Manfaat Jagung

Manfaat jagung biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep masakan. Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya jagung memang hanya dijadikan campuran dalam sup atau yang sedikit agak tua dapat diolah menjadi popcorn yang nikmat. Tapi memang dibalik rasanya yang enak, jagung sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Baik Pada Manfaat Jagung

Pada masyarakat sekitar Jawa Timur dan Madura, jagung dijadikan makanan pokok bagi penduduknya, karena kandungan karbohidratnya yang mempu menggantikan manfaat nasi. Kandungan karbohidratnya yang tinggi ini menjadikannya sebagai salah satu makanan pokok di negara maju seperti Amerika. Beberapa mineral penting juga sangat kaya pada jagung. Selain itu pengolahan jagung juga sebenarnya sangat baik, karena jagung sangat nikmat apabila dibakar ataupun direbus, tanpa minyak dan bebas kolesterol. Pada bagian pongkol jagung  yang mampu mencegah masalah penyakit yang lebih besar seperti gejala kanker, yang terjadi pada sistem pencernaan seperti gejala kanker usus besar.

Manfaat Jagung Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat jagung selain sebagai sumber karbohidrat namun sangat mengandung nutrisi yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kaya zat besi
Anemia sangat mengganggu aktifitas  keseharian, karena membuat terlihat lesu dan tidak bersemangat. Tapi dengan manfaat jagung yang kaya zat besi dan vitamin B, merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah seperti pada manfaat singkong. Kolaborasi zat besi dan asam folat ini sangat baik bagi wanita yang sedang hamil untuk pertumbuhan janin dan mengurangi resiko kecacatannya.
  • Manfaat jagung dengan kandungan antioksidan
Zat antioksidan ampuh melawan gejala kanker, senyawa  sepererti asam fenolik, ferulic merupakan anti radikal bebas untuk tubuh yang terdapat pada manfaat jagung. Terbukti dapat memerangi tumor yang menyebabkan gejala kanker hati dan gejala kanker payudara.
  • Mengendalikan kadar kolesterol
kolesterol jahat sangat berbahaya karena bejerja melemahkan hati yang menyebabkan penyakit kardiovaskuler seperti gejala penyakit jantung. Kandungan karatenoid dan biaflavinoids mampu menjaga kesehatan jantung yang mengendalikan kolesterol tubuh.
  • Perawatan untuk kulit

antioksidan dapat menjadi anti aging untuk melawan penuaan dini, sehingga menjaga kulit untuk tetap awet muda. Pada olahannya sebagai tepung jagung, hal ini dapat digunakan untuk mengurangi iritasi pada kulit.

Banyak manfaat jagung yang akan kita peroleh dengan mengkonsumsi jagung. Mulailah untuk mempertimbangkan jagung untuk makanan pokok anda.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:57 Oleh :
Kategori : Tumbuhan