Sponsors Link

5 Manfaat Biji Labu Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Biji labu terdapat didalam buah labu. Biji labu dapat diolah menjadi kuaci yang mengandung banyak manfaat. Tapi tidak hanya biji labu yang bermanfaat buah labupun memiliki banyak manfaat diantaranya bisa diolah untuk dijadikan aneka macam resep makanan. Buah labu sendiri banyak  diolah menjadi kolak labu, kue bolu rasa labu, puding rasa labu dan donat yang bahannya dari buah labu. Di zaman sekarang sudah banyak buku buku yang membahas aneka macam resep dari buah labu. Sehingga tidak perlu pusing untuk mencari cara pengolahannya yang tepat. Bisa disesuaikan dengan keinginan penikmat.

Selain buahnya biji labu juga memiliki segudang manfaat yang banyak didalamnya. Biji labu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yang banyak tidak diketahui oleh orang. Sehingga saat mengolah buahnya maka disarankan untuk  tidak membuang biji labu. Tapi sisihkan biji labu untuk diolah karena kandungan kesehatan yang terdapat di dalam biji labu sangat baik untuk tubuh.

Pengertian Labu

Buah labu adalah buah dari suku labu – labuan yang banyak ditemui di Indonesia. Nama Latinnya yaitu cucurbita moschata. Buah ini berasal dari benua amerika yaitu negara meksiko. Dan kini telah menyebar ke hampir seluruh dunia khususnya di Indonesia. Buah ini tumbuh subur di Indonesia karena memiliki suhu yang cocok untuk tanaman ini yaitu suhu panas. Buah ini memiliki ciri buah yang  panjang dan ada sebagian yang berbentuk bulat. Buah ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dengan rata – rata 350 gram dalam sehari.

Kandungan Dalam Biji Labu

Biji labu mengandung 26 kalori per 100 gramnya, kalium 340 mg, sodium 1 mg, protein 1 g, magnesium, vitamin A, vitamin D, vitamin B 12, vitamin C dan vitamin B 6. Berikut penjelasannya :

  • Kalori adalah sejumlah energi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi untuk tubuh yang digunakan untuk aktifitas harian.
  • Kalium adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh yang terdapat pada sel tubuh. Kalium memiliki banyak manfaat salah satunya mengatur kadar air yang ada di dalam tubuh.
  • Sodium adalah ion positif yang terdapat di dalam tubuh yang mengandung 60 persen dalam cairan  sel tubuh.
  • Protein adalah zat yang diperlukan oleh tubuh yang terdapat pada tumbuh – tumbuhan dan hewan.
  • Magnesium berfungsi untuk membantu pengolahan pencernaan protein untuk kesehatan otot tubuh.
  • Vitamin A berfungsi untuk kesehatan pada indera penglihatan dan juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin A terdapat pada wortel, hati, minyak ikan dan susu.
  • Vitamin D berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit.
  • Vitamin C berfungsi untuk mengatasi sariawan, mempermudah penyerapan pada zat besi dalam tubuh. Vitamin C terdapat pada jeruk dan lemon.
  • Vitamin B 12 berfungsi untuk pembentukkan sel darah khususnya sel darah merah.
  • Vitamin B 6 berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung karena konsumsi biji – bijian baik untuk kesehatan jantung.

Artikel terkait : Manfaat vitamin B bagi tubuh

Manfaat biji labu dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat biji labu adalah :

1. Biji labu mengobati diabetes

Biji Labu dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula yang berlebih didalam darah. Sehingga insulin tidak dapat digunakan oleh tubuh dengan optimal. Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa  faktor antara lain faktor genetik, yang mana hal ini terjadi jika ada riwayat keluarga yang sebelumnya mengidap penyakit diabetes. Selain faktor genetik diatas pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari hari juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu perhatikan selalu kandungan gizi yang terdapat dalam makanan. Nah, untuk biji labu yang memilik khasiat dalam dapat mengontrol kadar gula darah agar selalu normal. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Artikel yang terkait :

sponsored links

2. Biji labu mencegah penyakit jantung

Biji Labu untuk mencegah penyakit jantung . Sebagaimana diketahui penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi setiap tahunnya. Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Pencegahan penyakit jantung sangat penting dikarenakan fungsinya yang sangat berperan bagi kehidupan manusia.

Beberapa suku biji-bijian dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung salah satunya biji labu. Ini karenakan biji labu mengandung unsur magnesium didalamnya. Magnesium juga banyak terdapat pada manfaat bayam, manfaat susu kedelai, manfaat coklat dan manfaat kentang.

3. Biji labu membantu pembentukkan sel darah merah

Salah satu fungsi organ hati pada manusia adalah menyempurnakan sel darah merah dan membentuk sel darah merah. Peran organ hati ini dapat didukung dengan konsumsi biji labu yang mengandung vitamin B 12.

Berikut manfaat vitamin B 12 :

  • Menyehatkan kulit tubuh
  • Memberikan energi bagi tubuh
  • Menjadikan sistem syaraf sehat
  • Mengurangi berbagai resiko penyakit kanker

4. Biji labu mengandung antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat memperlambat reaksi pada oksidasi dalam tubuh dalam skala yang kecil. manfaat antioksidan sangat banyak bagi tubuh yang salah satunya adalah membantu melawan unsur radikal bebas yang  menyebabkan penuaan dini sebelum waktunya. antioksidan juga terdapat pada manfaat sayur-sayuran, buah- buahan dan biji kuaci.

5. Biji labu merupakan sumber serat

Biji labu juga mengandung serat alami. Manfaat serat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan sangat penting untuk mengolah makanan yang dimakan untuk disaring sebagai nutrisi. dan makanan yang tidak disaring di buang dari tubuh karena tidak dipergunakan lagi.

Cara Mengolah Labu

Biji labu dapat diolah dengan cara berikut sesuai selera penikmat, salah satunya dengan mengolah biji labu menjadi manfaat biji kwaci labu yang sehat untuk dikonsumsi :

Bahan-bahan :

  • Biji Labu dari labu kuning yang sudah matang
  • Garam
  • Air

Cara pengolahan :

  • Belah dua labu kuning yang sudah matang. Kemudian pisahkan biji labu dari labu kuning yang sudah dibelah.
  • Ambil panci dan masukkan biji labu, garam dan beri air secukupnya.
  • Setelah direbus angkat lalu letakkan pada wadah untuk dijemur dibawah matahari.

Setelah biji labu kering maka biji labu sudah bisa untuk dikonsumsi. Jadi tidak ada salahnya menjadikan biji labu sebagai pengganti cemilan yang sehat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 08:20 Oleh :
Kategori : Sayuran