggunakan plastik selama kurang lebih 5 menit. Dan bilas memakai air. Lakukan dengan teratur supaya hasilnya memuaskan.

7. Membuat kulit halus

Membuat kulit halus dapat dilakukan dengan menggosokkan biji kopi yang sudah ditumbuk, namun masih ada tekstur butiran kecilnya (menumbuk kasar). Rajinlah menggosokkan scrub kopi ke kulit agar lebih halus dan lembut.

8. Penangkal radikal bebas

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Penggunaan masker kopi secara berkala, membuat kulit tampak lebih awet muda.

9. Tubuh langsing

Selain kulit yang lembut dan halus, scrub biji kopi yang digosok ke kulit yang terdapat lemak, juga dapat bermanfaat melangsingkan tubuh. Karena kandungan kafein yang efektif sebagai penghancur lemak tubuh.

sponsored links

10. Aroma yang menenangkan

Menyesap aroma khas biji kopi, dapat memberi efek relaksasi dan ketenangan, sehingga terhindar dari stress.

Variasi Masker Kopi Buatan Sendiri

Ingin ke salon untuk melakukan perawatan dengan masker kopi, tapi malas pergi? Jangan khawatir! Kita pun bisa membuat masker kopi sendiri di rumah. Ayo, mulai!

Bahan-bahan :

  • 4 sendok makan bubuk kopi atau biji kopi halus;
  • 4 sendok makan bubuk cokelat tawar (tanpa tambahan pemanis);
  • 2 sdm madu jika kulit kita kering atau jus lemon untuk kulit berminyak;
  • 8 sdm susu atau yogurt plain/tanpa rasa, santan, susu almond, atau dapat memakai telur, minyak kelapa asli, atau minyak zaitun.

Cara membuat dan pemakaian :

  • Campur bubuk kopi, bubuk cokelat, susu, sehingga menjadi masker;
  • Beri madu dan aduk rata;
  • Bersihkan lebih dahulu wajah dan leher yang hendak dimasker;
  • Aplikasikan masker pada wajah dan leher sampai merata;
  • Tunggu sampai mengering;
  • Untuk membersihkan masker, rendamlah lebih dulu handuk ke dalam air hangat. Tempel dan tekan kain atau handuk yang telah dibasahi sebelumnya sampai masker mengelupas. Bagi pemilik kulit sensitif khususnya, jangan membersihkan masker dengan mengosokkan kain ke wajah kita untuk menghindari iritasi. Pastikan juga biji kopi giling benar-benar halus agar kulit kita tidak luka.

Manfaat Kopi Lainnya

  • Menangkal stress

Minum kopi sebanyak 2 cangkir dalam satu hari dapat menghindarkan seseorang dari depresi. Wangi kopi memicu kerja gen pelindung sel saraf. Namun perlu diingat, jangan konsumsi kopi berlebihan karena akan mengganggu kesehatan kita.

  • Membantu penderita diabetes tipe 2

Konsumsi kopi dengan tepat serta adanya kromium dan magnesium dalam kopi, bisa menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 25%. Yang perlu diperhatikan adalah penambahan gula ke minuman kita jangan terlalu banyak.

  • Turunkan bobot tubuh

Kafein dalam kopi apabila dikonsumsi secara benar, bisa membuat nafsu makan berkurang. Cairan tubuh yang hilang saat minum kafein membuat proses pembakaran yang menghasilkan energi dan panas terjadi. Tapi cairan yang hilang perlu untuk diganti segera. Penggunaan kafein dalam suplemen dan bahan lainnya perlu di bawah pengawasan dan pakai resep dokter supaya kesehatan tetap terjaga.

  • Kanker kulit

Konsumsi kopi setiap hari ternyata bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk penangkal kanker kulit. Seperti yang sudah dibahas, catatannya adalah konsumsi kopi harus tepat porsinya dan tidak berlebihan. Cukup dengan 2 cangkir kopi setiap hari, akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menangkis kanker kulit jika dibandingkan dengan orang yang tidak konsumsi minuman ini sama sekali.

  • Mengobati parkinson dan alzheimer

Penyakit parkinson yang banyak menyerang orang lanjut usia, ditandai dengan otot-otot halus yang melemah dan tampak gemetaran. Sedangkan alzheimer adalah penyakit yang membuat ingatan seseorang mudah lupa/memorinya tidak tajam. Keduanya merupakan penyakit neurodegeneratif. Pada sebuah penelitian, mengatakan bahwa perempuan yang rutin mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tidak berlebihan, dapat menurunkan resiko terserang demensia dan alzheimer sampai dengan 60%. Konsumsi kopi juga dapat menyembuhkan sakit parkinson.

  • Menjaga organ hati

Meminum kopi secara teratur dapat juga membantu jaga hati tetap sehat. Kafein dalam kopi bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit sirosis hati, gagal hati, dan kanker hati.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 14th, November 2015 / 06:47 Oleh :
Kategori : kecantikan