Manfaat Daun Sirsak Untuk Tuba Falopi Yang Mengalami Penyumbatan

Daun sirsak telah lama diketahui sebagai salah satu obat herbal alami yang sangat baik untuk kesehatan. Ramuan atau manfaat air rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Seperti yang diketahui kanker merupakan penyakit mematikan yang dapat menyerang berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh. Telah banyak orang yang membuktikan manfaat daun sirsak untuk mengurangi atau mengatasi berbagai jenis kanker. Telah dilakukan pula beberapa penelitian ilmiah yang semakin mengukuhkan manfaat daun sirsak untuk penanganan penyakit kanker.

Tidak hanya kanker masih ada beragam manfaat daun sirsak dalam menjaga kesehatan diantaranya:

Selain beragam manfaat di atas diketahui pula manfaat daun sirsak untuk tuba falopi yang mengalami penyumbatan. Konsumsi ramuan daun sirsak dipercaya dapat membantu mengatasi masalah penyumbatan tuba falopi sehingga saluran pada organ reproduksi wanita ini dapat lancar kembali. Hal ini sangat berguna mengingat penyumbatan tuba falopi dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan sehingga pasangan sulit mendapatkan keturunan. Padahal kehadiran seorang anak merupakan harapan bagi banyak pasangan.

Penyumbatan Tuba Falopi

Tuba falopi atau tabung rahim merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim. Normalnya seorang wanita memiliki sepasang tuba falopi yang masing-masing terhubung ke satu ovarium. Sel telur dari ovarium akan dilepaskan ke tuba falopi untuk selanjutnya menunggu untuk dibuahi. Jika nantinya sel telur bertemu dengan sperma maka terjadi pembuahan dan sel telur yang telah dibuahi tersebut akan masuk ke dalam rahim. Namun jika tuba falopi mengalami penyumbatan tentu akan sangat berpengaruh pada proses pembuahan sehingga dapat menyebabkan seorang wanita sulit mendapat kehamilan.

Penyumbatan tuba falopi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya radang panggul, endometriosis, atau penyakit menular seksual. Secara medis telah tersedia beberapa prosedur pengobatan seperti laparoskopi dimana dilakukan pembersihan tuba falopi dari jaringan-jaringan penyumbat sehingga tidak ada lagi penyumbatan dan kinerja sistem reproduksi wanita dapat kembali normal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Tuba Falopi Tersumbat

Disamping pengobatan secara medis tersedia pula pilihan pengobatan alami diantaranya menggunakan daun sirsak. Meskipun tidak dapat dijadikan pengobatan utama namun konsumsi ramuan daun sirsak dipercaya dapat membantu mengatasi masalah ini. Manfaat daun sirsak untuk tuba falopi didukung oleh berbagai senyawa penting yang terkandung pada daun sirsak diantaranya acetogennins, annohexocin, annomurine, calcourine, linoleic acid, gentisic, acid, murcapentosin, annocatain, anno muricin, dan anonol.

Beberapa senyawa tersebut merupakan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas sangat bebahaya bagi kesehatan karena dapat menyerang sel-sel tubuh sehingga sel-sel tersebut menjadi rusak dan abnormal sehingga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Dibanding menjalankan kemoterapi atau konsumsi obat seperti adriamycin konsumsi ramuan daun sirsak dipercaya lebih berkhasiat, ekonomis, dan tentunya minim efek samping.


Selain itu manfaat daun sirsak untuk tuba falopi tersumbat juga didukung oleh sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dimiliki oleh daun yang rasanya pahit ini. Dengan mengonsumsi ramuan daun sirsak akan membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri-bakteri yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada tuba falopi. Sifat anti inflamasinya juga akan melindungi tubuh dari peradangan sehingga penyumbatan tuba falopi dan dambak buruknya bagi kesehatan dapat dicegah dan diatasi. Selain daun sirsak ada pula bahan-bahan alami lain yang dikenal memiliki sifat anti inflamasi diantaranya manfaat daun suruhan, manfaat asam belanda, manfaat kunyit, manfaat daun bakung, serta manfaat bunga cempaka merah.

Cara Pengobatan Menggunakan Daun Sirsak

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dalam mengatasi penyumbatan tuba falopi dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan konsumsi jus daun sirsak atau air rebusan daun sirsak. Cara yang pertama dilakukan dengan mengambil daun sirsak yang masih segar dan kemudian dicuci bersih. Daun sirsak kemudian diblender bersama air dan manfaat madu untuk menambah citarasa dan manfaatnya. Setelah itu jus daun sirsak dapat langsung diminum.

Selain itu manfaat daun sirsak juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Daun sirsak yang telah dicuci bersih direbus dengan air secukupnya dan kemudian setelah agak dingin air rebusannya bisa langsung diminum. Dengan konsumsi jus atau air rebusan daun sirsak ini secara teratur maka akan membantu mengatasi masalah penyumbatan tuba falopi yang dirasakan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah penyumbatan pada tuba falopi serta berbagai manfaat daun sirsak lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Meskipun demikian sebaiknya anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan agar mendapat diagnosis dan pengobatan yang tepat. Konsumsi ramuan daun sirsak memang bermanfaat namun sifatnya sebagai pendamping atau tambahan saja. Mari manfaatkan bahan-bahan alami berkhasiat di sekitar kita.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.