Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Mangan Bagi Tubuh

Sponsors Link

Mangan (manganese) merupakan zat mineral dari makanan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mangan adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil, di mana merupakan suatu senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan biasanya terdapat pada beberapa jaringan penting di dalam tubuh, seperti tulang, ginjal, hati, dan pankreas. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dar dalam tubuh.

Penelitian awal tentang mangan yang dilakukan pada tahun 1930-an oleh beberapa peneliti nutrisi menemukan bahwa tubuh manusia membutuhkan asupan mangan dalam kadar tertentu secara rutin dan teratur setiap harinya. Oleh karena itu, ditetapkan bahwa orang dewasa membutuhkan kadar mangan sekitar 15-20 miligram. Kadar kebutuhannya yang sangat sedikit membuat kita dengan mudah untuk memenuhinya, di mana kandungan mangan dapat diperoleh dari berbagai makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Jenis Makanan yang Mengandung Mangan

Bahkan dari berbagai daftar makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya sebagai pola makan yang sehat terdapat sekitar 85% mengandung kadar mangan dalam kategori sangat baik, baik, dan mencukupi. Sehingga fenomena kekurangan mangan di dalam tubuh jarang sekali dialami oleh siapa saja yang mampu menjaga pola makan sehatnya setiap hari. Berikut berbagai makanan yang bisa dikonsumsi karena memiliki sumber kandungan manfaat mangan yang baik dan mencukupi kebutuhan tubuh setiap harinya, antara lain:

Dari berbagai jenis makanan yang disebutkan, berikut manfaat yang bisa diperoleh apabila mengkonsumsinya sebagai usaha mencukupi kebutuhan kadar mangan di dalam tubuh setiap harinya, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mangan merupakan unsur efektif yang penting bagi kesehatan tulang, yang mana sangat erat kaitannya dalam segi kepadatan. Oleh karena itu, kandungan zat mineral mangan dapat membantu pertumbuhan tulang secara normal, terutama tulang belakang. Apalagi bagi wanita pasca menopause karena mereka biasanya banyak yang menderita kekurangan kadar mangan di dalam tubuh.

2. Menangkal Radikal Bebas

Mangan yang juga memiliki fungsi sebagai manfaat antioksidan di dalam tubuh berarti memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, radikal bebas juga bisa saja memicu adanya kanker dan penyakit berat lainnya. Dengan demikian, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan mangan merupakan cara untuk mencegah hal-hal tersebut karena kemampuannya yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

3. Membantu Metabolisme

Membantu metabolisme tubuh merupakan salah satu fungsi penting yang juga dimiliki oleh mangan untuk menghasilakan energi. Mangan membantu proses metabolisme vitamin B1 dan manfaat vitamin E dalam tubuh. Selain itu, mangan juga dapat membantu fungsi hari supaya berjalan dengan baik, lancar, dan normal-normal saja.

4. Membantu Penyerapan Vitamin

Sebagaimana telah tersirat dari penjelasan pada poin 3, maka mangan juga bisa dikatakan memiliki fungsi untuk membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mangan yang memiliki peran dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Apalagi mangan merupakan salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik.

5. Membantu Aktivasi Enzim

Salah satu fungsi dari mangan yang tak kalah pentingnya ialah dapat membantu aktivasi enzim dalam tubuh. Dengan kata lain, mangan berperan sebagai aktivator enzim sekaligus komponen metaloenzim (enzim yang memiliki kandungan ion metal). Dalam hal ini, mangan berfungsi untuk mengaktivasi enzim-enzim yang bertanggungjawab terhadap penggunaan nutrisi, seperti biotin, thiamin, asam askorbat, dan kolin.

6. Membantu Mengatur Kadar Glukosa Dalam Darah

Memenuhi kebutuhan kadar mangan dalam tubuh juga dapat mengurangi resiko terkena hiperglikemia (kadar glukosa dalam darah tinggi). Hal ini dikarenakan mineral mangan dapat membantu mengatur atau mengontrol kadar glukosa dalam darah di tubuh. Kemampuannya yang bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit diabetes.

7. Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid

Mineral mangan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu fungsi kelenjar tiroid. Yang mana, kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang menghasilkan hormon tiroksin. Hal ini dikarenakan pada mineral mangan terdapat senyawa yang penting bagi pembentukan hormon tiroksin sehingga semakin menjaga fungsi dari kelenjar tiroid.

sponsored links

8. Menjaga Kesehatan Otak, Otot, Dan Sistem Saraf

Mangan juga diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan otak dan mengobati berbagai gangguan pada saraf tertuntu. Hal ini dikarenakan mangan dapat mengikat dengan neurotransmitter dan merangsang transmisi impuls listrik lebih cepat dan efisien pada tubuh. Dengan kata lain, mempercepat fungsi kognitif. Selain itu, mineral mangan juga mampu menjaga koordinasi antara otak, otot, dan sistem saraf dalam tubuh.

9. Membantu Proses Pencernaan Makanan

Mangan juga memiliki manfaat untuk membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh. Dengan kata lain, mangan juga membantu pemanfaatan nutrisi dari makanan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mangan akan meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan berlangsung sehingga memungkinkan pula untuk mengurangi masalah-masalah, seperti sembelit dan rasa kurang nyaman pada usus. Dengan demikian, pencernaan yang sehat dan lancar akan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

10. Mengurangi Gejala Osteoarthritis Dan Osteoporosis

Fungsi mangan yang sangat penting bagi kesehatan tulang sebagaimana telah dijelaskan pada poin 1 mengindikasikan bahwa mangan juga mampu mengurangi gejala osteoarthritis bagi para penderita nyeri sendi. Di samping itu, kepadatan tulang yang terjaga dengan baik juga akan mampu mengurangi resiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Meski demikian, penelitian akan hal ini masih terus dilanjutkan untuk mengetahui peran spesifik dan mekanisme mangan secara keseluruhan bagi tubuh.

11. Mengurangi Gejala PMS

Mangan juga bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS (premenstrual syndrome) pada wanita, terutama saat mengalami menstruasi, seperti perubahan mood, sakit kepala, depresi, dan gangguan emosi. Penelitian yang sudah pernah dilakukan terkait hal ini menunjukkan bahwa rendahnya berbagai mineral dalam tubuh termasuk mineral mangan pada wanita yang menderita gejala PMS sangatlah parah sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen mangan. Namun dampak mangan yang terlihat pada fungsi hormonal tubuh, mengharuskan Anda (wanita) untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter apabila bermaksud untuk mengkonsumsi suplemen mangan tersebut terkait PMS.

12. Mengurangi Resiko Epilepsi

Kekurangan mineral mangan di dalam tubuh juga dapat memicu serangan epilepsi. Sedemikian sehingga mengkonsumsi suplemen mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan terkena kejang epilepsi. Meski mekanisme yang tepat hingga sejauh ini belum dapat diketahui secara pasti, tetapi mangan telah ditunjukkan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Sehingga beberapa peneliti percaya bahwa hal ini adalah kunci untuk kualitas anti epilepsi. Oleh karena itu, kolsultasi dan saran dari dokter sangat diperlukan apabila bermaksud mengkonsumsi suplemen mangan.

13. Membantu Menyembuhkan Peradangan Dan Terkilir (keseleo)

Manfaat mangan bagi tubuh ialah dikenal sebagai obat yang dapat membantu mempercepat penyembuhan keseleo serta peradangan yang dialami. Hal ini dikarenakan mangan yang mampu membantu untuk meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang dimiliki oleh mineral mangan. Superoksida dismutase (SOD) memiliki kualitas anti inflamasi, di mana sangat dibutuhkan oleh penderita arthritis. Bahkan menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa penambahan asupan mangan dalam tubuh akan meningkatkan sintesis dan fungsi superoksida dismutase (SOD) yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi tersebut.

Demikian beberapa kegunaan mangan yang penting untuk dicukupi dalam tubuh setiap harinya sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentu saja mengkonsumsi makanan yang mengandung mangan dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Salam sehat dan semoga bermanfaat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 12th, February 2016 / 07:31 Oleh :
Kategori : Nutrisi