Sponsors Link

5 Manfaat Biji Kelor bagi Kesehatan dan Lingkungan

Sponsors Link

Tanaman kelor merupakan tanaman yang memiliki daun kecil-kecil dengan ketinggian mencapai 5 hingga 7 meter. Daun, buah dan biji kelor biasanya digunakan sebagai obat tradisional dan sudah terkenal di berbaga negara di dunia. mungkin anda juga sudah sering mendengar kata kelor dengan kata “dunia tak seluas daun kelor” ya daun kelor memang kecil dan bulat sehingga dunia itu luas tidak hanya berkisar kecil layaknya daun kelor.

ads

Manfaat yang ada di dalam tanaman kelor ini cukup bermanfaat bagi kesehatan. Anda mungkin masih cukup asing pada manfaat dari tanaman kelor ini namun anda perlu mengetahuinya supaya anda tambah yakin jika berobat herbal menggunakan daun kelor.

artikel terkait manfaat biji:

Manfaat tanaman kelor (daun, bunga dan biji)

Tahukah anda bahwa hampir semua yang ada di dalam tanaman kelor dapat dimanfaatkan dan mengandung gizi tinggi yang sangat baik untuk tubuh. di dalam daun kelor misalnya mengandung berbagai kandungan nutrisi dan data dijadikan sebagai sumber vitamin serta protein.

Setidaknya di dalam satu cangkir daun kelor yang sudah dicincang mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti di bawah ini:

  • Vitamin B6 sebanyak 19% dari kebutuhan vitamin b6 harian tubuh
  • Protein sebanyak 2 gram
  • Mengandung vitamin C sebanyak 12% dari kebutuhan harian vitamin C pada orang normal
  • Zat besi sebanyak 11% dari kebutuhan harian zat besi
  • Vitamin B2 atau riboflavin sebanyak 11% dari kebutuhan harian anda
  • Vitamin A atau beta karoten sebanyak 9% dari angka kecukupan gizi seimbang
  • Magnesium sebanyak 8% dari angka kecukupan gizi seimbang bagi tubuh

Daun kelor ini biasanya diolah menjadi bubuk dan dijadikan sebagai obat herbal baik dalam bentuk makanan atau obat yang sudah dikemas. Bukan hanya daunnya saja namun bunga kelor juga memiliki manfaat yang tak kalah baik. kandungan nutrisi di dalam bunga kelor ini memang lebih sedikit dibandingkan dengan daun kelor namun sangat kaya akan vitamin C nya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman kelor baik di dalam bunga, daun atau bijinya. Simak berikut ini:

  1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan merupakan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh karena fungsinya sebagai penangkal radikal bebas. Seiring dengan perkembangan zaman, radikal bebas memang leih sulit dikendalikan karena adanya berbagai polusi seperti polusi dari pabrik, kendaraan bermotor dan proyek lainnya yang menimbulkan polusi. Kadar radikal bebas di dalam tubuh ini jelas tidak baik karena jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker dan diabetes tipe 2. Antioksidan di dalam kelor terdapat di dalam beta karoten dan vitamin C yang cukup melimpah.

Jenis antioksidan yang ada di dalam tanaman kelor ini antara lain adalah quercetin dimana ini lebih banyak untuk menurunkan kadar gula darah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu jenis antioksidan lainnya yang ada di dalam kelor adalah asam klorogenat yang juga mampu menurunkan kadar gula darah. fungsi lainnya dari ekstrak kelor ini adalah sebagai pengawet alami makanan supaya menjadi lebih awet namun tetap sehat.

artikel terkait: manfaat strawberry bagi kulitmanfaat antioksidansumber antioksidan

  1. Menurunkan gula darah

Kadar gula darah tinggi sangat tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius diantaranya adalah penyakit diabetes. Seiring berjalannya waktu, gula darah ini bisa menjadi penyekit yang lebih serius diantaranya adalah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak kelor secara rutin dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. jadi anda tidak perlu khawatir dengan makanan yang terbuat dari tanaman kelor ya.

artikel terkait: manfaat cabe bagi penderita diabetesmanfaat ahkota dewa untuk diabetesmanfaat buah naga bagi penderita diabetes

  1. Membantu mengurangi peradangan

Radang merupakan akibat dari adanya infeksi atau luka baik yang terjadi di dalam maupun di luar tubuh. radang sendiri sebenarnya adalah mekanisme alami dari tubuh untuk dapat melindungi tubuh dari infeksi luka yang kian menyebar. Namun radang jika terjadi dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan dan bisa mengarah pada penyakit yang lebih serius seperti jantung dan kanker. Daun dan biji kelor sudah terbukti bisa menjadi salah satu bahan anti inflamasi yang aman dan sehat bagi manusia.

artikel terkait: manfaat odurless fish oilmanfaat buah jeruk purutmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang saat ini sedang menjadi trend di masyarakat karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala signifikan namun tiba-tiba datang begitu saja saat sudah kronis dan parah. Kolesterol dalam darah sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh namun jika jumlah yang terlalu berlebihan maka bisa mengakibatkan penyumbatan di dalam aliran darah sehingga menyebabkan penyakit lainnya yang lebih serius seperti jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. anda tentunya tidak mau bukan? Oleh karena itu anda tidak perlu ragu jika akan mengonsumsi makanan yang mengandung ekstrak dari kelor.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterolmanfaat buah naga untuk kolesterolmanfaat alpukat bagi penderita kolesterol

  1. Mengatasi keracunan arsenic

Keracunan arsenic bisa disebabkan karena air yang kurang sehat dan mengandung logam tinggi. arsenic ini jika di dalam air biasanya kandungannya kecil sehingga tidak akan menimbulka gejala yang terlihat namun jika dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan keracunan. Jika hal ini tejadi maka anda bisa menggunakan ekstrak kelor untuk mengobatinya supaya cepat sembuh.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk asmamanfaat oatmeal untuk dietmengeluarkan racun dalam tubuh

Itulah beberapa manfaat dari tanaman kelor baik dari buah, bunga, daun dan biji kelor untuk kesehatan. Ternyata manfaatnya cukup baik dan bermanfaat bagi tubuh bukan?

ads

Manfaat Biji Kelor Untuk Menjernihkan Air

Selain bermanfaat untuk kesehatan, biji kelor juga bermanfaat bagi lingkungan hidup yang pada akhirnya juga akan bermanfaat bagi tubuh. berikut ini adalah beberapa manfaat dari biji kelor yang berguna untuk menjernihkan air.

  • Mengendapkan logam dalam air

Logam yang ada di dalam air dan ikut terminum sangatlah berbahaya bagi tubuh. bukan hanya logam saja yang dapat diendapkan oleh biji kelor namun juga berbagai jenis kotoran lainnya yang membuat air menjadi kumuh. Serbuk yang terbuat dari biji kelor ternyata sudah terbukti mampu menjernihkan air di dalam sungai Mahakam dan sungai nil di mesir. Hal ini sangatlah penting dan bermanfaat karena bisa membuat baku mutu air meningkat sehingga air menjadi bersih, jernih serta layak minum. Jika sumber air di lingkungan anda mengandung logam atau kotoran anda juga bisa menjernihkannya dengan serbuk yang terbuat dari biji kelor ini.

artikel terkait: manfaat air rebusan jagungmanfaat air kelapa bagi kesuburan

  • Arang

Jika dibiarkan saja serbuk kelor ini di dalam air maka bisa menyebabkan aroma kelor yang masih sangat terasa dan aromanya mungkin tidak banyak disukai oleh orang. oleh karena itu ketika menaburkan serbuk kelor ini biasanya juga disertai dengan arang di dalamnya supaya arang ini bisa menarik aroma kelor yang masih sangat terasa.

artikel terkait: manfaat air kelapa untuk biduranmanfaat minum air lemon sebelum tidur

  • Cara membuat serbuk biji kelor

Manfaat dari serbuk kelor ini ternyata cukup banyak dan anda bisa memanfaatkannya dengan baik. lalu bagaimana cara untuk membuat serbuk biji kelor? Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk biji kelor yang sudah tua sampai halus. Setelah itu serbuk tadi ditaburkan di dalam air yang ingin dijernihkan dan anda bisa melihat hasilnya kurang lebih hingga 45 menit lamanya. Namun membutuhkan biji kelor yang banyak jika ingin menggunakannya dalam air yang banyak pula.

artikel terkait: manfaat air garam untuk kakimanfaat air buah mengkudu

Demikian ulasan mengenai manfaat dari biji kelor serta bagian lainnya dari tanaman kelor. Tanaman kelor ini sudah banyak ditemukan di Indonesia namun pemanfaatannya belum optimal. Anda harus menccoba untuk mengoptimalkan manfaat dari biji kelor ini supaya bisa berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Sekian dan semoga bermanfaat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 05:01 Oleh :
Kategori : Tumbuhan