Sponsors Link

6 Manfaat Buah Salak Pondoh untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Buah-buahan merupakan salah satu komponen atau bagian dari makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain mengandung berbagai vitamin yang sangat bermanfaat, buah-buahan ini juga mempunyai rasa yang nikmat dan segar. Tak heran banyak sekali orang- orang yang menyukai buah-buahan ini, baik itu dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan olahan terlebih dahulu. Terlebih buah-buahan ini sangat bisa dijadikan berbagai olahan makanan sehingga membuat kita tidak merasa bosan jika ingin menikmati berbagai sajian dengan bahan dasar buah.

Buah-buahan sangat banyak sekali jenisny, dari yang berukuran besar, sedang hingga kecil. Dari yang berkulit tebal, berkulit, sedang, dan berkulit sangat tipis. Apabila kita disuruh menyebutkan nama-nama buah pasti tidak akan bisa menyebutkannya secara lengkap. Bahkan ada pula jenis buah dapat terdiri dari beberapa jenis lagi. Hal ini membuat spesies buah-buahan menjadi semakin banyak. Dan dari sekian banyak buah- buahan yang ada di dunia ini, hampir semua buah mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Mengenal Salak Pondoh

Salah satu jenis buah yang ada di dunia ini adalah salak pondoh. Salak pondoh merupakan satu keluarga dari buah salak, dimana salak ini banyak sekali tumbuh di daerah Sleman, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di lerang gunung merapi.

Salak pondoh (yang juga memiliki nama lain Salacca zalacca Gaertner Voss) ini masuk ke dalam kategori family palma, mempunyai duri dan bertunas, serta tumbuh menjadi satu rumpun yang masak. Selain itu salak pondoh juga termasuk kedalam tanaman tropis. Sedikit berbeda dengan salak pada umumnya yang terkadang mempunyai rasa asam dan juga bentuk yang kecil, Salak pondoh ini cenderung mempunyai cita rasa khas. Cita rasa dari salak pondoh yakni  manis segar dan dengan ukuran yang jumbo atau lebih besar daripada salak pada umumnya.

Kandungan Gizi Salak Pondoh

Seperti buah pada umumnya, saak pondoh juga mempunyai banyak sekali kandungan- kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia. Berikut merupakan data kandungan gizi atau nutrisi pada salak pondoh (sajian per 100 gram) :

  • Kandungan energi sebanyak 368 kkal
  • Kandungan lemak sebanyak 0,4 gram
  • Kandungan potein sebanyak 0,8 gram
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 90,3 gram
  • Kandungan kalsium sebanyak 38 mg
  • Kandungan zat besi sebanyak 3,9 mg
  • Kandungan fosfor sebanyak 31 mg
  • Kandungan vitamin A sebanyak 0 IU
  • Kandungan vitamin C sebanyak 8,4 mg
  • Kandungan vitamin B1 sebanyak 0 mg

Itulah berbagai macam kandungan nutrisi yang dimiliki oleh salak pondoh. Jumlah sajian tersebut diperoleh dari 100 gram buah salak pondoh dengan jumlah bagian buah yang dapat dikonnsumsi adalah sebanyak 59%. Selain kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi kandungan dari salak pondoh yang bisa kita dapatkan.

Jika kita perhatikan dengan sungguh- sungguh, buah salak pondoh ini memiliki kandungan gizi yang banyak. Maka jika kita mengonsumsi buah salak pondoh ini pastilah kita akan memperoleh manfaat atau kebaikan dari buah tersebut. Lalu, apa saja manfaat yag dapat kita peroleh dari pengonsumsian salak pondoh ini?

Manfaat Buah Salak Pondoh

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya hampir semua buah mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dan tidak terkecualami buah salak pondoh. Karena mengandung berbagai nutrisi tersebut maka salak pondoh mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari buah salak pondoh antara lain:

1. menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh salak pondoh adalah untuk menjaga kesehatan mata kita. salak pondoh mengandung beta karoten. Beta karoten ini seperti yang kita ketahui merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik bagi mata kita. oleh karena adanya kandungan beta karoten tersebut maka salak pondoh ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

2. Obat diare yang alami

Salah satu amnfaat yang paling terkenal dari salak pondoh yakni sebagai obat alami untuk mengatasi masalah diare. Seperti yang kita ketahui bahwas diare ini memang mempunyai berbagai macam obat yang alami. Salah satu obat yang alami untuk menyembuhkan diare adalah salah pondoh, disamping daun jambu biji dan juga teh yang kental.

sponsored links

3. Mengurangi resiko terkena kanker

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kanker merupakan penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Siapa saja mempunyai resiko terkena kanker ini. selain itu, kanker ada banyak sekali jenisnya sehingga semakin mempermudah manusia untuk terserang kanker. Untuk dapat memperkecil resiko terkena kanker, kita bisa mengkonsumsi salak pondoh. Salah satu fungsi dari salak pondoh ialah dapt memperkecil kemungkinan manusia terserang penyakit kanker.

Hal ini karena buah salak pondoh memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi. Antioksidan ini berperan sebagai pelindung untuk tubuh dari serangan radikal bebas yang dihasilkan dari lingkungan sekitar yang kurang sehat. Selain itu radikal bebas juga dapat diperoleh ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan kimia serta banyak mengkonsumsi pengawet yang ada pada makanan sehari- hari.

4. Obat diet yang alami

Buah memang pilihan makanan yang tepat bagi seseorang yang sedang melalukan program diet. Salah satu buah yang mensukseskan program diet Anda adalah salak pondoh. Salak pondoh dapat membantu kita untuk kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan salak pondoh memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. selain itu salak pondoh juga mengandung serta yang dapat memperlancar pencernaan Anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh salak pondoh ialah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena salak pondoh memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

6. Menyehatkan kulit

Manfaat lain dari salak pondoh adalah menyehatkan kulit kita. Mengonsumsi buah salk pondoh ini secara rutin maka akan dapat meningkatkan kesehatan kulit kita dari dalam, sehingga kulit kita akan terlihat lebih segar dan juga awet muda.

Itulah beberapa manfaat dari buah salak pondoh yang dapat kita peroleh manfaatnya. Buah salak pondoh ini selain merupakan buah manis dan lezat, ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 08th, April 2016 / 09:45 Oleh :
Kategori : Buah Buahan