15 Manfaat Mangga Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

mangga madu

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah mangga? Buah yang memiliki nama latin magnifera indica ini terkenal dengan rasanya yang manis menyegarkan, meskipun ada juga yang rasanya agak asam. Buah yang diketahui berasal dari India ini memiliki banyak varietas dengan berbagai variasi bentuk dan rasa seperti mangga gedong, mangga gadung, mangga manalagi, mangga arummanis, mangga golek, dan lain sebagainya. Namun secara keseluruhan buah mangga memiliki kandungan yang lebih kurang sama. Diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B, selenium, karbohidrat, protein, gula, lemak, magnesium, kalsium, fosfor, dan berbagai mineral lainnya.

Salah satu jenis buah mangga yang terkenal sangat manis adalah mangga madu. Penamaan mangga madu sendiri sebenarnya tidak baku tergantung orang yang memakannya. Karena buah mangga yang rasanya sangat manis seperti madu biasaya dinamai mangga madu oleh orang yang mengonsumsinya. Beberapa jenis mangga yang kerap dinamai mangga madu seperti mangga chokanan yang berasal dari Thailand, mangga apel, mangga gedong gincu, dan mangga madu afrika.

Selain manis dan menyegarkan buah mangga madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya:

1. Mencegah penyakit kanker

Kanker masih merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian sehingga sangat ditakutkan banyak orang. Sel-sel tubuh yang telah terlanjur berkembang menjadi sel-sel kanker sangat sulit untuk disembuhkan. Kalaupun bisa biasanya akan ada kemungkinan untuk tumbuh kembali. Untuk itu lebih baik mencegah penyakit ini salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C seperti buah mangga madu. (Baca juga: manfaat buah manggis – 15 manfaat keladi tikus untuk kanker dan kesehatan)

2. Baik untuk kesehataan mata

Jika anda menginginkan mata yang sehat dan cerah maka buah mangga madu adalah solusinya. Dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya dapat memberi asupan nutrisi yang baik bagi mata sehingga mata sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mata. (Baca juga: manfaat wortel – manfaat tomat untuk mata)

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada mangga madu sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Selain itu enzim pencernaan pada buah ini juga dapat membantu memecah protein sehingga penyerapan sari makanan oleh tubuh menjadi maksimal. (Baca juga: manfaat yakult – manfaat vegeta)

4. Menjaga kekebalan tubuh

Ada berbagai kuman penyakit di sekitar kita yang siap menyerang ketika kekebalan tubuh mulai menurun. Untuk itu yang perlu kita lakukan adalah menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya vitamin A dan C serta karotenoid seperti yang dikandung oleh buah mangga madu. (Baca juga: manfaat madu – manfaat buah cupuacu)

5. Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah merupakan salah satu tanda peradangan gusi yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi yang dapat merembet pada jantung, paru-paru, dan mata. Salah satunya penyebab gusi berdarah adalah kurang konsumsi vitamin C. Untuk itu dianjurkan untuk rajin mengonsumsi mangga madu sehingga asupan vitamin C terpenuhi dan penyakit gusi berdarah pun dapat teratasi. (Baca juga: manfaat air garam untuk mulut)

6. Mengatasi asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan dan dapat kambuh sewaktu-waktu karena terpicu oleh faktor-faktor seperti udara yang terlalu dingin, stres, dan terpapar debu. Untuk mengatasi penyakit ini kita dapat memanfaatkan ramuan daun mangga sebagai obat herbal. Kandungan betakaroten yang tinggi pada buah mangga dapat membantu meredakan gejala asma. Caranya dengan meminum air rebusan daun mangga yang ditambahkan sedikit madu secara rutin. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk asma)

7. Membersihkan darah kotor

Darah kotor merupakan istilah yang mengacu pada kondisi darah di dalam tubuh yang banyak mengandung toksin atau racun dan karbondioksida. Selain manfaat temulawak dan manfaat kencur kita juga dapat memanfaatkan mangga madu sebagai solusi untuk membersihkan darah kotor. Salah satu cara enak untuk membersihkan darah kotor.

8. Mengatasi darah rendah

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Hipotensi atau tekanan darah rendah dapat terjadi karena kondisi kehamilan, dehidrasi, atau kehilangan banyak darah. Jika biasanya anda mengonsumsi 25 manfaat daun binahong untuk menstabilkan tekanan darah yang terlalu rendah maka ada cara lain yang lebih enak dan sehat yaitu dengan mengonsumsi mangga madu.

9. Menjaga kesegaran mulut

Meskipun terkesan remeh namun bau mulut yang tidak sedap dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Untuk menjaga agar bau mulut senantiasa segar dan terhindar dari bau tidak sedap kita dapat memanfaatkan air rebusan daun mangga madu sebagai obat kumur.

10. Melancarkan menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar merupakan masalah dan kekhawatiran tersendiri bagi para wanita. Untuk mengatasi hal ini biasanya para wanita menggunakan manfaat kiranti dan manfaat rebusan daun sirih. Namun ternyata buah mangga madu juga bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan menstruasi.

11. Mengatasi radang pada tenggorokan

Berbicara/berteriak secara berlebihan atau serangan mikroorganisme pada saluran pernapasan atas dapat menyebabkan radang pada tenggorokan. Ada beberapa obat-obatan herbal yang dapat kita gunakan untuk mengatasinya seperti buah mangga madu dan manfaat buah mengkudu.

12. Mengatasi hernia

Sering mengangkat beban berat dengan cara yang tidak benar dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit hernia atau turun berok. Untuk mengatasi hal ini biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan atau jika sudah parah melalui jalur operasi. Hernia juga dapat diatasi secara alami salah satunya dengan mengonsumsi buah mangga madu.

13. Mengobati berbagai penyakit kulit

Manfaat lain yang juga bisa kita rasakan dari konsumsi buah mangga madu adalah untuk mengobati penyakit-penyakit kulit seperti borok dan bisul yang sangat mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri. Jika selama ini kita menggunakan manfaat daun babadotan maka tidak ada salahnya mencoba tumbuhan ini sebagai alternatif lain. (Baca juga: 10 manfaat daun ciplukan untuk pengobatan)

14. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah mangga madu sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan mengonsumsi buah ini wajah anda akan terlihat awet muda dan terhindar dari kerutan. (Baca juga: manfaat air kelapa – manfaat tomat)

15. Menjadikan kulit halus dan lembut

Berbagai buah-buahan seperti manfaat jeruk sunkist sangat baik dikonsumsi untuk menjadikan kulit halus dan lembut. Begitu pula dengan buah mangga madu yang mengandung vitamin E yang baik untuk menutrisi kulit sehingga kulit menjadi halus dan lembut.

Luar biasa bukan manfaat buah mangga madu untuk kesehatan dan kecantikan? Tunggu apa lagi? Segera masukkan buah ini ke dalam menu harian anda dan rasakan manfaat kesehatan dan kecantikannya.