7 Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Manusia Dari Makanan Sampai Bangunan

Tumbuhan paku merupakan organisme fotoautotrof yang artinya tanaman ini bisa membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis. Tumbuhan paku bisa di tempat yang lembab, berair, tanah, permukaan batu dan juga menempel pada kulit pohon. Tumbuhan paku ini ternyata memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia meski sebagian jenis tanaman paku lainnya juga bisa bersifat merugikan. Tumbuhan paku ini sudah ada sejak zaman karbon yakni zaman awal pembentukan planet bumi yang diperkirakan sudah hidup sejak 400 juta tahun lalu. Meski awalnya tumbuhan paku ini berukuran besar, namun sesudah berevolusi dan mengalami seleksi alam, maka ukuran tanaman ini berubah seperti yang ada sekarang. Untuk mengetahui apa saja manfaat tumbuhan paku bagi manusia, berikut akan kami berikan ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Sebagai Tanaman Hias

Manusia selalu menyukai keindahan khususnya yang berhubungan dengan alam. Tumbuhan paku ini mempunyai nilai estetis dari mulai susunan akar, batang dan juga daun sehingga membuat tanaman ini sangat cantik untuk dijadikan tanaman hias. Beberapa jenis tumbuhan paku yang bagus dijadikan tanaman hias diantaranya adalah Alsophila glauca, Asplenium nidus, Adiantum cuneatum dan juga Sellaginella wildenowi yang sudah banyak dibudidayakan untuk tanaman hias taman dan juga rumah sehingga masuk dalam daftar 29 manfaat tanaman hias secara umum.

  1. Untuk Sayuran

Kegunaan lain dari tumbuhan paku adalah bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Tumbuhan paku memiliki banyak kandungan gizi seperti contohnya jenis Marsilea crenata yang bisa digunakan sebagai tumis karena manfaat serat tinggi dalam tanaman ini.

  1. Pupuk Hijau

Tumbuhan paku bisa mengikat N yang ada di udara seperti dalam jenis tanaman paku Salvinia natans dan juga Azolla pinnata sehingga banyak digunakan untuk pertanian. Kedua jenis tanaman paku ini mengandung nitrogen tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk hijau bagi para petani sama seperti manfaat pupuk HCL.

  1. Pengobatan Herbal

Manfaat tumbuhan paku juga sering digunakan dalam dunia medis seperti jenis paku kawat atau Lycopodium clavatum yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan pil, Alsophila glauca atau pakis haji yang dipakai untuk mengatasi sakit perut dan solusi diare serta Dryyopteris filix mas untuk obat cacing dan masih banyak lagi manfaat tanaman paku lain untuk kesehatan.

  1. Bahan Bangunan dan Rumah Tangga

Manfaat tanaman pakis haji atau Alsophila glauca merupakan contoh jenis tanaman paku yang tidak hanya bisa dijadikan makanan untuk bagian pucuk, namun bagian daunnya bisa dipakai untuk bahan atap rumah tradisional. Serat dari jenis paku ini bahkan bisa dijadikan pengganti kapas untuk mengisi kasur dan juga bantal. Sedangkan di Jerman, tanaman paku memiliki harga yang sangat tinggi.

  1. Alat Pembersih

Tanaman paku ekor kuda atau Equisetum debile juga bisa digunakan untuk manusia yakni sebagai alat gosok atau sikat pembersih sebab serat dari jenis paku ini sangatlah halus namun tidak mudah patah.

  1. Sumber Energi Fosil

Segala jenis tanaman paku yang sudah hidup dari masa lalu sudah terdekomposisi yang kemudian berubah menjadi fosil. Sumber energi yang tersimpan dalam tumbuhan fosil ini akan terakumulasi dan membentuk lapisan karbon pada tanah. Lapisan tersebut yang kemudian dimanfaatkan manusia sebagai bahan bakar energi batu bara.


  1. Tiang Bangunan

Memang pada umumnya, tiang bangunan terbuat dari kayu mahoni, manfaat pohon damar, pohon jati dan juga kayu ulin, akan tetapi ternyata tumbuhan paku ini juga bisa dijadikan sebagai bahan bangunan khususnya tiang bangunan dengan harga yang tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu jati, kayu mahoni dan beberapa kayu bernilai tinggi lainnya. Tanaman paku jenis Alsophila glauca atau pakis haji ini memiliki struktur kuat sehingga sangat penting dalam pembuatan tiang kokoh yang kuat dengan ketinggian antara 5 hingga 15 meter dan batangnya pun berbentuk bulat sempurna serta tidak memiliki cabang seperti tanaman lain.

Ternyata, manfaat tumbuhan paku yang sebagian memiliki dampak buruk bagi manusia juga memiliki manfaat tersendiri dari mulai bahan makanan, dunia medis, tanaman hias hingga bahan bangunan yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi anda seputar tumbuh tumbuhan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.