Manfaat Biji Duku Bagi Kesehatan Tubuh

Pohon duku merupakan tanaman yang tumbuh di daerah asia tenggara bagian barat dan termasuk dalam suku Meliaciae. Pohon duku memiliki tinggi seperti pohon langsat atau pohon sejenisnya. Yang paling terkenal dari pohon duku ini adalah buahnya. Buah duku memiliki kulit yang kuning pucat seperti kelereng dengan rasa manis yang khas. Buah duku di Indonesia yang paling terkenal adalah duku dari Palembang karena memiliki ukuran yang lebih besar dan rasa yang lebih manis.

artikel terkait:

Di dalam buah duku terdapat biji yang ukurannya kecil yang jika termakan dan tergigit rasanya pahit. Oleh karena itu banyak orang yang mengabaikan biji duku dan langsung menelannya saja. namun tahukah anda bahwa ternyata biji duku ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan? Biji duku sudah lama dijadikan sebagai obat cacing dan dan obat demam dengan cara dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu.

Kandungan duku

Dalam setiap 100 gram buah duku setidaknya mengandung protein 1 gram, fosfor 9 mg, karbohidrat 16,1 gram, energi sebanyak 63 kkal, lemak 0,2 gram, kalsium 18 gram. Selain itu di dalam buah duku juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti Vitamin A, vitamin B1, vitamin C.

Pemanfaatan biji duku sebagai obat herbal sampai saat ini memang belum maksimal dan belum diketahui oleh banyak orang karena memang agak susah untuk mengumpulkan bijinya yang kecil ini. biji duku lebih sering langsung ditelan jika ukurannya kecil atau dibuang begitu saja. namun bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat dari biji duku anda bisa mengumpulkannya ketika anda memakan duku.

artikel terkait:

Manfaat biji buku pada kesehatan

Duku yang memiliki nama latin Lansium domesticum corr memiliki biji yang kecil dan pada masyarakat di Kalimantan sudah dijadikan obat untuk penurun demam yang ampuh dan efektif secara turun-temurun. Penelitian secara ilmiah pun sudah dilakukan pada biji duku yang bertujuan untuk mengetahui keefektifannya sebagai obat demam dan obat penurun panas.

Di dalam biji buah duku mengandung zat antipiretik dimana zat ini adalah zat yang mampu menghambat berkembangnya enzim sikloosigenase dimana enzim ini adalah enzim yang menjembatani suhu tubuh naik. Dengan dihambatnya enzim tersebut maka secara langsung demam akan segera turun dengan ampuh dan efektif. Hal ini suda dilakukan penelitian ilmiah yang menggunakan sampel tikus dan hasilnya sangat signifikan ternyata biji duku mampu menurunkan demam dengan ampuh.

artikel terkait: manfaat gula merahmanfaat rebusan daun alpukatmanfaat sirih hijau


Cara mengolah biji duku

Anda bisa mengolah obat herbal dari biji buah duku sendiri mengingat sampai hari ini masih sangat jarang penjual yang memproduksi ekstrak biji duku. Cara membuat yang paling mudah adalah dengan membuat ekstraknya karena dengan ini anda bisa menyimpannya lebih lama dan bisa digunakan pada lain waktu jika anda membutuhkannya.

Caranya adalah dengan mengunpulkan biji buah duku dan kemudian dikupas kulit arinya dan cuci bersih. Setelah itu jemur diterik panas matahari sampai benar-benar kering ya. setelah biji buah duku kering selanjutnya di tumbuk hingga menjadi halus. Cara pembuatannya ini tidak jauh berbeda dengan membuat bubuk kopi. Jadi, sangat mudah bukan? Jika anda sudah berhasil membuatnya kemudian anda bisa menyeduhnya dengan air panas jika anda dana keluarga sedang mengalami demam atau cacingan.

artikel terkait: manfaat bunga kertasmanfaat obat neuralgin

Nah, itulah demikian ulasan mengenai manfaat biji duku untuk kesehatan. Semoga bisa membantu anda dalam menyembuhkan gangguan kesehatan yang anda alami saat ini. terima kasih dan semoga bermanfaat

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, August 2016 / 07:35 Oleh :
Kategori : Buah Buahan