Manfaat Air Kelapa Untuk Biduran

Biduran yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan urtikaria merupakan suatu kelainan yang terjadi pada kulit kita yang disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah karena alergi terhadap suatu alergen tertentu seperti makanan atau karena suhu udara di sekitar kita. Urtikaria ditandai dengan kemunculan warna kemerahan (ruam) pada kulit yang disertai dengan penonjolan pada kulit. Jadi, gejala yang timbul akibat gangguan ini memiliki kemiripan dengan berbagai masalah kulit lainnya seperti eksim serta akibat gigitan serangga.

Ada beberapa solusi yang dapat mengatasi gangguan urtikaria atau biduran ini, yaitu :

  • Dengan menghindari sumber-sumber alergen yang nantinya akan memicu timbulnya alergi pada tubuh kita
  • Dengan mengkonsumsi beberapa jenis antibiotik atau obat-obatan yang di dalamnya terkandung anti-histamin seperti CTM, Fexofenadine, loratadine, iterhistin, serta cetirizine. Yang perlu selalu diingat berkaitan dengan hal ini adalah bahwa sebaiknya dalam mengkonsumsi obat-obatan harus sesuai dengan resep dari dokter ya teman, agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti over dosis dan lain sebagainya.
  • Bagi Anda yang enggan untuk ke dokter dan mengkonsumsi antibiotik dan obat-obatan, maka Anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasi masalah urtikaria ini, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan tradisional. Salah satunya adalah air kelapa yang menjadi topik bahasan kita kali ini ya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, benarkah air kelapa bisa menjadi pilihan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti halnya biduran? Ada pro dan kontra terkait dengan pendapat tersebut. Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa khasiat air kelapa untuk pengobatan gangguan kaligata atau biduran hanyalah mitos belaka, karena belum ada hasil penelitian medis yang dapat membuktikan kebenaran pendapat tersebut. Akan tetapi  sebagian kalangan masyarakat telah terlanjur percaya dan meyakini bahwa untuk mengobati masalah biduran, meminum air kelapa yang dicampur dengan sedikit madu selama beberapa hari akan dapat menghilangkan masalah tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa air kelapa dikatakan ampuh untuk mengatasi masalah biduran atau urtikaria, di antaranya :

  1. Air kelapa sarat akan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh

Asupan nutrisi yang baik akan bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga bisa selalu bekerja dengan baik, sehingga kondisi tersebut akan melindungi tubuh dari serangan penyakit, misalnya saja gangguan pada kulit seperti urtikaria (biduran). Air kelapa memiliki kandungan makronutrient seperti karbohidrat, protein, serta lemak. Selian itu, air kelapa juga memiliki kandungan mikronutrien yaitu vitamin (seperti vitamin B3, B5, B6, serta vitamin C) serta mineral penting lainnya (seperti fosfor, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan natrium).

berikut ini nutrisi tubuh yang bermanfaat :

  1. Air kelapa mampu menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh

Salah satu tujuan proses detoksifikasi (pengeluaran racun-racun) pada tubuh adalah agar kondisi kesehatan tubuh bisa selalu terjaga. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan ion yang dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh manusia, sehingga berbagai macam bentuk racun-racun yang berada di dalam tubuh kita yang disinyalir sebagai penyebab infeksi penyakit bisa keluar dari tubuh kita dengan cepat.

Solusi untuk detoksifikasi lainnya :

Mungkin itulah yang menjadikan alasan mengapa air kelapa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan urtikaria. Bagi Anda yang saat ini mengalami gangguan ini, bisa mencoba pengobatan tradisional yang cukup mudah dan praktis ini, yakni cukup dengan mengkonsumsi air kelapa yang dicampur dengan sedikit madu selama 3 hari berturut-turut. Akan tetapi ada baiknya juga jika Anda segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui seberapa parah gangguan tersebut dan langkah yang paling tepat untuk mengatasinya.

Pengobatan Biduran Lainnya

Selain mengkonsumsi obat maupun ramuan tradisional, ada baiknya jika penderita biduran memperhatikan hal-hal berikut sebagai langkah meringankan gejala penyakit yang ia derita, seperti :

  • Hindarilah menggaruk bagian kulit tubuh yang terasa gatal
  • Sebaiknya penderita biduran mandi dengan menggunakan air hangat, karena hal ini akan membantu meringankan rasa gatal yang timbul
  • Pilihlah pakaian yang longgar serta tidak akan menimbulkan rasa gerah, karena keringat yang timbul akibat gerah akan memperparah rasa gatal sebagai salah satu gejala biduran.
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu timbulnya alergi, seperti seafood atau jenis makanan lainnya.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Demikian pembahasan kita tentang manfaat air kelapa untuk biduran atau urtikaria. Semoga bermanfaat.