4 Manfaat Makan Roti dan Susu untuk Kesehatan

Roti. Siapa sih yang tidak kenal dengan roti? Yup, roti adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kita, terutama bagi mereka yang masih anak-anak dan dalam masa pertumbuhan. Roti sendiri sering dikonsumsi saat sarapan karena menyajikannya cukup mudah, seperti kita bisa memanggangnya atau hanya dipadukan dengan berbagai macam selai ataupun dengan daging dan sayuran. Meskipun termasuk dalam makanan basah, untuk menyimpan roti tetap siap dan aman dikonsumsi pun tidak terlalu susah karena yang perlu kita lakukan hanyalah menyimpannya dalam lemari dengan suhu ruangan atau menyimpannya dalam wax paper terlebih dahulu kemudian kita bisa menyimpannya dalam kulkas.

Susu. Siapa pula yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini? Susu merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kita, terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan – alias masih anak-anak. Susu sendiri beragam jenisnya, mulai dari susu yang berasal dari hewani maupun nabati. Hebatnya lagi, susu tersedia dalam berbagai varian rasa sehingga tidak ada alasan bagi anak untuk menolak manfaat yang ditawarkan oleh susu yang sejatinya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari susu dengan mengonsumsinya secara rutin.

Nah kali ini, kita akan membahas manfaat makan roti dan susu. Kenapa kita membahas dua hal sekaligus tidak seperti pada artikel-artikel sebelumnya? Lalu, kenapa harus roti dan susu? Manfaat apa saja yang kita dapat dari kedua hal ini? Sebelum kita memulainya, perlu kita ingat jika kedua bahan ini sering dipadukan – alias dikonsumsi saat kita sarapan. Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Meminimalisir risiko diabetes

Diabetes. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit yang mematikan satu ini? Yup, roti sangatlah efektif untuk meminimalisir risiko datangnya diabetes menghantui kesehatan kita. Tingginya kandungan insulin pada roti sangatlah efektif untuk mencegah penyakit ini menyerang kita. Zat insulin merupakan hormon pada tubuh manusia yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah dan merubah kadar gula ini menjadi sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya insulin, tingginya kandungan karbohidrat kompleks pada roti sangatlah efektif untuk mengikat kadar gula dalam tubuh sehingga tidak membahayakan penderita diabetes. KIta juga bisa meminimalisir risiko diabetes dengan mengonsumsi berbagai bahan alami lainnya, seperti yang kita ketahui pada manfaat biji alpukat untuk diabetes, manfaat talas bagi penderita diabetes, ataupun pada manfaat bengkoang untuk diabetes.

2. Menjaga kesehatan kulit

Baik susu maupun roti memberikan manfaat pada kita untuk hal yang satu ini. Yup, mengonsumsi roti secara rutin sangatlah efektif dalam mencerahkan warna kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit kita semakin bersih dan tentu saja jauh dari berbagai permasalahan kulit.

Susu juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit kita dan tentu saja membuat penampilan terlihat lebih cantik. Kok bisa? Tingginya kandungan asam laktat pada susu sangatlah efektif untuk memerangi zat radikal bebas yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun pada kita. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi susu secara rutin sangatlah efektif untuk menjaga kelembaban kulit dan menjauhkan kita dari tanda-tanda penuaan dini.


3. Baik untuk ibu hamil

Perpaduan kedua hal ini sangatlah baik untuk ibu hamil dan menjaga janin tetap sehat. Lho kok bisa? Rutin mengonsumsi susu sangatlah efektif untuk meningkatkan kesuburan pada seseorang dan tingginya kandungan protein pada roti sangatlah efektif untuk menjaga kesehatan dan perkembangan otak janin. Seperti yang kita ketahui, kurangnya asupan nutrisi saat hamil sangatlah berbahaya karena dapat menganggu kelahiran bayi atau menghambat pertumbuhan janin dan bisa berakibat bayi lahir dalam keadaan cacat. Kita juga bisa mengonsumsi berbagai bahan alami lainnya untuk menjaga kesehatan janin pada ibu hamil, seperti yang kita ketahui pada manfaat teh bagi ibu hamil, manfaat jagung manis rebus, ataupun pada manfaat tauco bagi ibu hamil.

4. Efektif untuk program diet

Manfaat makan roti dan susu terakhir adalah efektif untuk program diet, alias jitu menurunkan berat badan kita. Kok bisa? Tingginya kandungan protein dan serat pada roti sangatlah efektif dalam memenuhi hasrat makan kita alias membuat kenyang dalam waktu lama dan mempengaruhi nafsu makan kita untuk tidak mengonsumsi apapun dalam jangka waktu tertentu. Berbagai kandungan yang terdapat pada susu juga sangat efektif untuk memberikan efek kenyang pada kita yang berarti sangat efektif untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan kecil, di mana mengonsumsi berbagai makanan ringan ini lah yang menyebabkan berat badan cepat bertambah. Jadi bisa dibayangkan bukan efektifnya mengonsumsi kedua hal ini secara rutin dan dalam waktu bersamaan?

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat makan roti dan susu yang bisa kita dapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Apa kalian masih ragu untuk mengganti pola makan sebelumnya yang cenderung didominasi oleh keberadaan nasi? Mulailah kebiasaan sehat mulai dari sekarang ya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.