Sponsors Link

14 Manfaat Buah Barteh (timun suri)

Sponsors Link

Istilah buah barteh mungkin sedikit asing di telinga banyak orang Indonesia, bahkan mungkin Anda sendiri. Namun apabila disebut dengan nama lainnya, yaitu timun suri, maka banyak orang bahkan mungkin termasuk Anda, tidak asing dengan nama tersebut. Ya, buah barteh merupakan sebutan atau nama lain dari timun suri. Buah yang satu ini masih termasuk ke dalam anggota buah labu-labuan (Cucurbitaceae), di mana memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah barteh atau timun suri merupakan salah satu buah yang bukan musiman, sehingga dapat ditanam kapan saja. Namun khusus di Indonesia, buah barteh atau timun suri biasanya memang ditanam musiman secara besar-besaran oleh para petani. Musim tersebut biasanya ialah pada bulan puasa (Ramadhan), di mana buah barteh atau timun suri sering dijadikan salah satu komponen buah untuk melengkapi es-es buah di bulan Ramadhan untuk keperluan buka puasa.

Buah barteh atau timun suri mengandung banyak nutrisi yang memang dibutuhkan olrh tubuh supaya tetap sehat, seperti kalium, glukosa dan fluktosa, vitamin A, senyawa saponin, vitamin C, asam linoleat, dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan tersebut yang menjadikan buah barteh atau timun suri sangat baik dan bermanfaat apabila dikonsumsi. Berikut berbagai manfaat buah barteh atau timun suri yang dapat Anda peroleh apabila mengkonsumsinya, antara lain :

1. Sebagai Sumber Energi

Buah barteh sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dan flukosa yang dimilikinya. Kedua kandungan tersebut merupakan kandungan yang memang mudah larut dengan cepat di dalam tubuh, sehingga akan menjadi sumber energi, bahkan energi tambahan bagi tubuh Anda apabila mengkonsumsinya.

2. Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan

Buah barteh ini menjaga fungsi sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dimilikinya. Yang mana, kandungan serat tersebut dapat mengusir racun dari sistem pencernaan tubuh sehingga menjaga fungsi sistem pencernaan tetap baik dan sehat. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan tukak dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus buah barteh setiap harinya. Selain itu, kandungan serat tentu juga dapat membantu Anda mengatasi dan mencegah sembelit.

3. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat buah barteh yang kedelapan ialah menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan kombinasi kandungan potassium, magnesium, dan serat yang dimilikinya. Yang mana, kombinasi kandungan tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kondisi normal.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah barteh dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Sehingga tidak heran apabila mengkonsumsi buah yang satu ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mata Anda. Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam caffeic yang juga dimiliki buah barteh dapat menurunkan tingkat retensi air, di mana pada gilirannya akan mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

5. Menjaga dan Merawat Kesehatan Ginjal

Buah barteh dapat menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan banyak kandungan air yang dimilikinya. Yang mana, dalam kasus ini buah barteh dapat membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal sehingga melancarkan proses urinasi. Bahkan sudah banyak dijumpai bahwa mentimun memang merupakan diuretik (obat pendorong produksi air seni) alami terbaik.

6, Sebagai Antioksidan

Buah barteh digunakan sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan kombinasi kandungan vitamin A, B, dan C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika, yang dimilikinya. Kombinasi kandungan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan sehingga sangat membantu dalam hal perawatan kesehatan kulit tubuh. Dengan kata lain, buah barteh juga dapat mengencangkan kulit, menangkal radikal bebas, dan mencegah percepatan penuaan kulit. Selain itu, peran antioksidan di sini juga berasal dari kandungan asam linoleat yang dimiliki oleh buah barteh. Selain sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, asam linoleat juga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan lemak.

7. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi

Buah barteh dapat mengobati sakit gigi dan gusi. Hal ini dikarenakan buah barteh dapat meningkatkan air liur dan menetralkan asam dan basa di dalam rongga mulut, apalagi bila buah barteh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Bahkan untuk masalah gigi dan gusi, buah barteh secara khusus terkenal ampuh dalam mengatasi pyorrhea (peradangan gusi).

8. Mencegah Penyakit Kanker

Buah barteh dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa saponin yang dimilikinya. Selain itu, kandungan saponin juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh Anda.

9. Menjaga Kesehatan Sendi

Buah barteh dapat menjaga kesehatan sendi. Hal ini dikarenakan kandungan silika yang dimilikinya. Yang mana, kandungan silika tersebut dapat memperkuat jaringan ikat sehingga membuat sendi Anda menjadi sehat dan kuat.

10. Pembunuh Cacing Pita

Fungsi buah barteh lainnya yakni dapat membunuh cacing pita, di mana cacing pita ini biasanya berada dan hidup di dalam saluran usus. Hal ini dikarenakan biji-biji yang ada pada buah barteh. Selain itu, biji-biji pada buah barteh atau timun suri juga dikenal ampuh dalam mengobati pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan, serta bermanfaat sebagai antiinflamasi.

11. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Buah barteh dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan manfaat vitamin C yang dimilikinya. Yang mana, menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh di sini selain meningkatkan kekebalan tubuh adalah memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak. Karena kandungan vitamin C dalam buah barteh memang cukup tinggi.

12. Menyuburkan Rambut

Buah barteh dapat menyuburkan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan silika yang dimilikinya. Bahkan buah barteh akan semakin ampuh dalam hal menyuburkan rambut apabila dikombinasikan dengan wortel, bayam, dan juga selada. Silika sebenarnya sudah ada di dalam jaringan ikat tubuh yang memang bertugas untuk membantu pertumbuhan rambut. Sedemikian sehingga apabila Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung silika, seperti buah barteh, maka akan semakin menjaga dan menyuburkan rambut Anda, bahkan untuk kesehatan tulang sekalipun.

13. Merawat Kuku

Manfaat buah barteh yang ketiga belas ialah dapat membantu perawatan kuku. Hal ini juga dikarenakan kandungan silika yang dimilikinya. Kandungan silika tersebut dapat mencegah terjadinya perpecahan dan kerusakan pada kuku-kuku, baik kuku di jari tangan maupun jari kaki.

14. Mengatasi Encok dan Rematik

Buah barteh dapat mengatasi masalah encok dan rematik. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D yang berkombinasi dengan magnesium, folat, dan kalsium, yang dimilikinya. Masalah encok dan rematik ini biasanya seringkali dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang seseorang yang masih dalam kategori usia muda sekitar 20 tahunan. Bahkan sudah banyak yang membuktikan bahwa apabila dicampur dengan wortel dan dijadikan sebuah jus, dapat membatu mengatasi masalah nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

Demikian berbagai manfaat dari buah barteh atau timun suri yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda apabila dikonsumsi, apalagi secara teratur. Selamat mencoba!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 24th, March 2016 / 04:32 Oleh :
Kategori : Buah Buahan